Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

manfaat gula aren bagi kesehatan
Gula Aren Bubuk

Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan.

Sebagai salah satu sumber ekonomi, pohon aren telah masuk ke dalam  sistem kultur dan mempengaruhi cara hidup masyarakat. Seperti terlihat pada tata nilai masyarakat berbahasa Sunda bahwa ” hirup kudu masagi kawung”. Artinya setiap manusia harus menjalani kehidupan seperti pohon aren yang mampu memberi banyak manfaat kapada alam. (Baca: Resep pelangsing tubuh secara alami dengan gula aren)

Sementara manfaat utama dari pohon bernama latin Arenga Pinnata ini adalah dibuat gula.Rasa manis, kandungan nutrisi dan herbalnya sudah lama digunakan dalam berbagai ramuan obat tradisional Indonesia. Sejarah  panjang manfaat gula aren bagi kesehatan masyarakat  ini kita temui melalui jamu atau minuman kesehatan yang banyak sekali jenisnya. Sekoteng, bandrek dan bajigur merupakan jenis minuman tradisional terkenal yang memanfaatkan gula aren.

Sementara tak sedikit pula gula aren masuk sebagai obat. Berikut contoh manfaat gula aren bagi kesehatan melalui resep  pengobatan tradisional:

REMATIK :

Untuk mengatasi rematik siapkan  5 gram adas, 5 gram pulasari, 30 gram daun sosor bebek dan gula aren. Kecuali gula aren, rebus semua bahan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Saring lalu bubuhkan 2 sendok makan gula aren bubuk atau gula semut. Minum dua kali sehari.

GANGGUAN GINJAL:

Untuk ganguan ginjal ambil satu rimpang temulawak, segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran dengan menambahkan empat gelas air. Rebus semua bahan sampai tinggal setengahnya. Diminum tiga kali sehari. Jangan lupa bubuhkan gula aren bubuk atau gula semut untuk memperbaiki rasa.

MASUK ANGIN:

Untuk penderita masuk angin, gunakan 60 gram daun pepaya, 20 gram daun sembung, 10 gram jahe, 3 batang sereh, 10 butir cengkeh, 1/2 sendok teh jintan, 30 gram GULA AREN direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, lalu disaring dan diminum airnya 3 kali sehari masing-masing 150 cc.

KANKER:

Daun ceremai (Phyllanthus acidus) dapat dapat digunakan sebagai obat antikanker. Segenggam daun ceremai muda, sejumput daun belimbing, bidara upas sejari, gadung cina sejari dan GULA AREN direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal segelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas.

MENINGKATKAN GAIRAH:

Bagi pasangan yang mulai uzur atau mengalami pendinginan dalam hubungan suami-istri, resep meningkatkan gairah ini bisa dicoba.

Siapkan kencur 1 kg, jinten setengah sendok teh, kunyit putih seibu jari lima butir, daun sirih dengan rantingnya segenggam, asam tanpa biji 1/4 kg, beras satu gelas, gula aren secukupnya. Rendam beras selama satu jam kemudian tiriskan.

Campur sirih, jinten, kencur dan kunyit lalu tumbuk sampai merata. Masukkan beras. Setelah lumat blender semua bahan dengan manambahkan sebotol air masak. Kemudian peras dan saring. Aduk bersama gula aren bubuk atau palm sugar, simpan di kulkas dalam botol tertutup.( Mengenai gula aren bubuk cek Arenga Indonesia)

Tiap malam ambil lima sendok makan, campur dengan setengah gelas air hangat. Minum selama dua minggu berturut-turut.

Bagaimana pandangan kawan tentang manfaat gula aren bagi kesehatan ini?

@eviindrawanto

42 thoughts on “Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

  1. gula aren memang paling pas untuk memperbaiki rasa minuman kesehatan tradisional ini uni..

    #semakin praktis sejak di rumah aur ada persediaan palm sugar.. 😛

  2. Yang saya tau adalah …
    kalau kita naik gunung … gula aren itu suka di emut … sebagai ganti permen …
    ini untuk penambah stamina dan tenaga katanya

    salam saya Bu Evi

    1. Begitu juga yang saya dengar dari anak-anak pendaki, Om, bahwa katanya bekal mereka untuk memerangi rasa lapar plus memeberi tenaga adalah kepingan gula aren yang ada dalam ransel 🙂

  3. Gula aren bagi kesehatan ‘perekonomian’ warga lereng gunung nih Uni Evi, karena secara ekologi kelapa dan tebu tak mampu tumbuh di situ, apalagi bit, maple ataupun stevia …. Salam kawung

    1. Iya Mbak Prih..Alam lingkungan tempat tinggal kita sebenarnya menumbuhkan banyak hal untuk menopang kehidupan kita 🙂

    1. Semakin dekat makanan itu ke alam atau semakin pendek rantai prosesnya, semakin baik bagi kesehatan kita Pak Alris 🙂

  4. Saya termasuk beruntung karena tak jauh dari tempat saya tinggal ada industri rumahan gula aren. Tepatnya di daerah Limbangan Kendal. Dan produk ini sangat mudah ditemui di toko & pasar se Kendal. Orang Kendal menyebutnya dengan Gula Limbangan sesuai daerah penghasilnya

    1. Sebenarnya gula aren sdh punya sejarah panjang sebagai teman ampuh herbal Pak Munir. Tapi ya memang begitu lah kurang banyak dieksplorasi 🙂

  5. Saya penasaran, suami saya yg punya hipertensi, udah lama, sejak 2 tahun lalu, mengkonsumsi gula aren utk pemanis, teh ka, kopi ka, ttp ketika kami mau edukasi teman2, kehilangan artikel tsb… ttp krn bukti nya suami sendiri dan dia yang mualaaaas sekali minum obat hipertensi, dan hingga saat ini, puji Tuhan, tensi nya bagus utk usia suami – 45 thn – tensi 120/80-90, maka kami dengan pede dan seenak jiwa, selalu membelikan pastor suster dan kawan2, terutama yg berkarya di pedalaman dan harus sehat dan jalan jauh melayani orang, juga yg mengidap diabetes, utk mengkonsumsi gula aren…. mau dong Mbak klo ada info / artikel lebih yahud ttg a b c d manfaat gula aren, agar kami share kpd siapa saja yg butuh… Thanks ya … Tuhan memberkati

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?