Grand New Veloz dan Grand New Avanza yang Mempesona

grand new veloz
Grand New Veloz yang stylish

Saya boleh lah mengaku sebagai anggota keluarga Toyota Astra Motor Indonesia. Sebab hampir seluruh keluarga besar menggunakan kendaraan keluaran pabrik ini. Terutama Avanza dan Innova yang sering disebut sebagai mobil sejuta umat. Habis gimana lagi, dengan harga terjangkau, bahan bakar irit, tahan banting, multi fungsi, memang sulit berpaling dari merela.  Dan Toyota pun sepertinya tahu cara menyenangkan hati konsumen. Contohnya tahun ini mereka kembali mengeluarkan seri terbaru dari Avanza yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Ohya ngomong-ngomong, apakah teman-teman yang tinggal di Jabodetabek sudah berkunjung ke Gaikindo Internastional Auto Show (GIIAS) 2015? Bagi yang belum pameran berlangsung dari 21-30 Agustus. Masih ada kesempatan beberapa hari lagi. Yuk datang dan lihat ke hall 10. Di sini Toyota memamerkan Duo Princes yang memikat hati khalayak dengan Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

grand new avanza dan grand new veloz
Grand New Veloz dari belakang
grand new avanza dan grand new veloz
Pengen punya mobil trendy ini…

Kalau saya sudah datang hari Minggu kemarin. Kebetulan lokasinya dekat dari rumah yakni di  Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di BSD City. Gedung ini baru selesai pembangunannya jadi sekalian deh menengok pusat ekshibisi dan konvensi yang terluas di Asia Tenggara ini. Bayangkan mereka punya 10 hall ukuran raksasa, 1 Convention center yang megah, 33 meeting room, dan dibangun di atas total area 220.000 m2. Jadi  ICE ini layak disebut sebagai sebuah kebanggaan bagi Indonesia di mata dunia, bukan? Dan di sini pula untuk pertama kalinya memperhatikan penampilan Grand New Avanza dan Grand New Veloz dengan lebih seksama. Maklum lah kalau urusan mobil biasanya saya percayakan 100 persen pada suami.

Kabinnya Grand New Veloz yang lapang

So, kembali ngomongin  Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Apakah mereka dua kendaraan yang sama?

Kalau dulu saya pasti akan menjawab sama. Bahwa Veloz adalah kasta tertinggi dari Avanza. Apa lagi jika dilihat dari belakang.  Grand New Avanza dan Dan Grand New Veloz secara fisik sulit dibedakan (Note: untuk mata ibu-ibu awam seperti saya lho ya). Namun kalau diperhatikan lebih teliti mereka adalah dua kendaraan berbeda,. Serupa tapi tak sama.

Grand New Avanza
Grand New Avanza

Perbedaan Grand New Veloz dan Grand New Avanza

  • Exterior :
  • Yang mudah terlihat pertama adalah bentuk muka. Design grille untuk jenis Avanza berbentuk horisontal trapezium seperti innova. Tampak simple namun tetap elegan.
  • Sementara Grand New Veloz design grille-nya seperti sarang tawon, memberi kesan futuristik dan sporty.
  • Headlamp Veloz merupakan kombinasi Proyector Halogen serta desain Fog Lamp-nya stylish banget.
  • Pada bagian  belakang terlihat ada rear reflector / mata kucing bentuk          Sementara Grand New Avanza bentuk kotak memanjang.
  • Interior :
  • Lapisan warna kursi gray spesial dan coklat untuk Avanza lebih mewakili untuk keluarga secara umum. Sementara Grand New Veloz dibalut warna black dan abu-abu yang memberi nuansa dinamis. Menurut saya sangat cocok bagi keluarga muda yang berjiwa muda.
  • Audio system Veloz dari semua type  sudah lengkap.sehingga menjamin ke nyamanan berkendara. Dijamin gak akan boring kalau dibawa jalan-jalan keluar kota atau melewatkan waktu selama beberapa waktu ditengah kemacetan.
Gak ada foto hoax
Gak ada foto hoax

Dari beberapa perbedaan Grand New Veloz dan Grand New Avanza di atas, yang patut teman-teman catat lagi kedua jenis kendaraan sama-sama  punya beberapa keunggulan:

Dari Sisi Kenyamanan: Seru banget untuk traveling

  •  Kalau kita mencari “Comfort” dalam suatu kendaraan, kedua MPV ini menawarkannya tanpa ragu. Baik Grand New Veloz Maupun Grand New Avanza memiliki ruangan kabin yang senyap. Kursi dirancang agar posisinya mudah diatur plus sandaran kepala di kursi tengah baris ke dua.
  • Ruang duduk pun lebih lega. Khususnya di baris ke tiga untuk dewasa yg biasanya sulit dijumpai pada MPV sekelas. Pun pengaturan kursi (50-50 folding) ini memudahkan pengaturan bagasi atau penumpang .
  • Full entertainment dengan Audio System yang berkelas.
  • System Suspensi depan dari Mac Pherson Strust dan di belakang dengan per koil  atau perkeong. Kalau bahasa ibu-ibu sih Grand New Veloz dan Avanza ini nyamannya  seperti sedan. Kebayang kan gimana asyiknya mengendarai mereka saat travelling dan menjelajah Indonesia yang cantik? Sekalipun masuk ke jalan berbatu atau kasar penumpangnya tetap merasa nyaman seperti naik sedan.
Grand New Avanza mobil keluarga bahagia
Grand New Avanza mobil keluarga yang nyaman untuk jalan-jalan
Bagian dalam Grand New Avanza
Bagian dalam Grand New Avanza

Dari sisi Keamanan : Oke banget

 Setiap orang menginginkan keselamatan selama perjalanan. Namun namanya jalanan, sekalipun kita sudah hati-hati, beberapa kejadian “NEGATIF” tak terhindarkan. Itu lah mengapa kita membutuhkan mobil yang bisa meminimalisir kemungkinan tersebut.

