Makan di Warung Bandeng Juwana Elrina Semarang

warung bandeng juwana elrina semarang
Padat ya?

Warung Bandeng Juwana Elrina Semarang | Pusat oleh-oleh Semarang itu berada di Jalan Pandanaran. Segala jajanan  berbau khas Semarang ada di sini. Entah lumpia, wingko, bandeng presto, dan berbagai cemilan tradisional maupun modern dijual dalam berbagai merek. Pilih saja berdasar kemasan, rasa, rupa, atau pun harga. Kita ini penduduk merdeka, kan?  Apa lagi lokasinya strategis. Habis mengunjungi Lawang Sewu atau menengok Tugu Muda atau mengarah ke Simpang Lima, singgah lah sebentar beli oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Seperti yang kami lakukan beberapa waktu lalu saat pulang dari Pekalongan dan mampir ke Semarang. Usai dari Lawang Sewu  terpikir untuk membawa buah tangan pulang. Dan mungkin karena kunjungan di akhir pekan tak pelak butuh perjuangan mencari tempat parkir. Setelah dua kali berputar akhirnya bisa menepi di depan Toko Oleh-Oleh Bandeng Juwana Erlina. Pucuk dicinta bandeng tiba sebab tujuan ke Pandanaran ini utamanya memang mencari bandeng olahan.

Penjual wingko di Jalan Pandanaran

Sebetulnya saya tidak begitu suka belanja kalau traveling. Namun kerena  traveler sejati itu harus baik hati dan baik budi (#keplak!) ya harus menyesuaikan dengan kepentingan kelompok. Tapi tetap saja saat para ipar sibuk memilih oleh-oleh, saya sibuk mencari cara membunuh kebosanan. Iya syaraf saya tidak tahan melihat begitu banyak orang desak-desakan hanya untuk belanja oleh-oleh. Sebenarnya toko ini cukup luas namun tampak jadi sempit karena dikerubuti pengunjung. ” Seperti ngapain saja gitu ya? Seperti belanja gak bayar pakai duit” Pikir saya. Pusing deh pala Barbie. Dengan alasan ini saya mengajak  si sulung naik ke lantai atas. Dari pada mabok mending menunggu sambil menikmati makan siang, bukan?

bandeng juwana elrina semarang
Kantin yang disebut Warung Bandeng Juwana Semarang

Toko Bandeng Juwana Elrina Semarang ini memang dua tingkat. Lantai  bawah untuk menjual oleh-oleh dan lantai atas difungsikan sebagai kantin. Berbeda dengan suasana di lantai bawah yang hiruk pikuk, lantai atas yang disebut Warung Bandeng Juwana Semarang ternyata lengang dan lapang.

 Nah sesuai brandingnya menu yang tersedia juga dari bandeng. Ada sop, asem-asem, pindang, semur, dan bandeng goreng. Begini penampakan menu yang kami pilih  seperti ini :

Menu Pilihan Saya
Menu Pilihan Saya

Saya memilih garang bandeng bercita rasa segar. Tak tersisa aroma lumput pada daging maupun kuahnya. Ditambah seporsi tumis jamur dan segelas es jeruk gula aren lengkap sudah kenikmatan makan siang dadakan itu.

Ada yang nyusul ke atas dan memesan ini

Suami yang menyusul ke atas memesan bandeng duri lunak goreng dan seporsi tempe kecap. Bandeng gorengnya dinikmati bersama sambal dan lalapan sayur. Rasanya? Seperti bandeng duri lunak lainnya, ya biasa-biasa saja. Lebih enak garang asemnya.

Pesanan si sulung

Si sulung memesan sop bandeng yang secara penampilan maupun rasa mirip garang bandeng. Menurut saya sih tak seberapa istimewa. Bagi lidah saya yang pecinta rasa asam, kehadiran sepotong jeruk nipis dapat menyelamatkan rasa.

Gimana teman-teman, kalau ke Semarang jangan lupa mampir di Jalan Pandanaran. Dan kalau mau menikmati berbagai menu sajian utama daging bandeng, datang lah ke Warung Bandeng Juwana Elrina Semarang…

 

55 thoughts on “Makan di Warung Bandeng Juwana Elrina Semarang

  1. Engap baca ini pagi-pagi, kan jadi lapaaaaaaaaaar T____T
    Gak banyak orang suka bandeng karena durinya, klo saya sih suka, apalagi klo di sayur asem slurrp seger… dan ngiler lihat garang asemnya T__T

  2. Ngga banyak yang tau kalo ada restoran serba bandeng di atas toko oleh-oleh Elrina, Mba Evi. Saya pun termasuk yang terlambat tau, meskipun saya tinggal di Semarang. Hehehe ..

    Recommended lah memang, harganya bersahabat pula. Yippieee .. 😀

  3. Bandeng yang dimasak garang lebih seger rasanya, meski saya juga suka yang digoreng kering terus dipenyet sama sambal 🙂

  4. Aku suka banget makan Bandeng Presto Juwana, tapi belum pernah beli langsung dari daerahnya ahhahaha dikasih oleh-oleh terus euy,

    btw mba, sama kayak toko bakpia di Jogja, banyak banget kan yah pilihan produsen Bandeng Presto ini, duh tapi aku lupa yang suka dibeliin itu merknya apa hahahahah kalo ada restorannya gini sih, aku lebih prefer makan di tempat deh :3 bagiii tumis jamurnyaa

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?