Jangan Gunakan Sabun Mandi Untuk Membersihkan Wajah

Think how lucky you are that the skin you live in, so beautifully holds the “You” who’s within.” ― Michael Tyler, The Skin You Live In

jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah
Model saya tidak menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah 🙂

Dear Sahabat JEI,

Setuju kan bahwa penampilan kulit juga mencerminkan kesehatan tubuh? Setuju juga kan bahwa penampilan kulit wajah pada pertemuan pertama menentukan cantik atau gantengnya kita di mata seseorang? Dan sering kah membaca nasihat para ahli perawatan kulit bahwa kunci kulit yang cantik dan sehat tidak hanya tentang produk yang gunakan, tetapi lebih penting lagi bagaimana memilih jenis produk yang sesuai untuk kebutuhannya?

Terus siapa yang pernah atau bahkan sering menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah? Siapa hayo? Karena pertanyaan ini juga tertuju kepada diri sendiri, terpaksa saya ngacung duluan.

Iya saya sering meggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah. Terutama saat traveling. Kan kebiasaan saya suka lupa memasukan benda-benda esensial ini ke dalam travel bag atau koper. Yang mendominasi pemikiran saat packing seringnya adalah kabel, colokan listrik, memory card, battery camera, dan tentu kameranya dong. Tanpa benda-benda ini lebih baik saya tak jadi pergi, lebih baik manyun saja di rumah. Wajarkan bila jarang lupa? Sementara handuk dan perlengkapan mandi seringnya dipercayakan saja ke hotel atau penginapan yang akan menerima saya nanti. Jadi kalau saya tak membawa pembersih wajah saya akan menggunakan sabun yang tersedia di hotel untuk membersihkan muka lengket setelah beraktivitas seharian.

Duh!

Mengerikan kebiasaan saya ya? Tak aneh jika kulit muka saya jadi seperti kertas perkamen yang digunakan mencatat peristiwa sejarah di museum. Mringkel-mringkel dan penuh bercak. Semakin sering saya piknik semakin kucel, kummel, dan terbakar lah kulit wajah kesayangan ini. Benaran deh kondisi kulit wajah seperti ini bakal malesin berfoto selfie.

Jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah!

Sebenarnya saya juga seperti kebanyakan wanita lain. Ingin muda dan cantik lebih lama. Pengen punya kulit wajah cemerlang yang tak hanya indah di foto tapi juga menyamankan mata saat di tatap langsung. Ogah punya wajah kusam yang bahkan bedak saja tak sudi menempel dengan sempurna.

Tapi saya malas ribet. Malas mencari produk yang paling cocok untuk membasuh muka.

Untung lah jaringan pertemanan jadi medan terbuka untuk belajar hal apapun. Merawat kecantikan salah satunya. Pesan-pesan yang sampai yang tidak menggurui hanya mengalirkan pengetahuan bahwa mencuci wajah dengan sabun mandi ternyata akan merusak kelembaban alami kulit wajah. Jika sering melakukan hal tersebut kulit wajah menjadi kering dan kusam. Tak hanya itu bonusnya sebab juga akan  timbul berbagai macam permasalahan kulit seperti muncul jerawat dan bintik hitam.

Jadi Sahabat JEI jangan menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah memang butuh sedikit usaha. Mengawalinya mengawalinya dengan pembersih yang tepat merupakan langkah bijak. Alih-alih sabun mandi gunakan pembersih wajah non sabun dengan Ph seimbang. Produk kosmetik seperti ini jelas tidak merusak kelembaban alami kulit.

RJ Facial Cleanser
RJ Facial Cleanser pembersih wajah tanpa sabun

Lalu jika Sahabat JEI bertanya produk apa yang tepat, saya perkenalkan pada RJ Facial Cleanser. Ini adalah sabun cuci wajah tanpa kandungan sabun. Fingsinya mbersihkan tanpa  menyebabkan kulit menjadi kering, berbintik hitam, dan neimbulkan jerawat.

Ini beberapa alasan mengapa Sahabat JEI perlu mencoba RJ Facial Cleanser :

  1. RJ Facial Cleanser di lengkapi  ekstrak Aloe vera. Seperti kita tahu tanaman lidah buaya disebut sebagai salah satu tanaman yang penuh keajaiban. Tumbuh di iklim kering seperti di Afrika, India, dan Indonesia, lidah buaya tak hanya digunakan sebagai obat herbal, dalam pembuatan kosmetik modern berfungsi sebagai bantuan alami untuk berbagai kondisi kulit  termasuk kulit kering dan jerawat parah.

