Kue Mangkok Palm Sugar

Kue Mangkuk Palm Sugar

Melihat kue cantik ini di pasar. Saya dan keluarga bukanlah penggemar kue mangkok, habis suka lengket di gigi:) Hanya karena penjualnya mengatakanย  kue tradisional yang asalnya dari Tiongkok ini tak menggunakan gula pasir, cuma gula aren sebagai pemanis baru tertarik membeli. Disamping mangkoknya itu lho, dari daun pandan. Aroma daun pandan pasti ikut merasuk disana pikir saya.

Dan betul juga, penjualnya gak bohong. Kue mangkok gula palem ini enak, walau masih lengket di gigi. Saya gak tahu bagaimana mendeskripsikan rasa enak tapi ketimbang menikmati kue mangkok warna-warni, sepertinya jauh lebih aman jika warnanya datang dari gula merah ๐Ÿ™‚

Siapa suka kue mangkok? ๐Ÿ™‚

32 thoughts on “Kue Mangkok Palm Sugar

    1. Lumayan meresap Mbak Prih..Menurut yg jual asalnya emang di kukus dengan pandan. Tapi pandanya lalu diganti dengan yang baru, agar lebih cantik..Begitu katanya ๐Ÿ™‚

  1. saya belum pernah kue mangkok bu. tapi kapan2 kalau lagi ke pasar, coba cari ahh. btw, itu tukang jualan pinter juga marketingnya. anda yang tidak tertarik, akhirnya membeli juga ๐Ÿ™‚

    btw, saya juga pernah tertarik beli kue rangi pas lagi antar istri cari bahan kebaya di ps majestik, jaksel. tertariknya karena ada kelapa2 kasar di permukaan kue dan di atasnya disiram dengan gula aren kental… hmmm yummy…

    1. Iya Mas Kamal. Cara yg dagang mengenalkan produknya salah satu faktor kita membeli, dari tak tertarik jadi tertarik. Dan keunikan sajian dari makanan juga termasuk faktor penentu mengapa kita membeli panganan tersebut.
      Dan aku juga suka lho kue rangi yg mengandung kelapa dan gula aren itu. Gurih dan manis..:)

  2. kalau lihat photonya, pasti rasanya enak… apalagi ne pake gula merah… nyeduh kopi aja kalau pake gula merah rasanya beda, lebih nikmat…

  3. Emak kok gak pernah bilang kue mangkok ya.
    Di kampung saya mungkin ada dan saya mungkin pernah melahapnya tapi gak tahu namanya.
    Kirain ada resepnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Mungkin di kampung Pakde namanya bukan kue mangkok. Tp saya yakin dng perjalanan yg begitu ekstensif dulu, satu atau dua kali Pakde pernah berjumpa kue ini. Karena cuma membeli jadi gak ada resepnya Pakde ๐Ÿ™‚

  4. uni, aku mauuuuu…!!!
    xixi kok aku gak pernah mikir apakah kue mangkok lengket ke gigi
    pokoknya aku suka banget segala macam kue yang ada sentuhan tradisionalnya,

    gula aren dan pandan, adalah padanan yang serasi.

    1. Habis kalo ada masalah di gigi, dirimu bisa menanganinya sih May. Kue tradusional emang enak walau kadang jd menyulitkan bb kita hehe..

  5. Ondeh.. yo sabana titiak salero mancaliak kue mangkuak tu Uni… ๐Ÿ™‚

    Saya suka dengan jajanan pasar semacam ini Uni.
    Apalagi yang dibungkus daun.. wuih.. menggugah selera sangat

  6. Aku suka kue mangkok merah gitu, mbak. Walo lengket2 tapi rasanya enak…bikin keinget sama masa kecil di kampung…hihihi

  7. pas kepikiran makan yang manis manis.. terus baca ini… langsung ngiler.. untuk ga bisa mendescripsikan dengan baik.. coba kalau enaknya bisa didiscripsikan pasti lebih menderita saya…:)

  8. ga mau kalah ma mbak cii !! aku ngacung nya lebih tinggi naik ke atas menara listrik !! musti harus kudu di kirim !! ok

  9. Sejak kecil saya sangat senang dengan kue “mangkuak” ini Uni, ingat waktu kecil nenek sering membuatnya. Sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh kami (cucu-cucu beliau)

  10. Wah, ketinggalan saya. Belum pernah jajal yang disajikan dengan daun pandan. Bentuknya mirip dengan kue apem dan bolu kukus, merekah di atasnya. Enak nih kayanya Mbak Vi..

    1. Kue mangkok itu bernama lain bolu kukus kan yah? Hehehe..kemarin aku gak ngeh itu Mbak Lia..Yang disajikan dengan daun pandan ini kayaknya emang salah satu daya tarik nih..Aku perhatikan banyak yg beli gara-gara perbincangan diawali dengan daun pandan..

      1. Saya juga ngga ngeh kalo bolu kukus itu sama dengan kue mangkok. Xixixi.. Saya pikir karena daun pandannya ini yang bikin beda. Pinter yang bikinnya, dikemas dengan pandan, tentu lebih cantik dan menggugah selera. ๐Ÿ™‚

  11. kadang jd salah satu menu snack pagi di kantor Uni. Saya jarang makan (karena lengket di gigi itu), terkecuali kalo lapar stadium akut hihihihi

    1. Kalau berupa snacks dari kantor, kehadirannya pasti sering tuh Teh..Kelewat sering melihat pasti enek juga ya hehehe..

  12. Idih, sama mbak, saya juga suka kue mangkok dengan rasa dan aroma palm sugar…lebih nendang gitu lo!
    ๐Ÿ˜€

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?