Memanfaatkan Wiki How Menambah Keahlian

Di era internet persoalan umat manusia sudah bergeser, dari kelangkaan informasi menjadi tahu tentang segala hal . Coba saja, dalam komputer, tablet dan bahkan ponsel yang bisa dibawa kemana-mana tersimpan perpustakaan maha besar yang bisa menyediakan trilyunan informasi. Dari hewan bersel satu sampai gajah, dari dasar laut sampai luar angkasa. Dan syaratnya sederhana : keahlian memilah mana yang berguna dan mana yang tidak. Tanpa ini perpustakaan tersebut tak bermanfaat karena kita akan tengelam tanpa tahu untuk apa lautan informasi itu hadir.

Dari sekian juta website, akhir-akhir ini saya suka sekali mengunjungi Wiki How. Sepupunya Wikipedia tapi  yang ini khusus membahas cara membuat segala sesuatu. Bahkan merasa perlu menginstal aplikasi versi Androidnya di ponsel. Maksudnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung dibuka tanpa harus menyalakan kompi terlebih dahulu.

Wiki How telah banyak membantu saya di dunia blogging seperti memahami cara kerja SEO dan belajar cara menerapkan. Walau harus diakui itu tak mudah namun lumayanlah, setidaknya tak melakukan kesalahan yang bisa membuat pengunjung blog saya menderita. Wiki How juga pernah membantu saya saat mati ide dalam mengerjakan sesuatu seperti cara menulis surat bisnis yang baik. Begitupun mereka banyak memberi ide bagaimana cara keluar dari rutinitas serta memancing kreativitas agar pekerjaan tak membosankan.

Memanfaatkan Wiki How sama seperti memanfaatkan mesin pencari Google, ini adalah soal bagaimana memilih kata kunci yang tepat. Misalnya membuat kue brownies, kita cukup menuliskan katanya maka akan diberi berbagai pilihan tentang tata cara membuat kue tersebut. Kalau mau bikin brownis rasa kayu manis tinggal tambahkan kata kayu manis dan mereka menyarankan artikel lebih sesuai.

Dan Wiki How juga adalah cermin peradaban kita sekarang bahwa dunia semakin transparan dan perbedaan budaya semakin tipis. Dari sharing resep masakan saja kita mengenal budaya orang lain, mencobanya sendiri, membuat penyesuaian disana-sini, akhirnya kita adobsi jadi ciri kita sendiri.

Apakah teman pernah memanfatkann Wiki How?

@eviindrawanto
Yang bekerja lebih baik akan jadi yang terbaik

37 thoughts on “Memanfaatkan Wiki How Menambah Keahlian

  1. saya juga sering buka wiki how walau menurut saya informasinya masih terlalu general belum mendetail, kalau cari yg lebih detail biasanya sy ke howtogeek terutama yang berhubungan dengan teknologi atau pc

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Saya baru mengetahui tentang Wiki How dari blog mbak Evi. Rupanya ada juga saudara Wikipedia di dunia maya ya. Banyak sekali bantuan yang boleh digunakan untuk mendapat informasi kala kita memerlukannya seperti apa yang ditulis mbak di atas. Nanti saya coba meninjau dan membaca tentangnya di Wiki How. Informasi yang menarik, mbak.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  3. Belum pernah nyoba..namun saya memang ribet dengan urusan SEO pernah belajar namun gagal lagi hehehe..jadi yo wisss…gini..gini saja mbak hahahha

  4. Wiki How memang informasinya oke, namun ada juga sih yang masih beberapa kurang. Intinya segala refrensi bisa langsung kita dapatkan asalkan kita mau mencarinya ya Mba. he,, he,,he,,,

    Salam

  5. wah..aku bingung melihat commentku muncul di tempatnya Mbak Evi…. itu kok ada recently posted yang kagak nyambung ya.. Awesome Summer Distractions from WordPress.com kan bukan tulisanku..wah..ada yang salah nih..

  6. Habis membaca artikel panjenengan ini saya langsung membuka Wiki How, hehehe… berarti saya ketinggalan banget ya, baru tau sekarang ini. Sungguh, makasih banyak nggih, Bu Evi 🙂

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Hadir menyapa untuk memaklumkan ada hadiah award (3) LIEBSTER AWARD buat mbak Evi di laman saya.

    Semoga sudi menerimanya sebagai tanda penghargaan dan persahabatan di dunia maya.

    Salam semanis gula aren dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?