(Review) Hotel Keluarga di Bandung ya Sweet Karina

hotel keluarga di bandung, sweet karina hotel
Suite Room Sweet Karina Hotel

Jalan-jalan ke Bandung bersama keluarga jadi sebuah alternatif yang menyenangkan selama akhir pekan atau pada  libur lainnya. Apalagi semakin kesini destinasi wisata Bandung terus saja bertambah. Entah wisata alam, budaya maupun theme park, bertebaran bak cendawan di musim semi #eh. Mengarah agak keluar dari Kota Bandung  ada Kampung Gajah, Tebing Keraton, Lembang, Tangkuban Perahu atau Kawah Putih. Dengan maraknya keragaman destinasi ini  tentu saja menarik wisatawan datang berulang kali. Apa lagi secara geografis letaknya tepat di jantung Jawa Barat. Dekat dari Jabodetabek dan kota-kota yang tak kalah menarik seperti Garut, Tasik Malaya, maupun Cirebon. 

Sweet Karina, Hotel Keluarga di Bandung

Tapi bagaimana dengan penginapan?  Berwisata bersama keluarga pemilihan penginapan haruslah jadi prioritas utama. Apalagi bila anak-anak masih kecil. Hotel atau penginapan yang ditempati harus bisa mendukung kebutuhan bersama. Tempatnya harus lah nyaman dan kalau bisa harga tidak terlalu mahal. Dari sinilah Mengapa wisatawan bisa memasukkan Sweet Karina Hotel ke dalam pilihan. Baca sampai ke bawah mengapa saya merekomendasikan Sweet Karina cocok bagi keluarga yang sedang berlibur di Bandung.

Lokasi Sweet Karina reltif mudah dijangkau. Tidak jauh dari tol exit Pasteur dan pool Citi Trans. Begitu pun hanya sepelemparan batu juga ke Mall Paris van Java yang ngehits itu.

Nah saya memasuki Sweet Karina Hotel sudah malam. Perjalanan menggunakan bus travel dari Serpong membuat energi saya sedikit terkuras. Duduk di sebelah saya seorang ibu yang sedang menderita sakit. Selama perjalanan saya terus menerus merasa iba mendengar cerita perjalanan hidupnya. Yang paling menguras energi adalah keinginan untuk membantu tapi merasa tak berdaya. Tak ada yang dapat saya lakukan kecuali membuka telinga selebar-lebarnya menampung keluh-kesahnya. Sambil juga berdoa di dalam hari agar Allah menguatkannya dan kalau bisa segera mengangkat semua beban hidupnya. Itulah mengapa saat mendapatkan penyambutan yang ramah dari para staff Sweet Karina Hotel saya merasa terhibur dan membuat kelelahan sedikit terobati. Setelah proses check-in yang lancar dengan sigap seorang staf mengangkut tas saya naik ke lantai dua. Malam ini saya akan menginap di suite room. Sendirian?! Hm….Baik lah, Kakak!

hotel keluarga di Bandung ya Sweet Karina Hotel
Bangunan Sweet Karina Hotel
Ruangan hangat dan homey
Ruangan hangat dan homey

Suite Room Sweet Karina Hotel

Sweet Karina Hotel memiliki motto come as  guest and stay  as  family. Selain oleh keramahan para staf, motto tersebut juga langsung tercermin di dalam kamar. Ruang yang lapang dilengkapi tempat tidur King Size di tengah, berhadapan dengan televisi flat yang menempel di dinding depan. Di sebelah kanan tersedia lemari  yang dilengkapi save deposit box. Tepat di sebelah kiri kepala tempat tidur ada mini sofa yang bisa digunakan untuk membaca atau hanya sekedar bersantai dalam kamar. Kalau pun  membawa pekerjaan saat liburan tak masalah karena ada  meja kerja di sebelah kanan. Juga terdapat sebuah sofa panjang di bagian ujung tempat tidur yang bisa digunakan sebagai tempat tidur darurat. Dengan semua perlengkapan ini, saya membayangkan jika sebuah keluarga kecil menginap di sini anak-anak masih leluasa beraktivitas.

