Selamat Datang di Jakarta Pak Jokowi

Klik gambar untuk link asli

Barusan tak sengaja menemukan video Program Jokowi untuk Jakarta Baru di Youtube. Jadi saya yang kuper ini alias jarang nonton TV dan baca koran cuma kenal Jokowi selintas-selintas dari sosial media. Katanya sosoknya sederhana dan suksesnya membenahi kota Solo mengangkat nama Jokowi ke langit bintang Indonesia. Nah diluar itu paling seseliweran saja melihat gambarnya kalau kebetulan ada yang menghidupkan TV di ruang tunggu tempat umum. Dan sedikit intens saat nonton acara Lawyers Club di TV One yang membahas goyangan sara Rhoma Irama yang dialamatkan kepadanya. Jujur nonton dia diwawancara saya agak kecewa, lah kok kesannya o’on begitu ya?

Eh rupanya Jokowi itu jawa tulen. Yang sanggup menyembunyikan perasaan dan menahan kata-katanya untuk yang penting-penting saja. Permintaan maaf Rhoma yang terlihat tak tulus (karena diberi catatan) sebab telah menuduh ibunda Jokowi bukan muslim pun disambut senyum ala pemuda kampung. Benaran senyumnya saat itu gak gaul banget deh! Lah cuma segitu kah Jokowi, pikir saya.

Klik foto untuk link asli

Nah ceritanya saudara-saudara setelah nonton video di bawah nilai Jokowi langsung menecelat ke atas dimata saya. Rencana dia yang akan mengatasi kemacetan di Jakarta  dengan menggerakan orang, bukan kendaraan mereka. ITU  pemikiran yang sedikit out of the box ya. Berarti nanti  penduduk Jakarta tidak lagi dibangunkan tol maupun jalan layang tapi trotoar dan jalur sepeda. Berarti nanti uang pembangunan gedung parkir bisa dialokasikan pada pembangunan jalur trem dan subway. Berarti nanti kita bisa menikmati Jakarta yang tenang, bebas asap kendaraan dan naik kendaraan umum tidak menyeramkan lagi..Semoga saudara-saudara!

Eh aku kan di Banten, kok ikut2an berharap Jokowi-Basuki menang di putaran ke-2 nanti? Benar saudara-saudara, saya tidak punya hak pilih tapi bisa berpesan kepada saudara-saudara dan kerabat yang ber-KTP Jakarta. Kota kalian perlu perubahan sobat. Jakarta memang tidak sesederhana Solo, masalah yang harus dipecahkan pasti ratusan kali lebih kompleks dari Solo. Jadi nanti tak tertutup kemungkinan kalian dibohongi  Jokowi. Namun saudara-saudara lebih baik dibohongi dua orang ketimbang satu orang. Setidaknya itu sudah memperlihatkan keinginan kalian ingin merubah Jakarta ke arah lebih baik.

Nah  sukses Jakarta Baru itu nanti akan merembet ke kota saya maupun kota-kota lain di seluruh Indonesia. Jokowi itu berencana pemerintahannya akan transparan. Seperti akan menempel anggaran APBD di pos-pos hansip seperti yang dilakukan di Solo. Nah sekarang benaran lho rakyat kecil seperti kita bisa melihat kemana larinya uang pajak yang kita bayar kepada negara.

Cuman saya agak pusing mikirinnya apakah benaran program Jokowi bisa berjalan mulus? Sebab  akan banyak pihak-pihak yang dirugikan oleh programnya yang berpihak kepada rakyat kecil tersebut. Jangan-jangan tragedy Bank Century muncul lagi, penuh fitnah dan persengkokolan yang menghantar ibu Sri Mulyani tersepak ke luar negeri. Begitu Sri Mulyani menyingkir tikus-tikus bersorak, melanjutkan makan dengan tenang dan  kisah Bank Century pun berakhir di peti es..

Memenangkan pemilihan hanya satu soal. Soal yang lain, jika terpilih sanggupkah Jokowi survive menghadapi kepentingan orang-orang yang tersingkir itu. Melawan kekuatan gelap seperti itu tidak bisa dengan jampe-jampe dukun pastinya. Yah kita masih punya Tuhan kan ya? Kita doakan saja semoga kali ini Allah berpihak kepada harapan orang yang menginginkan perubahan di Jakarta. Amin.

