Cerita Anak SMA : Mengantuk di Kelas

Mengantuk di kelas

Sedang tak punya ide  posting, jadi mari kita teruskan cerita anak sma, kali ini tentang mengantuk di kelas 🙂

Apakah teman-teman seperti saya, sering merasa tak mengerti mengapa harus mempelajari suatu mata pelajaran?

Nah ketika SMA dulu saya paling benci pada pelajaran PMP. Muak mendengar cerita tentang UUD 45 dan pasal-pasal yang ada di dalamnya.  Pancasila dengan ke-5 silanya, bagi saya adalah satu momok. Contohnya, setelah mendapat mata pelajaran agama, saya tak melihat pentingnya mengetahui bahwa sila pertama dari Pancasila adalah ketuhanan yang maha esa. Toh dalam undang-undang sudah di tetapkan bahwa seluruh warga negara Indonesia harus beragama, apapun yang mereka pilih, pokoknya harus memilih salah satu dari lima agama dan kepercayaan yang disediakan negara. Ngapain lagi coba tiap minggu membahas kajian yang berkonotasi sama. Kan mending main di luar melihat bunga dan kupu-kupu terbang.

Maka tak tertolong lagi tiap pelajaran PMP otak saya macet. Suhu tubuh menurun dan kepala kurang oksigen. Efeknya, setelah menguap berkali-kali, syaraf kelopak mata kehilangan tenaga penyangga.

Kalau sudah mengantuk begini penderitaan pun muncul . Tak boleh kelihatan oleh guru karena pasti dimarahi dan dibikin malu dengan menyuruh cuci muka ke luar yang diikuti suit-suit dari teman-teman jahil. Pokoknya ketahuan mengantuk bukan lah sesuatu yang diinginkan murid dimana saja.

Biasanya saya mencari pertolongan dengan makan permen pedas. Diam-diam tentu saja. Tapi sering tak membantu. Atau meletakan muka keatas meja beberapa detik. Hanya 5-10 detik. Setelah itu mengangkat kepala lagi dengan pura-pura menulis atau menekur diatas buku catatan. Ritual ini di ulang beberapa kali. Yang beginian seringnya juga tak membantu. Di kondisi ini suara guru di depan kelas hilang timbul di bawa angin. Ketika seluruh  syaraf tak berdaya. pernah saya terkena lemparan kapur. Maluuuu banget!

Dari cerita ini teman-teman pasti sudah menduga dong ya, bagaimana nasib nilai PMP saya di raport. Menurut temans perlu kah kita belajar PMP selama 12 tahun terus di tambah satu semester dalam kewiraan saat kuliah?

Salam,

28 thoughts on “Cerita Anak SMA : Mengantuk di Kelas

  1. Whoaaaa…
    ternyataaaa…mba Evi jaman sekolahnya bandel yaaaaah…hihihi…

    etapi aku juga jaman sekolah sering ngantuk di kelas lho mba…
    dan Alhamdulillah,…
    sampai sekarang pelajaran PMP gak ada yang nyangkut sedikitpun di otak ku…hihihi…

    1. Hehe..syukurlah aku punya teman, Bi. Gak msk akal aja ngapalin sesuatu yg tertulis di buku. Buat apa? Lah nanti kalau butuh kita bisa melihatnya di buku kok. Menghapal itu gak merangsang pikiran, mematikan imajinasi, gak ada guna itu. Makanya syaraf kita langsung nutup ya…

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Selamat berpuasa dan berbuka dengan cerianya hari ini. Kalau di Malaysia, hari ini masuk hari ke-9 puasa, mbak. Di sana hari ke berapa ya ?

    Hehehe… senang menelusuri aktivitas mbak semasa di SMA dulu. Emangnya mbak suka ngantuk dalam kelas ya kalau ngak suka dengan subjek yang diajar atau guru yang mengajar.

    Saya juga demikian sama mbak, terutama subjek kimia dan fizik. Selalu saya menangis dan membuat mata saya mengantuk untuk lari dari mendengar pelajaran yang tidak saya fahami. lalu markah saya juga selalu menurun untuk mata pelajaran ini.