Yang paling saya sukai dari Sweet Karina Hotel adalah sentuhan warna merah. Kebetulan saya penyuka warna ini. Memandang ke arah dinding, sofa, dan bantal-bantal kecil langsung mengangkat  mood bahagia  yang tercecer dalam perjalanan tadi. Dan dada saya pun terasa hangat seolah kamar tersebut memagut dalam kehangatan.  Bahwa setiap orang mempunyai kisah hidup dan masalah sendiri. Untuk saya masalah seperti ibu tadi mungkin berat tapi tidak bagi yang lain. Mengarah ke dinding lukisan sepasang burung memberi improvisasi manis bahwa di sudut yang lain mungkin saja orang memandang bahwa saya juga punya masalah yang tak kalah serunya.  Sprei putih dan bersih meyakinkan saya bahwa tidak seorang pun di dunia ini, selama mereka hidup, akan terbebas dari masalah. Yang penting adalah bagaimana kita memaknainya. Dan saya memaknai seprai bersih dengan kasur empuk akan  menjamin tidur saya nyenyak semalaman.

suite room sweet karina hotel
Fasilitas dalam suite room

Kamar Mandi Suite Room Sweet Karina Hotel

Merasa seluruh badan lengket saya pun bergegas masuk ke kamar mandi. Segala penat di jalan harus diluruh oleh air hangat. Membuka pintu saya pun  langsung disambut oleh wastafel dengan kaca besar.  di sebelah kanannya tampak yang saya cari: Pancuran! Nah saya paling senang mandi berlama-lama di bawah pancuran dengan air hangat yang mengalir lembut. Menyenangkan saat membiarkan air perlahan mengalir dari kepala sampai keseluruh tubuh dan menyentuh seluruh permukaan kulit. Di tempat seperti ini biasanya saya memikirkan banyak hal.Mungkin sedikit kontemplasi.  Saya lebih fokus melihat gambaran diri. Menyadari kekurangan dan bersyukur oleh kelebihan.  Handuknya yang bersih dan wangi membuat ritual mandi pun lebih spesial.

Happy-hapy di kamar mandi :)
Happy-hapy di kamar mandi 🙂

Ruang Duduk dan Meeting Sweet Karina Hotel

Sofa merah di dekat kolam ikan mas koki bukan satu-satunya ruang duduk atau ruang tunggu yang terdapat di Sweet Karina. Di belakangnya, arah menuju dapur tersedia sepasang sofa berwarna coklat. Setelah itu ada juga di lantai dua. Jika Sahabat JEI menginap di sini dan kebetulan ada teman hendak menemui ruang tunggu ini bisa digunakan.

Sementara ruang meeting terletak di lantai 3, lantai paling atas yang bersebelahan dengan Sky Garden. Saat saya menulis post ini Sweet Karina belum mempunya lift namun menerut ownernya, Tobias Anando, tak lama  lagi mereka akan melengkapi diri dengan lift.

Ruang duduk di Sweet Karina Hotel
Ruang duduk di Sweet Karina Hotel
Sudut-sudut yang membetahkan
Sudut-sudut yang membetahkan

Dapur Sweet Karina Hotel

Pergi jalan-jalan bersama keluarga, terkadang agak rempong dengan makanan. Misalnya pasangan yang membawa anak kecil atau bayi pasti membutuhkan dapur untuk menyeduh air panas untuk membuat susu. Terkadang juga membutuhkan kompor untuk menghangatkan makanan. Nah bagi keluarga yang berkebutuhan khusus seperti ini  Sweet Karina menyediakan sebuah dapur. Begitu pun yang tak tahan lapar dan malam-malam ingin memasak mie instant, dapur Sweet Karina bisa digunakan.

Dapur Sweet Karina Hotel yang bisa digunakan tamu
Dapur Sweet Karina Hotel yang bisa digunakan tamu

Ruang Hijau Sweet Karina Hotel

Sweet Karina Hotel tidak mempunyai kolam renang. Gantinya adalah beragam tanaman hias dengan sebuah kolam ikan koki di dekat lobi. Ruang hijau ini selain memungkin udara bersirkulasi dengan baik juga menyegarkan mata. Apa lagi jika duduk di sofa merah, menikmati alunan Musik Sunda dengan secangkir kopi di pagi hari, kesegarannya membuat waktu cepat sekali berlalu.

Pojokan hijau
Pojokan hijau

Sarapan di Sweet Karina Hotel

Untuk sarapan Sweet Karina relatif lebih bervariasi dari hotel sekelasnya. Disajikan secara prasmanan. Tersedia sarapan seperti nasi goreng, mie goreng nasi, dan putih berikut sayur dan lauk-pauk. Tak ketinggalan roti,  jus, kopi, dan teh. Pada event-event hari besar seperti Lebaran, Natalan atau Imlek, sarapan akan  mengikuti tradisi hari besar tersebut. Misalnya saat lebaran kamu akan dijamu oleh ketupat sayur plus opor ayam.

Sarapan disajikan dari jam 07.00 sampai pukul 10.00 di resto yang bersebelahan dengan front office.

