Cara Menumbuhkan Gairah Hidup

cara menumbuhkan gairah hidup
Bertekat untuk berprestasi bisa menumbuhkan gairah hidup

Loh kok soal cara menumbuhkan gairah hidup? Emang sedang tak bergairah hidup gitu? Wkwkwk..Alhamdulillah saya masih punya gairah hidup walau terkadang naik turun mengikuti mood. Menuliskan ini untuk meyakinkan diri kembali. Disamping ingin membantu pengunjung blog yang nyasar dengan dengan kata kunci Cara Menumbuhkan Gairah Hidup. Soalnya yakin dia takan bertemu artikel yang memadai.Dan syukur alhamdulillah jika juga bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Apa sih Gairah Hidup itu?

Pertama-tama mari pahami dulu apa itu gairah hidup. Menurut KBBI Gairah adalah keinginan, hasrat atau keberanian yang kuat. Sedang definisi Hidup yang saya ambil dalam kategori kata kerjanya adalah sesuatu yang masih ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya. Jadi kurang lebih Gairah Hidup bermakna hasrat yang besar untuk tetap eksis di dunia, bergerak dan bekerja dong ya?

Idealnya karena telah ditiupkan roh oleh Allah, bernyawa dan dihidupkan, setiap manusia berterima kasih karena telah terpilih. Namun karena satu dan lain hal ada tak melihat bahkan lupa bahwa kehidupan yang diberikan kepadanya karena Allah percaya bahwa mereka sanggup menjadi kepanjangan tangan-Nya di dunia. Alih-alih menumbukan antusiasme mereka memilih memadamkan semangat, bersikap pesimis, dan berhenti berusaha dari sesuatu yang seharusnya dikerjakan.

Berikut Beberapa Cara Menumbuhkan Gairah Hidup.

1. Tentukan Pilihan

Manusia dilengkapi oleh kemampuan berpikir, membayangkan dan berimajinasi. Gunakan kemampuan ini untuk melihat lewat mata batin, kira-kira apa yang kita inginkan terjadi di masa depan. Jauh di dalam jiwa tiap orang mempunyai cita-cita. Gali. Kalau perlu buat daftar pekerjaan-pekerjaan yang membuat kita terbebas dari rasa terpaksa saat mengerjakannya. Kewajiban dan tanggung jawab sering membuat orang tak bahagia. Tapi kalau pekerjaan tersebut merupakan panggilan jiwa, sekalipun berat kita akan suka rela mengerjakannya. Bahkan kita takan berhenti sekalipun orang lain meminta untuk berhenti.

2. Ciptakan

Motivator mengatakan bahwa cara terbaik dalam meramalkan masa depan adalah dengan menciptakannya. Pilihan sudah dibuat sekarang saatnya mewujudkan di tatar realita. Apakah menulis terasa lebih membebaskan dari kegiatan lain? Maka menulislah! Oh bagaimana dengan pekerjaan utama untuk mengasapi dapur? Saya tak mengatakan bahwa kita harus berhenti dari pekerjaan. Tapi tatkala kita membiarkan panggilan jiwa muncul ke permukaan maka jalan akan terbuka. Kita bisa menulis dimana saja, kapan saja, lewat media apa saja, tanpa membayakan kesejahteraan ekonomi keluarga. Yang jelas bertekat untuk berprestasi merupakan cara menumbuhkan gairah hidup. Antusiasme dan optimisme juga melahirkan tekat.Dan tekat menumbuhkan gairah hidup.

3. Bersahabat lah dengan Waktu

Keinginan berhasil dalam waktu singkat sering mematikan antusiasme. Seperti yang saya alami saat menulis fiksi. Kepentok satu halaman langsung berhenti. Kepentok lagi berhenti lagi. Masih mending kalau cuma berhenti. Jiwa kreatif dalam di dalam sanaΒ  mengatakan bahwa fiksi bukan dunia saya, terlalu sukar untuk diteruskan. Akibatnya apa? SebuahΒ  novel yang sudah sepuluh tahun belum juga selesai! Naskahnya sudah berpindah hardisc to hardisc yang kalau tidak salah sudah empat komputer..

Akhir-akhir ini saya lebih bijak. Sudah cukup memberi waktu pada ketergesaan. Sekarang lebih memahami bahwa segala sesuatu di alam semesta perlu waktu untuk berproses. Jadi mulai menggairahkan diri mengumpulkan kata demi kata. Sekarang sudah tak memikirkan ceritanya menarik atau tidak. Yang penting selesai dulu mengikuti cetak birunya..:)

Karena tekat ini, sudah satu minggu saya begadang tiap malam. Menulis minimal satu halaman folio. Karena menulisnya di kamar tidur sudah dapat protes dari suami..Tapi yah karena saya menjelaskan masalah kejiwaan yang bakal menimpa istrinya jikaΒ  novel ini tak juga selesai akhirnya di restui menyalakan lampu sampai jam satu malam.Plok..Plok…:)

Apa pekerjaan yang bisa menumbuhkan gairah mu teman?

