Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013

Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 : Sebuah Catatan

Tjut Nya Dien, Dewi Sartika, Rohana Kudus, atau Rasuna Said mungkin tak pernah membayangkan bahwa suatu hari  kaum mereka ada yang mengaku sebagai blogger. Entah blogger serius atau sekedar menyalurkan hobby. Yang jelas dunia yang terus mengecil ini telah membuka pintu bagi perempuan untuk berkiprad dalam segala bidang.Ngeblog atau menulis di dunia maya salah satunya.

Bahwa berjuang atau memberi arti pada kehidupan tak harus terjun ke medan perang dalam artian seperti yang dilakukan para pahlawan perempuan di atas. Karena medan itu kini bisa dipindahkan ke rumah bahkan ke kamar tidur kita. Yang diperlukan hanya koneksi internet dan sebuah komputer.

Begitu lah! Dengan blog tiba-tiba mengaktualisasikan diri sekarang jadi perkara mudah. Tanpa harus selalu ke luar dari ruang feminisme publik maupun domestik, kita bisa berbuat sesuatu bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Misalnya sambil bekerja di kantor, mengurus rumah tangga, momong anak, ada sebuah platform cerdik yang siap digunakan. Membangun bisnis atau personal branding, blog bisa jadi senjata ampuh. Atau menyampaikan ide  yang dirasa baik bagi masyarakat, mengapa tak lewat blog saja? Atau menjadi story teller tentang budaya atau pariwisata negeri sendiri, mengapa tidak?

Dengan menulis di blog tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi atau menceritakan kembali budaya yang pernah dilihat atau ketahui akan berefek berantai. Yang belum tahu akan tahu. Yang sudah tahu akan bercerita kepada kerabatnya. Cara itu akan membantu membangkit kesadaran bertanah air kita yang berujung akan semakin mencintainya..

Kumpulan Emak2 Blogger (KEB)

Tersebut lah seorang emak blogger bernama Mira Sahid. Bersama teman-teman yang salah satunya Mak Indah Juli berinsiatif membidani kelahiran komunitas blogger yang seluruh angggotanya perempuan. Walaupun tak semua anggota telah jadi emak, agar terdengar akbrab mereka memberi nama komunitas tersebut dengan Kumpulan  Emak2 Blogger (KEB).

Ide yang cerdas menurut saya. Menyatukan perempuan dalam satu minat seperti penulis blog bisa jadi sebuah wadah kekuatan. Wadah yang bisa digunakan mengembangkan diri lebih lanjut atau dijadikan pusat informasi.Saya walau sudah lama ngeblog tapi gaul dengan sesama blogger sejak bergabung di KEB yang sering mengundang anggotanya membuat acara bersama.

Memang Internet membuat dunia jadi kecil. Namun apa lah artinya jika manusia di dalam dunia kecil itu tak saling terhubung. Maka bernetworking dalam komunitas yang sesuai dengan minat  bisa jadi sebuah keuntungan. Terutama dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Saya belum lama bergabung di KEB. Tapi sudah beberapa kali mengikuti kegiatan mereka. Offline maupun online!  Jika teman punya blog dan ingin merasakan gayupnya persahabatan sesama blogger coba  deh bergabung dengan KEB. Disini banyak kegiatan yang akan mengakomodasi hobby menulis. Seperti kursus cara menulis blog yang baik, even bisnis maupun sosial. KEB Pernah pula membuat workshop proses editing. Untuk semua kursus itu di lakukan secara online melalui sebuah grup tertutup di Facebook. Jadi teman-teman yang berada di luar Jakarta atau di belahan bumi manapun bisa mengikutinya.

Emak-emak cantik yang dadakan jadi model

Acer Srikandi Blogger 2013

Yang teranyar dari kegiatan KEB adalah Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013. Memberi appresiasi atas pengabdian kaum ibu terhadap dunia blogging. Dalam proses awal terjaring 50 orang blogger dari ratusan pendaftar. Nah dari 50 itu kemudian diciutkan jadi 10 nominator. Nah yang terpilih sebagai Acer Srikandi 2013 adalah  Alaika Abdullah, emak lembut dan cerdas asal Aceh.

Acara keren ini berlangsung 28 Maret lalu di Jakarta. Dikerjakan seluruhnya oleh KEB. Heran deh mereka yang notabene masih direcoki urusan rumah tangga dapat melangsungkan acara tersebut dengan profesional.

Bahwa Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 ini bukan even ecek-ecek terlihat dari pendukungnya. Brand ternama yang akrab dengan emak-emak blogger bertebaran dalam acara Acer Srikandi Blogger kemarin. Emak dunia digital tentu butuh komputer, laptop atau tablet untuk mendukung aktivitas blogging mereka. Maka Acer tampil untuk disentuh-sentuh oleh tangan-tangan cantik. Begitupun habis update blog keingatan cucian kotor, dari sanalah Rinso masuk adegan. Dan perhatikan para bidadari yang naik panggung. Tak ada yang tak cantik hari itu. Itu semua berkat Wardah Cosmetics,  saudara-saudara!