    Selalu ada kenangan buat kita di zaman sekolah dulu. Kini tinggal nastolgia yang melucukan.
    Salam Ramdhan buat mbak Evi dari Sarikei, Sarawak. 😀

    1. Walaaikumsalam Mbak Siti 🙂
      Kalau gak salah di Serpong hari ini puasa yang ke-9 pula. Alhamdulillah disini selalu ceria Mbak, Insya Allah di Sarikei juga ya..

      Ya begitu lah Mbak, pelajaran tak menarik dan guru yang ngebosanin bikin kita ngantuk di kelas..Sebetulnya saya gak cuma ngantuk di PMP, tapi juga di fisika dan kemia Mbak Siti hahahah..Lupa saya pelajaran apa yah yang paling menarik di SMA…

      Namun yah, kenangan gak enak jamun dulu, kalau diingat sekarang jadi manis dan lucu ya Mbak. Selamat berbuka untuk Sarikei …)

  3. Saya ngantuknya gak pilih2. Apapun pelajarannya, tetep bisa ngantuk 😀

    Pelajaran PMP/PPKn/PKn menurut saya masih penting. Tapi, ya, jangan cuma teori hapalan saja, melainkan untuk menumbuhkan budi pekerti dan menanamkan nasionalisme murid.

  4. wah mbak evi….saya tuh ga pernah yang namanya ngantuk….kalau bosen saya minta izin ke toilet dan kalau gurunya cuek….kembalinya menjelang bel tanda ganti mata pelajaran….hahahahaha *jangan dicontoh yah*

    1. Oh..tampak manis ya Om..Hehehe..senang banget. Berarti cinta dalam dada untuk Adit membayang keluar sebab dengan meminjam foto2nya dia buat ilustrasi blog ini terbaca jadi manis,,,Makasih ya Om…

      1. nah kan, om Nh juga suka watermark tsb.
        memang manis sekali, uni.. 🙂

        #ini komeng sambil menguap dan lapar.. 😛

        #waktu sekolah, aku lebih bisa tahan kantuk drpd tahan lapar.. krn perutku ribut banget keroncongan, malu sama teman kiri dan kanan.

        1. Terima kasih Amay dan Oom NH. Kalau gitu aku akan sering2 pakai foto Adit nanti untuk ilustrasi tulisan di blog..Banyak foto dia yang menarik 🙂 Hahaha..Perutnya kayak dipasangi speaker ya May..Aku juga suka begitu, bikin mariangik orang …

  5. kalau dulu aku sering’a narik meja temen yang sedang tidur malah mba di kelas,mpe jatuh yang tidur,hehehe
    soalnya ini trik biar melek dikelas,walaupun agak jahil 😀

    1. Temannya marah gak digitukan Mas Andy? Kalau ngejahilin orang apa lagi orangnya gak marah seru ya..Yang ngantuk juga pasti langsung melotot..

  6. perlu ga perlu….. kalau sampe ketiduran artinya tidak perlu… hehehe tapi yang nyimak dengan baik artinya masih perlu… jadi sekolah ya tergantung minat aja ya…

    1. Sebaiknya begitu Mas..Sekolah kejuruan sejak awal lebih baik..ketimbang menyiksa kita dengan terlalu banyak pelajaran yg hasilnya nanti gak jelas untuk apa…Utk membangkitkan nasionalisme mah mestinya banyak cara lain yang lebih kreatif…

  7. kayaknya hampir semua dari kita deh, kalau pelajaran PMP, pada ngantuk….hahaha….
    kenapa yaaaa……… mbosenin kali ya Vi… 😀
    salam

  8. seinget saya,saya belum pernah tertidur di kelas ya… dan yang pasti di ingat terus sering bolos hehe… soal pelajaran pmp udah pada lupa bu Ev…

  9. makan permen pedas kayak permen jahe ya mbak 🙂
    aku juga sering ngantuk dulu mbak, kayaknya juga dipelajaran PMP 😀

    guru sekarang apa masih berani ya mbak melempar muridnya dengan kapur ?

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?