  2.  RJ Facial Cleanser mengandung CGF Honey. Sahabat JEI mungkin pernah bertanya, mengapa Cleopatra, Si Ratu Mesir yang legendaris itu senang  mencuci wajahnya dengan madu? Karena sebelum kemunculan pengetahuan moderen pun ia sudah tahu bahwa madu mengandung antibakteri, probiotik, dan sifat penyembuhan. Dengan kandungan super gizinya madu juga berguna melembabkan kulit. Jika pun kita memiliki penyakit kulit ringan seperti eksim jerawat, dan luka, madu dapat menyembuhkannya . Di dalam hal RJ Facial Cleanser kandungan madu diambil manfaatnya untuk membantu melembabkan wajah.

  3. Chamomile merupakan sejenis bunga namun lebih banyak dimanfaatka sebagai herbal. Pemanfaat ini  dikenal di sebagian besar dunia dan telah digunakan selama berabad-abad. Sering disajikan sebagai teh untuk menenangkan sistem saraf dan saluran pencernaan. Sementara khasiat Chamomile dalam produk perawatan kulit adalah  untuk menenangkan kulit yang teritasi. Sementara ekstrak Chamomile di dalam RJ Facial Cleanser berguna mencerahkan kulit wajah.

  4. Witch Hazel adalah zat topikal yang berasal dari kulit kayu dan daun Hamamelis virginiana. Tanaman semak yang umumnya tumbuh di Amerika Utara. Penduduk asli Amerika telah lama mengakui sifat witch hazel sebagai obat dan menggunakan rebusan bagian tanaman ini untuk mengobati iritasi kulit dan tumor. Saat ini khasiat herbal populer ini diakui di seluruh dunia sebagai pembersih alami, toner, dan mengecilkan pori-pori.

Semoga informasi ini berguna bagi Sahabat JEI sekalian. Jika tertarik untuk membeli produk CNI ini secara online silahkan berkunjung ke  Gerai CNI, http://www.geraicni.com/product/PC095 .

*Disclaimer: Foto-foto milik Jurnal Evi Indrawanto. Dilarang menggunakan tanpa ijin!

32 thoughts on “Jangan Gunakan Sabun Mandi Untuk Membersihkan Wajah

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi….

    saya setuju mbak bahawa mencuci wajah jangan pake sabun mandi. Pasti ada kesannya kerana pembuatannya juga berbeda. Sebaiknya pake pencuci muka yang sesuai dengan kulit wajah kita dan jenama yang disukai seperti pencuci di atas. kalau sudah dipromosi oleh mbak Evi pasti bagus ya. Kalau saya (ikut sesuai umur) menggunakan pencuci wajah Safi Rania Gold dan sudah tentu saya tidak pernah lupa untuk membawanya ke mana-mana saya traveling, mbak.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    1. Waalaikumsalam warahmutullahi wabarakatuh Mbak Siti,

      Iya ya Mbak, emang dasarnya malas saya ini ..Padahal sabun mandi untuk dirancang untuk kulit yang lebih tebal ya, tidak untuk kulit muka yang lebih sensitif 🙂

      Safi Ranti Gold ini pasti produk Malaysia yang super keren ya Mbak 🙂

  2. Pernah ada satu periode saya lake sabun mandi badan buat muka dan jadinya kulit kering dan berasa berkerak gitu. Mungkin saya yang lebay tapi bwneran kerasa gitu. Hihihi. Kalau pakai sabun ini pasti halus ya Mbak kulit mukanya.

  3. Kalau saya selalu berusaha memasukkan sabun muka dalam perlengkapan higienitas dalam traveling Mbak :hehe. Mudah-mudahan bisa konsisten jadi jarang ada saat lupa bawa sabun muka terus tidak bisa membeli :hihi.

  4. Apalagi saya bu Evi, ga mandi aja sudah jadi kebiasaan saat traveling 😀
    Sekarang paling nggak mesti cuci muka walau ga mandi, hehehe
    —————
    Hahaha..Kalau dingin dan pulang penginapan sudah malam banget gak bakalan mandi lah ya Mas Yo..Aku juga gitu.. Mandi kucing lah akhirnya ..

  5. Informasinya berguna: jangan pakai sabun mandi untuk kulit muka. Selama ini kalau sudah mandi kita tak perlu lagi perwatan muka, karena sudah disabun waktu mandi, 🙂
    Makin laris manis, uni jo review nan ndak gratis, hehehe… semoga makin berkah.

    1. Hahaha keramas dengan sabun pernah juga aku lakukan. Hasilnya rambut agak lengket dan Tak lama kemudian lemaknya langsung banyak

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?