@eviindrawanto

21 thoughts on “Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013

  1. tulisan Mba Evi emang selalu keren, pemilihan kata dan rangkai kalimatnya sungguh ku suka banget! Trims for the post, Mak! 🙂
    ————-
    Hehehe..Senang sekali dapat pujian dari Srikandi Blogger 2013. Terima kasih juga Mak Alaika 🙂

  2. Mantab,,semoga srikandi blogger semalkin maju dan good luck!!
    ————–
    Amin. Terima kasih 🙂

  3. Mantep…sampe ketemu dinext event yo mak
    ————
    Iyo Mak, sampai ketemu di even selanjutnya 🙂

  4. Wah kita ga sempet foto brg yah Mba kmren itu, smoga nti bs ktm an lg yah trs foto2 hihihi
    ————–
    Iya ni Mbak Ye, mesti dibikin pertemuan ulang untuk foto2 🙂

  5. Ya …
    Event ini sangat saya pujikan …
    dan deretan sponsor yang turut mendukung acara ini … turut melegitimasikan bahwa KEB adalah kelompok yang sangat patut untuk diperhitungkan pengaruhnya …

    salam saya Bu Evi
    ————

    Amin. Kian ke muka kita harap pengaruhnya lebih baik lagi ya Om

  6. Acara yang inspiratis dan dapat memacu kreatifitas kebersamaan dalam mengarahkan sebuah hasil karya para blogger wanita untuk kemajuan kaumnya. Sukses untuk semuanya.

    Salam wisata
    ————
    Salam wisata Pak Indra. Jadi emak gak berarti berhenti jadi perempuan kreatif ya

  7. iyo uni, , jangankan encik Rasuna Said dan Rohana Kudus.. amay ini aja gak pernah kebayang bakal ada komunitas blogger perempuan keren semacam ini.. jempol buat founder dan semua anggotanya.
    —————–

      Kemajuan peradaban kita sangat cepat berkat bantuan teknologi ya May
  8. Kiprah kaum perempuan yang trengginas bak srikandi, luwes sekaligus taktis. Apresiasi tuk makpon, makpan, juga postingan Uni Evi ini yang menginspirasi pembacanya tuk selalu menulis. Salam
    ————
    Menulis itu bisa digunakan sebagai satu cara dlm mengapresiasi hidup ya Mbak Prih. JAdi mari kita menulis, gak usah perdulikan medianya 🙂

  9. Emak-emak aja begitu giatnya ngeblok…masak yang muda-muda kalah….ayo…semakin giat ngeblog..
    ———–
    Iya pemuda-pemudi Indonesia. AMbil gadgetmu mari kita mulai menulis. Makasih Pak Amin 🙂

  10. Mbak Evi luar biasa tulisannya. jadi malu berdekatan nih, terlihat jauh beda kelasnya 🙂
    ————
    AIiihhh…Mbak Ika, bikin aku makan tak enak, tidur tak nyenyak ini 🙂

  11. KEB kubilang pesat banget perkembangannya, baru satu tahun tapi punya kegiatan keren
    ———————
    Iya, itu pasti tak lepas dari semangat para emaks yg berada di belakang komunitas ini Mbak Mon 🙂

  12. acaranya meriah banget ya bu. Meski KEB belum lama, tapi efeknya sudah terasa. semoga KEB semakin maju …
    ——————
    Meriah dan seru Mas. Aku jadi gak ingat umur deh berkumpul dengan para ibu muda hahaha…

  13. kapan ya dibentuk Kumpulan Bapak2 Blogger (KBB)
    ———–
    Bikin Mas Yudhi..Seru kali kalau ada KBB hehehe..Jadi bisa saling mendukung kalau ada acara

  14. Kreeeen top punya pokoknya.
    Emak-emak bisa buat acara seperti ini, apalagi dengan di dukung oleh brand brand terkenal sekelas acer.
    Saluttt Uni… 🙂
    ———–
    Yang ngumpul dalam KEB kayaknya emang emak-emak top Pakded hehehe…

  15. Kak, ini bukan ikutan lomba kan? DL-nya tanggal 14, entah kenapa saya belum bikin2 sampai sekarang. Baru ngecek pengumuman lagi … eh sudah lewat DL-nya 🙂
    =====
    Tadinya mau diikutkan lomba Niar. Tapi karena satu dan lain hal, sampai dl aku gak sempat posting:)

  16. Wah… keren ini KEB…
    dah sering lihat logonya di blog tapi baru ngeh sekarang… 😀
    hebat mba..

  17. Ada kesamaan antara wanita dan tulisan, yakni sama-sama memiliki power dalam mempengaruhi pendapat umum he he.. Salut sama Emak-emak blogger..

  18. Waaaaaah, senengnya lihat kaum perempuan begitu pandai mengatur waktu dan mengaktualisasikan diri, mbak!
    Salut buat semuanya.
    Mudah-mudahan silaturahmi ini senantiasa terjalin indah dan bermakna bagi sesama.
    Amiiiin.

Comments are closed.