Kopi Tubruk Specialty Grade 1

Kopi tubruk specialty grade 1 kini tersedia dalam kemasan sachet? Untuk saya yang selalu ketinggalan info ini sesuatu yang baru. Selama ini berpikir bahwa kopi kualitas nomor satu akan diikuti  kualitas berikutnya. Seperti pangsanya warga premium, distribusinya di tempat khusus dan harganya mahal. Jadi tentu saja tidak di sachet tapi di kemas sesuai kualitasnya.

kopi tubruk specialty grade 1

Specialty coffee  memiliki cita rasa dan aroma, terbaik dan khas yang dipengaruhi oleh lingkungan tumbuhnya.  Titik acunya mengikuti standar internasional SCAA (Specialty Coffee Association of America). Dan tentu saja kopi jenis ini sangat diminati dunia internasional. Maka tak heran harganya jadi mahal  dan produsen lebih suka mengekspor kopi specialty grade 1 ke luar negeri. Sementara untuk mengisi pasar umum dalam negeri yang besar cukup dengan kopi grade 3 atau 4.

Pengetahuan tentang perkopian ini saya dapat saat menghadiri peluncuran JJ Royal Coffee, Kopi Tubruk Specialty Grade 1 dalam sachet oleh PT JJ Multi Utama Indonesia. Walau mengaku sebagai penikmat kopi, saya tidak begitu update isu yang berkembang dalam minuman berkarakter ini. Memang pernah membaca bahwa Indonesia merupakan negara ke-3 terbaik sebagai penghasil kopi bermutu. Namun saya tidak pernah menghubungkan fakta itu dengan kualitas kopi yang saya minum. Dari pembicaraan Dewi Lestari dan Dr.Ir. Ade Wachjar sebagai nara sumber dalam acara itu, baru ngeh ternyata  kopi yang saya minum selama ini bisa disebut abal-abal. Karena sebagian besar biji kopi terbaik kita dijual ke luar dan saya tak mampu beli yang mahal jadi yah terpaksa cuma menikmati grade di bawahnya.

Cerita itu membuat membangkitkan kenangan padagula-aren/” target=”_blank”> kisah melayu kopi daun yang pernah terjadi di Minangkabau. Rakyat yang tidak diijinkan Belanda menggunakan biji kopi beralih memasak daun kopi sebagai ganti ngopi. Biji kopi yang mereka tanam sendiri, diatas tanah moyang sendiri tapi tak diijinkan dinikmati? Fatal kan nasibnya!

Coffee cupping. Kita juga diajar menganalisa kopi dari bau dan rasa dari kopi yang baru saja diseduh

Kopi Tubruk Specialty Grade 1

Bahwa rakyat Indonesia juga berhak menimati kopi terbaik, itu yang coba diusung  oleh JJ Royal Coffee dengan Kopi Tubruk Specialty Grade 1 ini. Sayang kan kalau kopi yang sudah lama dikenal oleh konsumen elite di negara-negara Eropa, Amerika dan China tidak bisa dinikmati rakyat sendiri?  Maka JJ Royal Coffee mengemas Kopi Tubruk Specialty Grade 1 untuk para penikmat kopi. Agar rakyat Indonesia juga ikut merasakan kopi terbaik hasil alam sendiri harganya cuma dipatok Rp. 2.500/sachet.

Murah bukan?