Nah ….kedua MPV ini memberikan solusi keamanan sebagai berikut:

– System rem ABS memberi pengereman maksimal. Setahu saya ini merupakan  fitur standar dan wajib bagi mobil kelas atas.

– Grand New Velos dan Grand New Avanza mengamankan kita dari banjir karena desain “Ground clearance “ –nya ( Ruang yang terdapat antara dasar ban dengan bagian bawah chassis.)

– Grand New Velos dan Grand New Avanza akan mengamankan kita dari benturan samping karena dipasangi  side impact beam yang berupa tambahan besi penahan  di setiap pintu mobil. Tapi tentunya jangan coba-coba menerobos pintu kereta api .

– Dan yang membuat kagum lagi tiap bangku terdapat safety belt.

– MPV ini juga  mengamankan kita dari pencurian dengan menggunakan kunci duplikat karena adanya “key immobilizer system” . Fitur ini mencegah mesin hidup apabila kode ID kunci tidak sesuai dengan computer mobil (ECU)

Mesin ground clearence yang akan mengamankan kita dari banjir
Mesin ground clearence yang akan mengamankan kita dari banjir

Irit bahan bakar

 Di jaman serba mahal ini siapa sih yang tak butuh kendaraan irit bahan bakar? Nah type mesin dari Grand New Veloz dan sepupunya Avanza  memakai teknologi “dual VVT-I”. Dengan teknologi  anyar  ini bahkan lebih irit dari versi sebelumnya.

Begitu lah Grand New Avanza dan Grand New Veloz hadir dengan keunggulan masing-masing. Namun kalau disuruh memilih dan pilihannya cuma satu, saya akan memilih Grand New Veloz. Penampilannya yang stylish itu cocok digunakan sehari-hari. Pergi senam (ngegym), mengantar anak sekolah, ke pasar, atau sesekali ngeceng-ngeceng ke Jakarta dengan teman-teman.

Gratis service berkala
Gratis service berkala

BLOG COMPETITION

Untuk teman-teman  blogger Indonesia, dalam menyambut kehadiran GRAND NEW AVANZA & GRAND NEW VELOZ ini Toyata Astra Indonesia mengadakan BLOG COMPETITION dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Kompetisi berlangsung mulai dari tanggal 20 Agustus 2015 sampai dengan 20 Oktober 2015. Tertarik ikut? Dapatkan infonya di sini 

Avanza-Veloz-Blog-Competition-2015
Avanza-Veloz-Blog-Competition-2015

72 thoughts on “Grand New Veloz dan Grand New Avanza yang Mempesona

  1. Ulasannya lengkap banget Mbak Vie dan sangat informatif. Setuju banget kalau Grand New Veloz ini keren banget, bersanding dengan saudara tuanya Grand New Avanza keduanya punya fitur yang keren2. Veloz merahnya aku suka, bener sesuai engan jargonnya, stylish banget.

  2. ya, designnya ada perkembangan dari yang lama. saya suka, tetapi ada pengalaman kurang bagus saat saya membeli avanza tahun lalu, persnelingnya pindah sendiri ke normal saat di pakai pertama kali dan seterusnya. complain jelas, tapi sy koq trauma ya. but I like Toyota.

  3. Wah, saya malah belum mampir ke pameran ini nih Mbak…
    Oh iya, saya kerja di pabrik yang membuat headlining (atap bagian dalam) mobil ini Mbak. Saat ini kirtiman per hari ke daihatsu (kedua jenis mobil ini diproduksi di daihatsu) sudah di angka 900+ unit. Jadi bisa ditaksir produksi mobil ini dalam sebulannya.

    Salam,

  4. Ada hal sederhana tapi menarik itu soal kursi belakang yang bisa dilipat salah satu. Ini sering kita butuhkan ketika membawa barang tetapi ada orang ke 6 yang mesti ikut menumpang…. lumayan, masih ada space buat penumpang sekaligus barang. Jos mbak!

    1. Iya Mas Dani. Feed back dari teman-teman di tiap posting yang kita buat, membuka wawasan baru. Makanya aku senang kalau tiap teman yg bwrkunjung ke sini sudi meninggalkan jejak. Thanks ya teman-teman 🙂

  5. Heran kalau Toyota Avanza sepertinya tak dipasarkan di Aussie. Disini yang terkenal selain Corolla adalah RAV4, Torago, Kluger, Yaris dan Prado.

    1. Biasanya sebelum meluncurkan satu produk mereka riset pasar dulu, Lois. Culture dan daya beli biasanya mempengaruhi keputusan pembelian. Mungkin Avanza cocoknya di budaya Indonesia 🙂

  6. Terpukau dengan postingan Uni Evi plus komen para sahabat. Design mobilnya kereen Uni, apalagi ownernya yang berkebaya putih sungguh keceee.
    Salam

  7. produk Toyota emang yahud yaaa…. aku dan bbeebrapa anggota keluarga juga pemakai Produk mobil keluaran Toyota. Bahkan Avanza yang pakaian ku sehari hari itu sudah seperti kekasih hati yang sabar di bawa kemana saja melakukan trip dalam dan luar kota.

    1. Hahaha..Heran ya..Padahal mestinya bisa komen lewat HP…Tapi emang aku gak berdaya sih Mbak Anaz, mesti diapain agar seluruh pengunjung blog ini bisa komen dengan alat apapun 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?