@eviindrawanto

33 thoughts on “Cara Menumbuhkan Gairah Hidup

  1. Kalau dari diri saya sendiri gairah hidup itu timbul karena adanya kemauan dan tekad untuk mencapai tingkat kepuasan terhadap apa yang ingin dikerjakan.Kadang kalau kualitas dari apa yang saya kerjakan kurang begitu maksimal justru tekad dan semangat ini jadi membara untuk mencapai tingkat hasil yang lebih dan maksimal πŸ™‚

  2. Pekerjaan yang bisa menumbuhkan “gairah”

    mmm … bicara di depan kelas …
    dan … bermusik …

    Salam saya Bu Evi

  3. Salut atas tekad yang luar biasa dalam memanfaatkan waktu sehari menulis satu folio untuk novelnya, ini jelas bukan pekerjaan yang gampang karena membutuhkan tekad dan semangat untuk lebih baik dalam mengisi hari.

    setahun lalu, beberapa kali saya bisa membuat tulisan dalam bentuk cerita fiksi dan saya merasakan saat itu gampang saja membuatnya, sehingga dihasilkan tulisan yagn terkesan tidak menggurui karena seolah realita meski dalam bentuk fiksi. Dan yang saya herankan sampai detik ini, kenapa setahun terakhir jalan membuat cerita fiksi seolah buntu, yang pada akhirnya terlahir tulisan-tulisan yang berbeda dari sebelumya apalagi di blog saya yang di WP. Ternyata saya merasa terjebak dalam sebuah konsep dan idealisme dalam menulis. Ya semua kebanyakan terpengaruh dari suasana hati dan kejiwaan saya. Ketika gairah hidup terletup penuh dengan kesadaran diri, ternyata menulis menjadi mengalir. Dan ketika saya terjebak dalam kubangan idealisme, maka kemampuan menulis saya menjadi pudar dan itu yang sedang saya alami akhir-akhir ini.
    Masih butuh muhasabah diri untuk memantik percikan api gairah hidup dan gairah menulis.
    #wah komeng saya kok malah curhat nih ya Bu hhh

  4. ihiiyy ada yang begadang nulis novel.. πŸ˜›

    ayo uni, memberi tantangan pada diri akan menumbuhkan semangat kembali
    novel yang 10 tahun tak selesai itu, akan segera bertemu endingnya..!

  5. Apakah yang bisa membuat kita terus memelihara gairah hidup itu? Ini yang sulit menemukannya, banyak sekali variabel bisa disebutkan.
    Salut deh tekad menulis sehalaman folio tiap malam. Saya udah setahun gak update blog, hiks.

  6. Klo aku kuncinya… memelihara excitement!!
    orang2 kan kebanyakan memandang hidup sebagai rutinitas.. tp klo kita selalu merasa excitement atas hidup yang kita jalani *walau cuma hal kecil seperti makan & minum, lihat awan yang bagis*, hidup akan selalu terasa menggairahkan..

  7. Waaaah lagi nulis novel toh Kak? Alasannya ke suami keren ya, secara beliau orang yang terdekat (baca: sekamar) hehehe
    Moga lancar yah novelnya πŸ™‚

  8. Salah satu sebab mood down karena kenyataan yang tidak sesuai dengan apa yang kita ingini. maka satu caranya ya kita tekankan satu prinsip di dirikita bahwa tidak semua yang kita ingini itu baik adanya dan mesti terwujud.
    tapi kalo soal kegiatan yang bikin gairah hidupku ya…memancing!! hahahaha….

  9. Karena sesuatu dan lain hal kegairahan hidup itu bisa menurun ya jeng. Oleh karena itu tips ini sangat bermanfaat agar hidup menjadi mekar berseri lagi.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

  10. gairah hidup saya kini ingin mengembalikan semangat nulis yg udah dua pekan hilang yg gak ngerti kok bisa begitu. Apa ini kumat males saya timbul kali ya hehe, eh tp gak tau ding πŸ˜€

  11. bagi saya keluarga tentunya bu Ev, selain itu hobby juga bisa menumbuhkan gairah hidup…

    saya bantu doa dari jauh Bu, semoga vovelnya cepat rampung…

  12. Terima kasih Uni Evi, postingan yang menjadi energi jiwa. Tinggal selangkah lagi Uni Evi novel karya kelar, dakupun menunggu dengan pasti. Salam

  13. Saya yakin gairah itu tidak selamanya memanas..nah tips ini saya kira cukup memanaskan kembali gairah yang menurun….terima kasih mbak…ngomong tengtang novel, bener tuh kata mbak..kalau kita sibuk memikirkan isinya yang menarik…alamat novelnya ngak selesai-selesai..mendingan dinikmati pelan2 hingga cetak birunya selesai. Nah…untuk sang Suami xixixixixi dasar itulah saya pindahkan pc mbak…nulisnya di ruang keluarga…kalau di kamar istri komplain terus..minta lampu dimatikan atau…ehem..narik2 tangan kwkwkwkwk

  14. Saya sangat bahagia saat jalan-jalan dan bertemu kawan2, apalagi kawan jauh πŸ™‚
    Semoga proses novelnya segera kelar. Ehm, saya malah belum memulai apa2 untuk sebuah novel πŸ˜€

  15. Pekerjaan yang menumbuhkan gairah hidup……. apa ya…. banyak sih.
    Ngoceh di depan kelas itu sangat menggairahkan dan bikin hari penuh semangat.
    Jalan-jalan ke toko buku itu bikin semangat buat ngumpulin duit biar bisa beli buku yang buanyyaaak
    Main sama anak-anak, ngerasa banget kalau mereka butuh kita
    de el el

  16. diriku banyak maunya… itu sebenarnya sudah membuat gairah hidupku naik terus.. belajar hal hal yang baru dan tidak jelas nantinya untuk apa… itu juga bisa menambah gairah.

  17. gairah hidup adalah mendapatkan penghasilan, kegembiraan dan pengembangan diri…usahakan mendapatkan ketiganya..kalu hanya satu maka yang terjadi adalah kebodohan,,,,aku suka tulisanmu

  18. saya bergairah saat menatap catatn tujuan hidup saya πŸ™‚ saya harus bisa berusaha mencapainya agar hidup ini bisa terasa ‘sempurna’ πŸ™‚
    =============
    Amin. Semoga Allah mengabulkan dan seluruh alam semesta mengaminkan Mbak πŸ™‚

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?