Lantas mengapa kopi tubruk? Karena cara menikmati kopi paling dikenal di Indonesia adalah dengan menyeduh kopi bersama ampasnya kemudian diaduk bersama <a href=”http://eviindrawanto.com/2013/09/sejarah-rasa-manis/” title=”” rel=”follow” “>gula.Cara minum kopi seperti ini juga yang saya ingat di lakukan kaum lelaki di lapau kopi di kampung saya. Kakek dan bapak saya mengopi juga dengan cara ini. Kadang agar dingin lebih cepat kopinya dituang ke piring kecil yang berfungsi sebagai alas gelas. Terus ditiup-tiup baru deh slurrruppp…

Biji kopi terbaik dari tanah Nusantara

Manfaat Minum Kopi

Kopi jika dikonsumsi secara moderat, 1-2 cangkir sehari, memilik banyak manfaat bagi kesehatan. Pak Ade Wachjar mengutip penelitian di Havard dan Italia bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko diabetes. Tapi tentu jika kopinya tidak diberi <a href=”http://eviindrawanto.com/2013/09/sejarah-rasa-manis/” title=”” rel=”follow” “>gula berlebihan ya. Atau gunakan saja arenga palm sugar (teteup :)).

Selain itu kopi berpotensi menurunkan resiko kanker kolon, sirosis hati dan hepatocelullar carcinoma (HCC). Kopi juga mampu mengurangi batu empedu, menurunkan resiko serangan jantung, mengurangi efek negatif merokok, penawar sakit kepala, mencegah gigi berlubang, meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan kantuk dan mengatasi sembelit perut.

Nah yang saya suka bahwa salah satu manfaat kopi adalah sebagai obat awet muda. Maklum kopi selain mengandung cafein, anti oksidannya juga tinggi.

Kopi anyone?

@eviindrawanto

43 thoughts on “Kopi Tubruk Specialty Grade 1

  1. parahnya, aq minum kopi/g teteup aja ngantuk #bukanpecintakopi 😀
    ————–
    Bearti cafein tak cukup kuat menundukanmu Mbak Jiah 🙂

  2. humm/.. coffee~ <3
    rada ragu juga benernya.. apa emang beneran grade 1? karena menurutku memang kebanyakan kopi yang dijual itu nggak nikmat, dilidah saya 😛 jadi saya sering beli biji kopi sendiri di pasar, dan memasaknya sendiri.. tapi urusan itu, misua yang ngolah..

    hehehe.. bakalan dicoba degh kopinya ^^
    thx reviewnya dan salam kenal ya, mbak…
    ================
    Kalau mengolah sendiri dari biji kopi pilihan pasti gak diragukan lagi mutu kopinya Mbak Tutut..Menurutku keren deh kalau kita bisa meracik kopi sendiri.Salam kenal kembali Mbak Tutut. Terima kasih sudah mampir 🙂

  3. saya kalau habis menikmati secangkir kopi..segera saja muncul rasa ngantukku yang luarbiasa 🙂
    ===============
    Loh kok kebalik dengan sebagian besar peminum kopi ya Pak Hari, mereka melek Pak Hari ngantuk. Jangan-jangan cafein sudah gak mempen ya Pak

  4. Wuiiihhh… kopi emang banyak ceritanya ya. tapi sayang saya bukan penggemar kopi 🙁
    sekalinya minum kopi langsung mules, badan pegel-pegel, abis itu ga bisa tidur semaleman.. hiks :'(
    ===============
    Seribu satu cerita datang dari dunia kopi. Kerja keras, air mata, jalur distribusi yang panjang merupakan cerita perjalanan kopi hingga masuk ke dalam cangkir para penikmatinya..
    Masih sensi terhadap cafein ya Mbak..:)

    1. kalau boleh saran ya mbak, kopinya diseduh dengan air yang mendidih.. diamkan sekitar 10-15 detik, baru diaduk. aduknya jangan sebentar.. agak lama.. kalau bisa sambil ngomong2..

      atau, rebus kopinya bersama air.. itu lebih oke rasanya… gulanya juga ikutan direbus, jika memang ingin manis..

      selain itu hindari kopi instant, mbak..
      kopi instant banyak bahan X yang mengakibatkan efek begitu. saya pada awalnya juga begitu. hingga akhirnya beralih ke kopi tubruk. dan sekarang nggak pernah sensi lagi ^^
      —————-
      Dalam coffee cuping memang kita diajarkan untuk tidak langsung mengaduk kopi yang baru diseduh..Dan saya sudah mempraktekannya di rumah..Sebelum diaduk, ampas kopi tak sibak sedikit untuk mencium aroma kopi yang ternyata emang lebih aduhai…:)

