Indonesia di Telapak Tangan

membangkit ekowisata berbasis masyarakat
Sungai di Kecamatan Jereweh

Halo sahabat JEI apa kabar semuanya? Semoga selalu sehat ya agar bisa terus jalan-jalan untuk menikmati berbagai keindahan dan keunikan alam Indonesia. Bertamasya termasuk salah satu makanan jiwa lho, menimbulkan perasaan bahagia, itu lah mengapa berhubungan erat dengan tingkat produktivitas kita. Di sisi lain jalan-jalan juga berguna dalam memacu laju pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah suatu destinasi. Apalagi di era globalisasi ini pariwisata telah menjelma jadi salah satu industri terkuat di dunia dan jadi pemasok penting bagi pendapatan perekonomian masyarakat.

Pantai Lawar
Pantai Lawar

Indonesia mempunyai 7.870 pulau bernama dan 9634 Pulau tak bernama. Ada yang berpenghuni, banyak pula yang tidak. Baik pulau yang berpenghuni maupun yang tidak merupakan sumber kekayaan yang bisa digunakan untuk mensejahterakan masyarakat. Tak hanya kecantikan alam tapi juga aktivitas masyarakat di atasnya. Tak heran kan bila Menteri Pariwisata Arief Yahya pada tahun 2016 ini menargetkan 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan Nusantara agar beramai-ramai belanja pariwisata Indonesia? Karena pertumbuhan dari sektor pariwisata ini akan menyokong sektor industri lain seperti jasa dan Perdagangan. Untuk keperluan itu kementerian pariwisata merancang strategi dan promosi besar-besaran lewat branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Misalnya dalam mempromosikan berbagai destinasi di Indonesia, artis-artis top yang mempunyai ribuan bahkan jutaan follower di sosial media pun turut pula dilibatkan.

meprani 11

Sementara untuk wisatawan agar Indonesia terasa kian dekat tersedia Apps Pesona Indonesia lho. Diluncurkan sebagai salah satu media yang akan memperkaya informasi bagi para pengguna ponsel pintar.

Saya pun termasuk pengguna aplikasi bagi Wisatawan Indonesia ini. Menanamkannya dalam ponsel Android, ibarat meletakan Indonesia di telapak tangan. Coba saja, hanya sekali ketuk saya dapat mengakses informasi berbagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Tak hanya itu Aplikasi Pesona Indonesia juga dilengkapi beberapa feature agar menjelajah berbagai keunikan Indonesia terasa lebih mudah.

Apa saja features yang tertanam dalam Apps Pesona Indonesia? Mari kita lihat.

melihat bali dari dalam
Salah satu adegan dalam Tari Barong

1. Event

Kamu ingin tahu atau suka menghadiri berbagai even wisata dan budaya yang akan berlangsung di seluruh Indonesia? Tentu saja kamu butuh info even terbaru di Indonesia. Agar tetap update dan takketinggalan berbagai acara festival penting coba deh ikutan memasang Apps Pesona Indonesia ini. Even dikelompokan menurut bulan.

Pesona Indonesia IMG-20160602-WA0072 IMG-20160602-WA0071Contoh halaman Aplikasi Pesona Indonesia

 

2. Around Me

Untuk saya yang jarang membuat itinerary saat jalan-jalan feature around me ini sangat membantu. Kalian tidak perlu merasa tersesat saat berada di suatu tempat. Misalnya jika kamu sedang berada di Cirebon masuk saja ke dalam feature ini. Dari sana akan terlihat apa saja yang bisa dieksplorasi di sekitarmu.

3. Activity

Sesuai judulnya informasi berbagai aktivitas pariwisata terangkum dalam feature ini. Apakah kalian ingin mencari informasi kelompok Spa, Ekspedisi, Kuliner, Eksebisi, Trekking dan lain-lain, masuk saja ke sini.

4. Travel Destination

Bulan depan ada tanggal merah. Cuti tahunan bisa diambil di tengah tahun. Atau kamu ingin berbulan madu ke tempat-tempat eksotis Indonesia? Buka deh aplikasi Pesona Indonesia.

5. Currency

Aplikasi bagi wisatawan Indonesia bertujuan membantu agar jalan-jalan kita lebih smooth. Tak hanya di dalam negeri tapi juga keluar negeri. Maka bila ingin mengunjungi negara tetangga dan mau menghitung budget lebih seksama gunakan Currency yang teraedia di sini. Satu Dollar Hongkong itu berapa rupiah sih? Masukan angkanya dan pilih negara pemilik mata uang. Mudah sekali cara menggunakannya.

6. Emergency

Nah ini yang paling penting dari aplikasi Pesona Indonesia. Mereka menyediakan sejumlah kontak yang bisa dihibungi saat kita berada di luar negeri. Namanya sedang jauh di rumah ya, kita tak tahu apa saja yang akan terjadi. Alhamdulillah jika lancar tapi bila sesuatu yang tak diinginkan terjadi kita tentu membutihkan nomor-nomor darurat seperti kedutaan atau rumah sakit.

seafood pantai benete
Makan seafood di Pantai Benete yang aduhai

Begitu lah sedikit pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Ini link nya jika Sahabat JEI ingin mengunduh :

Link Download
1. IoS:
https://itunes.apple.com/us/app/pesona-indonesia-2015/id1076158745?mt=8
2. Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemenpar.pesonaindonesia

82 thoughts on “Indonesia di Telapak Tangan

  1. Mau download ah. Fasilitas around me itu yg penting. Kadang kalau mati gaya lalu ga ada yg bisa ditanya ini bisa jadi fitur pamungkas. Thanks for sharing Bu

    1. Jalan-jalan agar tak mati gaya harus punya guide ya, Kak Arief. Nah kalau punya aplikasi ini serasa punya Indonesia dalam genggaman 🙂

    1. Memang dengan aplikasi ini Perencanaan perjalanan kita jauh lebih mudah. Kan memang begitu Tujuan teknologi, mempermudah hidup kita 🙂

  2. Weih,,, terima kasih mbak. Informasinya sangat berguna sekali,,,,
    Ternyata pulau di Indonesia itu yang tak bernama lebih banyak daripada yang bernama ya mbak ya? Sebenarnya Indonesia itu banyak pulaunya, bahkan terbanyak di dunia. Tapi yang menjadi pertanyaannya kok masih ada ya pulau reklamasi? Ini seolah – olah nggak mensyukuri nimkat Tuhan ya mbak ya? sudah di kasih banyak, ew tetep aja kurang,,, hehehe (duh aku ngomong opo iki), pizzzzz

  3. Bundaaaa evii, long time ga mampir kesini.
    Templatenya udah makin ciamiiik ajaaa. *ajarin akuuu ganti template buuun*.

    By the way, aku baru tau nih kalo ada appsnya Pesona Indonesiaaa.
    Download segera

    1. Mudah-mudahan terus di-update ya Kak. Jadi informasinya akan tambah valid dan akan ditambah banyak fitur lagi yang memudahkan wisatawan untuk mengeksplorasi Indonesia 🙂

  4. Terasa banget ya Mbak, sekarang zaman serba digital. Jika ga manfaatin ini bisa ketinggalan juga. Pariwisata pun udah keren nih punya applikasi seperti ini. Ntar mudik mau dijajal ah Mbak. Wkwkwk.

    1. Era serba digital ini kita memang kaya sekali akan informasi back Levina. Mau cari informasi apa saja tersedia. Apalagi informasi wisata semua orang senang berbagi 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?