Bungur Berbunga Cantik dan Banyak Khasiat

Bungur berlatar belakang langit biruPerjalanan ke luar kota saat musim panas membawa nuansa lain. Pemandangan  terkadang  tak semenarik musim hujan. Sebab kiri-kanan  meranggas karena banyak pohon yang mati. Tapi di lain tempat pohon-pohon peneduh berbatang tinggi seperti Bungur berbunga cantik dan banyak khasiat ini ini berada dipuncak terbaiknya. Rupanya musim panas adalah saat mereka mengeluarkan mahkota-mahkota cantik. Ditingkahi pula langit biru nan jernih sebagai latar belakang, sungguh pesta alam itu sayang untuk dilewat.

bungur berbunga cantik dan banyak khasiat
bungur ungu

Mulanya saya tidak tahu bahwa pohon rindang dengan ketinggian sekitar 15 meter plus tebaran bunga warna unggu yang tumbuh di sepanjang jalan raya Cisolok – Sukabumi itu bernama bungur. Rupanya keseriusan saya mengamati bungur berbungan cantik dan banyak khasiat ini menarik perhatian seseorang. Saat memotret datang lah  seorang Bapak dan bertanya untuk apa saya memotret pohon yang sudah belasan tahun tumbuh disana?  Awalnya tergoda memperkenalkan diri sebagai blogger, jadi tentu untuk mengisi blog  kelak. Tapi agar lebih simpel  tak jawab sejujurnya bahwa saya jarang melihat bunga seperti itu dan mengagumi kecantikannya. Yah dalam hati dia mungkin mengatakan saya norak. Tapi saya emang norak 🙂

bungur berbunga cantik dan bijinya
Di akhir perbungaan, bungur meningglkan biji kemerahan sebesar kelereng

Batang Bungur Berbunga Cantik dan Banyak Khasiat Sebagai Cetakan Gula Aren

Dari bapak yang baik hati inilah akhirnya tahu bahwa bunga itu disebut Bungur (Lagerstromia Spiosa) atau Laban menurut orang Sunda. Aiiih..Jadi tahu deh ternyata cetakan gula aren yang disebut konjor itu terbuat dari kayu pohon ini. Kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Banten Selatan  memang sudah terkenal kemana-mana. Alasan mereka menggunakan kayu laban untuk mencetak gula aren adalah selain keras, seratnya juga halus dan teratur. Cocok untuk menghasilkan cetakan gula aren yang rapi dan cantik.

Pengetahuan selanjutnya tentang bungur berbunga cantik dan banyak khasiat ini saya kembangkan melalui Oom Google.Bunganya yang berbentuk malai ini, diakhir perbungaan akan meninggalkan biji sebesar kelereng. Biji ini selain untuk berkembang biak ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat bungur bagi kesehatan tak hanya pada biji. Daun dan kulit kayunya sudah lama dikembangkan untuk membuat ramuan herbal. Kulit untuk mengobati disentri dan diare. Sementara daun untuk mengobati kencing manis atau diabetes. Ohya ada resep daun bungur untuk diabetes disini..

Setuju kan teman kalau bungur ini tanaman yang cantik?

Salam,

38 thoughts on “Bungur Berbunga Cantik dan Banyak Khasiat

  1. Wow ini bunga riwayat masa kanak-kanak saya dulu mbak.. soale di depan rumah saya ada tumbuh satu dan memang bunganya indah loh.. sayang sekarang udah ditebang..

    baru tahu juga nih kalau namanya Bungur

  2. ah…dulu, sepanjang jalan dari SD ke rumah kami banyak ditumbuhi pohon ini…. kami sangat menyukai rindangnya dan guguran bunga2 ungunya.. 🙂
    baru tahu ternyata banyak manfaatnya juga, terima kasih mbak Evi …

  3. bunga pohon2 peneduh ini cantik2 ya uni….. bunga bungur ini cantik ya…
    di pinggir jalan tol ada beberapa…
    angsana saat ini lagi banyak berbunga, cantik deh …

    btw, pernah juga kan headernya uni bunga dari salah satu pohon peneduh

  4. Makasih Mba Evi..
    Jadi tahu ternyata Bungur itu nama bunga ya. Bukan hanya nama terminal Bungurasih.. 😀
    Saya berkali-kali pengen motret bunga ini di perjalanan ke kantor tapi gagal terus dan sekarang Mba Evi masang di blog. Makasih ya Mbaa. 🙂

  5. ya ampun, ini wujud bunga yang menjadi alamat rumah kakek. Bagus banget. sekilas mirip sakura. tapi, sekilas jg kayak lavender 😀

  6. Wah jadi inget masa kecil. Waktu sering diajak main ke hutan ama orang tua, sering lihat pohon Bungur.
    Ternyata ada khasitanya juga…

  7. Ruarrr biasa Uni, ungu – hijau – bergaris coklat kehitaman – titik-titk merah dengan latar belakang biru cerah…. 🙂
    Btw fotografernya juga ok jadi semua menunjang..!!!

  8. cantiiiiikk…fotonya cantik bgt, seperti bunga sakura saat musim semi di Jepang *tsaaaaah* heuheuheu…

    Sering dengar bunga bungur, ternyata yg itu ya Tan?

  9. Saat bungur mekar imajinasi pada sakuranya Jepang ya Uni. Uni cantiik sekali fotonya, suka menikmati namun tak pernah berhasil poto bunga di puncak menara pohonnya. Salam bungur.

    1. Uji coba berhasil”,…Gula darah ku600,..kebingungan Nurunin aku buka gougel”” Di malaysia,Cespleng nurunin gula dan luka”pakai Daun Pletekan<lalu Naluriku,menyuruh dicampur daun bungur kering"ternyata Sebelum makan 3piring aku minum rebusan,bungur dan pletekan, setalahnya aku minum lagi, setelah 2jam aku cek darah cespleng Guladarahku 150"' gak percaya telp. 0888 0837 7455,..Semoga bermanfaat"insyaallah

  10. Hello Evi 🙂
    Barusan saya google bunga bungur…. eh nemuin blognya Evi. Bagus sekali bunga bungurnya dengan warna ungu lembut. Kebetulan banyak tanaman ini, jenis Lagerstroemia indica yang lebih kecil pohonnya, belum lama ini ditanam di pinggir jalan tak jauh dari rumah kami. Rupanya memang betul ya dimusim panas yang kering malah berbunga, disini berbunganya juga dimusim panas.

    1. Hello Lois… Senang bertemu lagi..
      Wah senang hati saya search bungur mengeluarkan artikel ini. Makasih ya Lois…Dan iya, sepanjang musim kemarau bungur ini tampak berbunga semua di tepi jalan. Kalau kebetulan tumbuh pohonnya rapat, tambah indah. Hanya saja di sini pohonnya tinggi -tinggi, beda sedikit dari Lagerstroemia indica itu kali ya 😉

  11. Wah akhirnya tau nama bunganya apa, tiap liat bunga ini di pinggir jalan rasanya pengen nengok ke atas terus hehe, makasih mba infonya

  12. Di daerah saya ada jalan yang namanya Bungur. Entahlah apakah ada pohon bungur di sana, jarang memperhatikan, tapi banyak pohon di jalan itu 😀

    1. Dulunya mungkin disana banyak pohon Bungur Mbak Hairi. Biasanya nenek moyang kita menamakan suatu tempat akan berdasar ciri khas tempat tersebut. Seperti Pondok Kopi yang dulunya kan bekas perkebunan kopi. Setidaknya begitu deh sangkaan saya 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?