      Untung saya tak begitu sering minum kopi instant. Makasih atas infonya Mbak Tutut..:)

  5. Sejak kecil saya selalu diceritakan orang tua (Ibu) bahwa kopi atau teh yang kita minum sekarang ini mempunyai mutu yang paling rendah, sedangkan yang terbaik selalu dikirim untuk konsumsi orang luar.
    Menyedihkan, kadang-kadang saya berfikir “emang kita ga mampu belinya ?”
    ===================
    Adalah kenyataan, produk yang baik harganya relatif lebih mahal Pakded..Dan yang mampu membeli untuk produk mahal biasanya segelintir orang saja. Jadi deh kebiasaan pengusaha kita, bahwa hasil alam2 yg bagus2 di jual ke luar negeri karena harga lebih mahal..:)

  6. Kopi Memang Enak di waktu Pagi dan malam… ditambah susu atau krimer, kalau Kopi Tubruk sejarahnya gimana yah?

    😀
    ===============
    Nah kalau sejarah kopi tuburuk belum aku dalami Pak Selamet…Ada sih di kasih materinya sedikit..tapi belum aku baca 🙂

  7. Saya dulu suka banget sama kopi, tapi setelah kena maag berhenti total
    Untung saja sebelum berhenti total sempat ngrasain kopi luwak asli yag secangkir aja harganya bisa buat beli beras 10 kg wkwk
    ============
    Aku juga pernah mencoba minum kopi luwek..namun otakku suka gak beres kasih signalnya Mbak Esti..Kenikmatan kopi luwak asli dia rubah jadi perasaan jijik saat ingat prosesingnya hahaha..

  8. kopi merupakan salah satu cara seseorang dalam menikmati indahnya pagi dengan hidangan gorengan dan kopi tubruk maka serasa indah pula dunia ini
    ================
    Kopi dan gorengan di pagi hari..Bikin semarak sepanjang hari 🙂

  9. wah sumpeh saya baru tahu mbak Evi kalau ternyata kopi yang biasa kita minum itu kebanyakan jenis abal-abal..

    Hmmm kopi jenis abal-abal saja udah begitu nikmatnya ya, bagaimana halnya dengan kopi kelas dunia..

    Ayoooo.. kembalikan hak rakyat untuk meminum kopi yang berkualitas hehehe

    1. Nah karena mutu kopi kita emang terbaik, maka kopi yg sudah dicampurpun terasa enak Mas..Atau mungkin kita gak perlu asli-asli banget, secara yg abal-abal saja sudah enak hehehehe..

  10. Saya tau kopi ini baru dari tv, tapi saya belum pernah mencicipinya 😀
    Maklum, kopi biasanya saya nikmati cenderung hanya untuk mengusir kantuk 🙂

    1. Memanfaatkan kopi hanya dalam mengambil manfaat utamanya, yakni cafein ya Mbak Akin. Saya juga suka begitu ngantuk atau tak sedang bersemangat nyari kopi dah..:)

    1. Jadi kopi terbaik dijual ke luar bukan sekedar isu Mbak Melly..Tapi kalau melihat gambaran besarnya, umumnya mutu terbaik dari produk Indonesia emang dijual untuk export, karena standar mutu yg dikehendaki pasar luar emang tinggi..:)

  11. waktu kecil saya suka minum kopi, semakin kesini, tubuhlah yang membuat saya membatasi minum kopi.. hu.hu.hu…
    eh, ada Andra and the backbone, jadi peluncuran yang sempurna deh … *salahfokus … 😀

    1. Nah itu dia Mas, lagu tentang main hatinya juga bikin aku salah fokus kemarin..kopi,cinta dan hati itu kayaknya klop hehehe…