Ruang Makan
Ruang Makan

Secara umum menginap di Sweet Karina Hotel memuaskan. Hotel keluarga budget tapi tidak murahan. Tentu saja saya akan kembali bila kembali jalan-jalan ke Kota Bandung

Sweet Karina Hotel

Jl. Terusan Babakan Jeruk IV No. 38 Pasteur

Bandung – 40163 West  Java Indonesia

Central Reservation Tel: (+62 22) 2017 140

Tel1: 8777 5067

Tel2: 8777 5068

Fax: 202 1283

Email: [email protected]

79 thoughts on “(Review) Hotel Keluarga di Bandung ya Sweet Karina

  1. Cakep hotelnya, uni.
    Lokasinya juga mudah dijangkau, memudahkan kita yang datang dari luar kota.
    Biasanya nginap sama famili kan gak bayar, uni. Jadi kalau masih bayar nginap di hotel itu ya slogannya salah, hahaha…

    Ambo ado buku gratis untuak uni evi karano alah maagiah komentar di blog ambo. Ambo alah kirim email minta alamat ka email uni Evi nan di arenga tapi alun ado balasan.
    Salamat liburan.

    1. Ha-ha-ha hotel keluarga mestinya gratis ya Pak Alris. Kalau kepunyaan sih iya…Tapi kalau konsepnya doang yang keluarga ya mesti bayar..

      Mengenai buku, duu terima kasih banget. Belum ada email sih. Tapi coba nanti saya cek lagi takutnya masuk folder spam. Terima kasih sebelumnya Pak

  2. hotel konsep keluarga yak mba..jarang-jarang ada hotel yg nyediain dapur khusus tamu,.soalnya air panas rasanya lebih enak direbus pakai api drpada listrik

    1. Iya di sini ada dapurnya, Mas Alan. Buat menghangatkan makanan atau bikin indomie ya bisa lah di sini. Bisa ngirif juģa kan jadinya 🙂

  3. Suka hotel yang memiliki taman. Meskipun di lahan yang kecil, sudah bisa bikin relax tamu yang menginap. Catet dulu ah, biar nggak kelabakan cari hotel nyaman saat mlipir ke Bandung. 🙂

    1. Betul Halim. Mereka memaksimalkan ruang yang ada dengan tanaman. Impresinya beneran jadi hijau. Kamu ke Bandung Jangan lupa bawa keluarga ya #ehgimana

    1. Terima Kasih Bunda. Iya Andai malam itu ada bunda pasti rasanya lebih seru. Kalau tulisan rasa kebundaan itu berangkat dari pengalaman, Bun 🙂

  4. Depannya kecil tapi dalamnya lapang. Waktu ke Jakarta barusan, hotelnya jg model begini, ada dapurnya juga. Aku kapok deh dengan hotel2 besar franchise tp kamarnya compact banget, mau gerak susah, sholat apa lagi. Dah gitu kamar mandinya sempit kyk kapsul. Rekomendasi yg bagus ini mbak.

    1. Nah kalau banyak pilihan seperti ini kan bagus buat wisatawan ya Mbak Lusi. Kenapa saya pikir hotel ini cocok banget untuk keluarga 🙂

    1. Menurut aku untuk hotel senyaman ini harganya cukup murah kok Mbak. Apalagi kalau masih keluarga kecil bisa diisi oleh 4 orang, dua dewasa dan 2 anak-anak

  5. Nah, baru kali ini nemu hotel yang dapurnya bisa dipakai. Patut dicoba pas ke Bandung nih. Suka kebingungan kalau nyari hotel. Catet nama sweet Karina 🙂

    1. Benar Taro, kalau bawa bekal bisa dihangatkan didapur sweet Karina. Atau kalau malam malam lagi lapar bisa memasak mie instan di sini

  6. tetep aja kalo pas peak session mesti penuh kan bun hotelnya.. *syediiih*
    bedewei reviewnya keren bun, bakal jdi hotel alternatif kalo gw ke bandung lageh.. 😀

    1. Bandung memang akan penuh sesak selagi libur akhir pekan Apa lagi libur beberapa hari. Hotel hotel dan penginapan akan diserbu oleh para pengunjung. Memang ada baiknya jika hendak berlibur ke Bandung booking terlebih dahulu.

      Senang berkenalan dengan mas Agus

    1. Iya mas Fahmi. Waktu itu kita jalan bareng dengan masuk Gio. Semoga suatu saat bisa juga jalan bareng dengan mas Fahmi. Amin 🙂

  7. hotelnya cantik dan minimalis, baru lagi ya mbak kapan2 kalo ke Bandung pengen nginep di sini, kok banyak post yang komennya di close mbak padahal pengen ngomentarin makanan kayak kopi oey lampung, toko oen dan omah akas hehehe

    1. Nanti aku buka lagi mbak Nana. Posting yang lebih dari 150 hari kemarin aku tutup karena capek menghapus banyak sekali spam soalnya 🙂

    1. Iya itu shower Mbak Echa tidak ada bathup di sini. Kalau harga kamar bervariasi juga sih, kalau yang suit memang lebih mahal dibanding harga kamar standar 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?