Salam,

53 thoughts on “Selamat Datang di Jakarta Pak Jokowi

  1. aamiin Ni

    kekuatan gelap memang hanya Allah yang mampu membendungnya
    sebagai rakyat kelas keset kaki, kami2 cuma bisa berdoa semoga niat baik JB, mendapatkan ridho Allah.

    terima kasih perhatiannya pada kota tempat kami tinggal ya Ni 🙂

  2. itu yang ditakutkan kalau ada orang gede yang merasa terganggun dengan program rakyat kecilnya jokowi.. bisa bisa ga menang dia… 🙂

    1. Mudah2an dia menang ya Bro..Dan mudah2an kekuatan gelap yg akan menghadangnya sirna karena semangat ingin perubahan oleh masyarakat..

  3. jika terpilih, mudah2an pak jokowi dapat merubah jakarta ke arah yang lebih baik sehingga dapat menjadi teladan bagi pemimpin-pemimpin di kota lainnya..

  4. Hhhmmmmm Saya Harap juga demikian mbak – Jakarta Berubah Setidaknya Memberikan sedikit lebih baik dari sebelumnya, karena Merubah jakarta memang tidam mudah (^____^)

  5. Minggu depan persis lagi… milih gak ya hihi 😀
    Aku nggak ngerti sih Jokowi begimana, tapi kok tiap ketemu orang Solo pasti muji-muji dia gitu deh. Sekharismatis dan sekeren apa sih Jokowi, wkwkwk… Jadi penasaran aku kalau dia mimpin Jakarta 😀

    1. Iya, karena keterbukaan informasi, internet dan social media sedikit membuka mata kita, kita jadi bisa membedakan apa yang disebut dengan keberhasilan nyata atau apa pula yg cuma diomongin di mulut 🙂

  6. Yang pasti, yang namanya pemimpin butuh dukungan rakyat ya mbak…. Walo pemimpinnya bagus, tapi kalo yang mendukung kebijakannya sedikit ya susah juga mengimplementasikan programnya…

  7. sebainya calon pemimpin itu jangan terlalu banyak menjanjikan, benahi saja yg ada, jangan membabi buta utk menerapkan ini itu yang baru …..
    yang penting bila terpilih nanti, bisa amanah dan bekerja dgn jujur , agar barokah dan lancar semua rencananya utk menjadikan kota Jakarta lebih baik ( gak macet lagi dan gak banjir lagi, atau paling gak bisa diminimalisir keadaan ini)

    salam

    1. Saya punya feelling, Jokowi itu akan menang Bun..Tapi kalaupun dia kalah, semoga bang Foke insap ya, kerja lebih keras lagi untuk membenahi Jakarta tercinta itu 🙂

  8. Bener banget Mba Evi. Mendingan dibohongin saaa dua orang daripada satu orang yang sama bohongin lagi. Saya juga ga ikutan milih (ktp banten) tapi berharap ada perubahan di Jakarta.

  9. sebentar lagi mau ada debat calon ya? ehmm semoga bisa mulai terlihat kapabilitas yang sebenernya. Saya warga depok tapi peduli juga sama Jakarta hehe

  10. Pertanyaan Uni benar, sanggupkah Jokowi survive. Karena sudah merupakan penyakit bangsa kita selalu kita pilih rame2, kita elu-elukan. Hal ini hanya berlangsung beberapa saat, setelah itu yang keluar hanya caci maki 🙂

    1. Tugasnya Pak Jokowi itu, kalau menang, akan berat banget Pak Ded. Lah persoalan Jakarta kan gak sedikit. Masalah trnsportasi cuma satu soal, bahkan orang mengharapkan kemunculan imam mahdi disini 🙂

    1. Jakarta sebenarnya kota yg indah Mb Enny, cuma ketidak imbangan antara jalan dan kendaraan bikin Jakarta sangat jelek utk dikunjungi 🙂

  11. memenangkan pemilihan adalah satu hal, mendapat dukungan penuh dr semua lapisan masyarakat setelah terpilih…itu hal lainnya.. semoga sih dua2nya bisa sejalan..