  12. saya sdh mulai minum kopi nih mbak, sebelumnya enggak 🙂

    mbak Evi mau tanya, gimana ya carany aagar kl saya mau komentar di sini nggak hrs nulis data data lagi ? 🙄

    1. Waduh Mbak El..aku minta maaf selalu menyulitkanmu mampir keseni. Sekarang keharusan untuk memasukan data-data sudah aku hapus kok. Cuma karena blogku dapat gempuran spam begitu dahsyat kemarin, aku hanya memoderasi komentar baru. Sementara teman-teman yg sudah pernah komen disini tak aku moderasi sama sekali. Mestinya Mbak El termasuk teman yang tidak termoderasi…

      Nanti aku cari tahu lagi Mbak El..Apa sebabnya dirimu didiskriminasi oleh sistem blog ini..Padahal aku tak melakukannya . Makasih atas pemberi tahuannya ya Mbak 🙂

      1. aku jg minta maaf mbak, krn suka ngeluh …. rasanya selama ini belum pernah lho mbak aku ngak nulis data data dulu sebelum berkomentar jd kupikir mungkin dr pihakku yg salah atau bgmn ya agar nggak hrs nulis komen lagi jadi sejak dr blog lama dan blog baru sama mbak, hrs nulis data terus , sptnya cuma aku saja ya mbak yg punya masalah ini, makanya mungkin ada yg hrs saya otak atik kali ya ?
        maaf jg mbak Evi, saya sering mundur nggak jadi komen krn hrs nulis data data , jd termasuk jarang komen saya di sini ya mbak

  13. sudah lama lihat iklannya.. tapi baru tahu kalau value perusahaannya supaya orang indonesia juga bisa coba kopi grade no 1, ya… boleh nih di coba kopi ini… terima kasih infonya…

    1. Ngambil sudut valuenya itu pintar ya Mas Bro…Minum kopi terbaik dari tanah air sendiri, yg mestinya sudah lama kita lakukan 🙂

  14. saya bukan tergolong penikmat kopi, sekedar doyan aja. Bagi lidah saya, rasa kopi itu cuma dua, pahit karena gulanya dikit, ama manis karena gulanya banyak 🙂

  15. aku jg peminum kopi abal2 tante, sehari satu cangkir. kalo ga ngopi keknya ada yg kurang. beberapa kali ditraktir kopi beneran yg mahal ituh, aseli ga bisa tidur huahahaha

    1. Kopi asli dan mahal itu membuat jantungku gak kuat Teh. Kebisaan minum kopi campuran jagung kali ya, begitu minum kopi asli lantas deh membuat jantung berdebar-debar 🙂

  16. kadang suka pengen ikut2an minum kopi juga.. tapinya karna dasarnya biasa aja, jadi suka lupa kalo dirumah ada kopi 😀

    1. Seperti susu di rumah saya, Mbak Lia. Pengen banget rajin minum susu biar tulangnya kuat eh malah keseringan susunya busuk di kaleng hehehe

  17. iya, uni.. para peminum kopi dan teh yang rutin biasanya tahan terhadap gigi berlubang, paling hanya ada noda hitam pada gigi yang lumayan sulit dihilangkan apalagi jika dibiarkan bertahun-tahun.

    selama ini aku minumnya kopi abal-abal juga.. belum bisa membedakan rasa secara kualitas kecuali harganya. 😛

    1. Ini testimoni dari dokter gigi, nah benar ya May, minum kopi secara teraturu mencegah gigi berlubang. Sampai setua ini belum satupun gigiku yg berlubang May, tapi ini sih rasanya bukan dari kopi..Sebab kebiasaan ngopiku baru beberapa tahun di belakang, saat stress menghadapi kerjaan dan cari alternatif lain penghilang sakit kepala saat menstruasi…

      Untuk kopi abal-abal, toss ah..:)

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?