Pemerahan Susu Muria Kudus – Sensasi Minum Susu Segar dekat Kandang Sapi

Pemerahan Susu Muria Kudus | Tempat jajan  yang memenuhi beberapa kriteria seperti tampil beda biasanya akan diserbu pelanggan. Sajiannya boleh apa saja. Mulai dari makanan vegetarian, makanan  tradisional, modern, atau gabungan antara ketiganya. Paling baik bila berada di lokasi  strategis. Tapi terkadang tidak pun tak mengapa. Yang penting yang datang  merasa mendapat nilai tambah dari uang yang dikeluarkan. Seperti minum susu segar dekat kandang sapi menurut saya  bisa dikategorikan sebagai tempat jajan unik. Setidaknya  terlihat   di Pemerahan Susu Sapi Muria di Jalan Pemuda –  Kudus ini. Mereka menyatukan tempat pemeliharaan sapi dan tempat menikmati susunya  di satu lokasi. Selama kurang lebih satu jam saya duduk di sana pelanggannya datang silih berganti.

pemerahan susu sapi muria
I Love Moeria
Rumah di Jalan Pemuda No.64 - Kudus
Rumah di Jalan Pemuda No.64 – Kudus

Saya mendapat rekomendasi Pemerahan Susu Muria ini dari si sulung yang sedang jadi anak kost di Kudus. Ketimbang kami (orang tuanya)  manyun saja menunggu  ia pulang kerja lebih baik jalan-jalan sore ke Pemerahan Susu Sapi Muria. “ Minum susu segar langsung di dekat sapinya, Ma” Ujarnya. Cara ia merekomendasikan membuat saya tertawa. “Minum susu sapi dekat sapi? Ih jijik!” Saya langsung menolak.

Ia melumerkan kekuatiran saya dengan mengatakan bahwa tempatnya bersih. Tak puas saya kembali bertanya  “Apakah tempatnya seperti di puncak? “ yang ia jawab : “ Tidak sih. Di puncak  tempatnya memang indah tapi Mama minum susu segar dan gak ada sapinya, kan?”

Betul juga. Baik lah mari kita coba ajak saya pada Pak Suami. Jaraknya pun ternyata dekat dari tempat kost. Malah dengan bantuan Google Maps lima belas menit kemudian kami sudah sampai di muka sebuah rumah dengan palang bertuliskan Pemerahan Susu Sapi Muria di depannya. Memang harus diperhatikan lebih seksama lokasinya karena sedikit terhalang oleh pepohonan Tembesi yang  rindang. Untuk lebih memastikan lagi cari saja rumah dengan dinding tembok   yang  dicat belang-belang seperti sapi.

pemerahan susu sapi muria
Kandang sapinya
Dinding yang bercerita banyak tentang peternakan sapi
Dinding yang bercerita banyak tentang peternakan sapi

Warung Pemerahan Susu Muria Kudus terletak di belakang rumah yang kalau dari bentuk bangunannya terlihat kuno. Tertulis di tembok dekat pintu bahwa pemilik adalah Ketua RT. Sementara warung dan kandang sapinya terletak di bagian  kanan  melewati gang berpagar tembok yang juga diberi cat totol-totol meniru corak kulit sapi.

Yang Segar dari Pemerahan Susu Muria

Dari kertas menu ternyata banyak sekali varian rasa susu yang ditawarkan warung sederhana ini. Mulai dari rasa dasar seperti susu putih tanpa gula, rasa strawberry, cokelat, mocha, kopi, madu, sirup, jahe, telur, dan variasi dari berbagai rasa dasar tadi. Sebetulnya saya ingin mencoba Susu Telur Cokelat, ingin tahu seperti apa rasa susu dicampur telur terus diberi coklat. Sayangnya sore itu tenggorakan saya sedang bengkok. Telurnya habis. Ya sudah akhirnya memilih rasa strawberry. Pak Sumai  memilih susu putih tanpa gula yang menurut dia itu lah rasa susu yang sebenarnya.

Susu Murni dan Rasa Strawberry
Susu Murni dan Rasa Strawberry

Sambil menunggu pesanan siap saya minta ijin pada Nona penjaga warung  untuk menengok  sapi-sapi yang berada di kandang. Angin sore membawa bau kandang samar-samar ke tempat saya berdiri saat itu.  Untung lah Cuma samar jadi tidak sampai mematikan selera segala. Nah di kandang itu lah baru saya menyadari bahwa sapi perah ternyata berbeda dengan sapi pedaging. Menurut seorang Bapak yang sedang membersihkan kandang sapi susu atau sapi perah diambil dari varietas sapi  dari spesies Bos taurus. Itu karena sapi dari jenis ini terkenal  kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar.

Harga Susu Segar yang Bersahabat

Saya sudah menceritakan seperti di Restoran Gentong Sehat bahwa harga makanan di Kudus bersahabat bagi kantong. Begitu pun minum susu segar dekat kandang sapi ini. Untuk menikmati segelas besar susu hangat maupun dingin Warung Pemerahan Susu Sapi Muria mematok harga Rp.4000-Rp.5000/gelas. Tak ada batasan mau duduk berapa lama di sana. Nah untuk menemani minum susu Warung Pemerahan Susu Muria juga menyediakan aneka kue dan cake.

Kontak Pemerahan Susu Moeria
Jl. Pemuda No.64
Telepon (0291) 437383
Kudus
Sapi Bos taurus yang paling banyak menghasilkan susu
Sapi Bos taurus yang paling banyak menghasilkan susu
Empat sehat lima sempurna. Ayuuk minum susu
Empat sehat lima sempurna. Ayuuk minum susu

28 thoughts on “Pemerahan Susu Muria Kudus – Sensasi Minum Susu Segar dekat Kandang Sapi

  1. Dulu di Sukabumi ada pemerahan susu, suka beli juga susu murni disana kalau minggu pagi. Tapi sekarang sudah gak ada lagi…
    Asik ya mbak, bisa langsung menikmati susu murni disana…

    Salam,

  2. Wah, pas baca judul nya yang kebayang minum susu di samping sapi mbak. Eh, ternyata duduk2 dekat kandang sapi yaa.. Hehe..

    Judulnya nongkrong bareng sapi nih 😛

  3. Aku tuh nggak bisaan mbak Evi, meskipun samar gitu, bisa bisa langsung memuntahkan seluruh isi perut atau aromanya membawa hanyut selera makan. Otakmu merekam aroma terlalu jauh 🙂

  4. Seger banget ya mbak susu segar, saya juga pernah minum sekali pas main ke Garut, sekarang sih pengen lagi tapi belum nemu yang jual susu segar, next time kl ke Kudus bisa deh nyobain lagi

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?