    1. Amin. Kalau Pak Jokowi tetap berjalan dikoridor rencana kampanyenya, insya Allah dukungan rakyat selalu mengalir padanya y Mb Mechta 🙂

  12. di Jepang biaya parkir cukup mahal..
    Konon juga untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi..
    Dan seperti kita tahu, transportasi umum di Jpg sangat bagus, dan pada umumnya warga Jpg menggunakan kendaraan umum utk ke mana2.
    Memang tidak bisa membandingkan Jakarta dengan Jepang, tetapi kita bisa belajar dari hal yang sudah baik bukan :).

    Semoga Jakarta semakin baik, untuk kemajuan Indonesia pada umumnya. Amin.

    1. Setuju sangat Tik, kita harus belajar dari siapapun yg lbh baik dr kita. Benahi dulu transportasi umum, terus naikan biaya parkir dan pajak kendaraan.Insya Allah orang akan terdorong mengikuti cara orang Jepang menggunakan transportasi umum. Tp kayaknya 5 tahun tak cukup ya.

    1. Amin. Itulah harapan kita bersama. Ohya Mas GMC kalau komen tak perlu menuliskan likn lagi, kan sh terkatub dlm alamat web saat isi form komentar. Dirimu dianggap spammer oleh Askimet 🙂

  13. Salam tiga jari..
    Kalau Mas Jokowi memang, mari kita dukung selama kebijakannya pro rakyat. Tapi kita juga wajib mengingatkannya bila kebijakannya tidak sejalan dengan rakyat..

  14. yak perlu melihat orang banten orang jawa atau orang kalimantan
    sedikit banyak mereka pasti mengikuti perkembangan jakarta
    bagaimanapun disana ibu kota negara yang jadi barometer suatu negeri

    1. Betul Mas, pembenahan di pusat akan merembes ke daerah2. Sebenarnya lbh mudah dilakukan disini, disamping dekat dengan pusat pemerintahan, anggaran belanjanya juga gede. Nah menurut Jokowi jika dana tersebut digunakan dng efusien, itu bisa membenahi tansportasi kota. Tapi Jakarta baru yg dia maksud bukan hanya masalah transportasi saja kayaknya, tapi juga memberantas korupsi 🙂

  15. Sebenarnya Pak Jokowi jangan terlalu ambisius akan mengatasi semua permasalahan Jakarta. Prinsipnya : naikkan saja satu klik atau satu mili dari pejabat yang sekarang itu sudah prestasi.
    Kalau terlalu banyak janji dan idenya melangit malah mblenger, entar malah sembunyi karena banyak demo yang menagih janjinya.

    Saya gak nilai siapa-siapa karena nggak milih juga. Yang penting siapa yang terpilih bekerjalah dengan sebaik-baiknya, niatkan untuk ibadah agar barokah dan tetap on the right track.

    Salam hangat dari Surabaya

    1. Yupz.. Setuju dengan Pak Dhe.. ora perlu terlalu bombastis, yang penting realistis meski kecil wujudnya.

      Hidup mbak Evi Indrawanto Arenga

      Dukung jadi walikota Banten periode berikutnya…!

      1. Dalam masa kampanye, untuk menarik perhatian,kata2 perlu fi touch up sedikit Mas Lozz..Kalau hasil dikit2 kan sdh dilakukan para pendahulu, lah dimana istimewanya dong?

        Hidup saya! Haha…

    2. Iya Pakde, mudah2an Pak Jokowi tak berhenti dikata2 saja sprt pemimpin yg sdh2 ya. Jakarta sdh amat menuntut pembangunan manusianya, bukan hanya jalan tol dan gedung. Mudah2an jika dimulai dr membangun pedestarian dan membenahi angkutan umum jakarta juga ikutan keren seperti tetangga dekat.

    1. Amin. Sekarang calonnya cm tinggal dua Mas. Yg pertama sdh punya track record dan hasilnya sdh kita lihat sekarang. Mari berharap pd satunya lg, mudah2 an bs membawa Jakarta lbh baik

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?