Serunya Bertemu Kawan-Kawan Baru

Serunya Bertemu Kawan-kawan Baru ini adalah post pemanasan dari beberapa post saya ke depan tentang Festival Teluk Semaka, sebuah hajatan rakyat yang meliputi eksplorasi tempat wisata dan karnaval budaya. Acara ini digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus – Lampung. Saya awali dengan cerita serunya bertemu kawan-kawan baru sebab selama 3 hari penuh mereka telah membuat hidup saya seperti air Teluk Semaka. Jernih dan berkilau lewat senda gurau, gelak tawa, sharing cerita dan pengalaman. Di sini kami tergabung dalam Tim Sosial Media. Dan ini lah salah satu episode paling menyenangkan dari hobi jalan-jalan. Peluang untuk punya kenalan baru dan kawan-kawan baru terbuka lebar. Mereka ibarat buku-buku baru yang akan memperkaya perpustakaan hidup saya. Selain itu rona persahabatan yang ditawarkan membayar kontan semua keletihan perjalanan.

Saat ini saya berada dalam kendaraan menuju rumah. Posting ini sekaligus mengkristalkan kenangan pada alam dan budaya Lampung yang unik bersama kawan-kawan baru ini. Andaikan suatu saat perlu menengok ke belakang, saya harap kenangan ini tetap sesegar lambaian tangan perpisahan dari mereka tadi siang.

Menuju Kotaagung dan nyantai sejenak di Kopi BW Pringsewu. Foto: Cerita Indra.

Siap-siap D’Semaka Tour hari pertama

Perjalanan menuju Festival Teluk Semaka saya awali bersama Mbak Donna Imelda, travel blogger, dosen, ibu dua anak, tinggal di Depok. Kami menaikiki Bus Damri Royal Class yang berangkat pukul 7 pagi dari Gambir. Alhamdulilah perjalanan lancar. Walau fery sempat menunggu berlabuh di laut Bakauheni selama 1 jam, sisa perjalanan berlangsung dengan mulus. Pukul 5 sore kami sudah sampai di Stasiun Karang Bandar Lampung. Biar tak ribet nantinya langsung membeli tiket pulang. Dan 30 menit kemudian sudah di jemput Mas Yopie atau Om Yo (admin Keliling Lampung), kawan Cerita Indra, dan Derry Saputra . Dari sini lah keseruan itu dimulai.

Karena foto berbicara lebih keras dari kata-kata mari kita lihat keseruan teman-teman baru saya lewat gambar berikut:

Selfie pagi di Dermaga dan Tempat Pelelangan Ikan Teluk Semaka. Foto : Mel Feyadin.

Usai pendakian Bukit Sido Katon yang melelahkan diteruskan makan siang bancakan di tengah kebun sayur. Namun apa mau di hujan datang tanpa permisi. Makan siang yang tertunda itu diteruskan di rumah Pak Lurah Suyud. Saat mau pulang beraksi dulu di tempat ibu-ibu mencuci piring. Mereka juga yang mempersiapkan makan siang kami yang lezat. Foto: Cerita Indra.

Selfie di Karnaval Budaya. Foto: Cerita Indra.

Sesaat sebelum acara Pengetahan Adokh, pemberian gelar adat Lampung.

Kalau ini rebutan selfie dengan Pak Polisi usai Karnaval Budaya. Foto: @kikianvirrr

Jalan bareng menuju tempat penginapan dengan anak SMP. Caption-nya “Kalau dari belakang mereka semua tampak sebaya”. Foto: @kikianvirr

Masih selfie namun saya cuma punya satu gaya. Mati gaya tepatnya. Foto: Derry Saputra.

Menuju Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Selfie lagi. Foto: Cerita Indra

Acara masuk hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan pun akan garing tanpa selfie. Jadi… cheese

Berpose di tengah jalan Lintas Sumatera yang membelah TNBBS. Bertahan menunggu sampai camera klik walau dari belakang mesin truk sudah sangat mengintimidasi dengan raungannya. Foto: Cerita Indra.

Tak ada pesta yang tak usai. Di balik semua pertemuan akan selalu ada perpisahan. Saya dan Mbak Donna masih di atas kendaran. Sekarang kami sudah di Bakauheni, menunggu giliran masuk kapal. Di luar gelap gulita. Sebuah fery beringsut menjauh dengan meninggalkan kelap-kelip lampu. Kapal itu mirip kawan-kawan baru saya, perlahan menjauh meneruskan hidup di tempat tinggal masing-masing. Semoga suatu saat kami dipertemukan kembali dalam baik dalam acara yang sama maupun even yang berbeda. Amin.

@eviindrawanto
Yang belajar lebih baik akan jadi yang terbaik

33 thoughts on “Serunya Bertemu Kawan-Kawan Baru

1. Belum selesai komen udh kepost (–!)

Ternyata ada yg namanya Teluk Semaka di Lampung, aku taunya cuma Teluk Kiluan aja, itu pun belum pernah menyambangi
      Terima kasih infonya bu 🙂

1. Hai Miss Titi kemana saja dirimu? Sudah lama ya kita gak chatting. Ya Lampung punya beberapa teluk, setidaknya ada 3, teluk kilauan, semaka, dan teluk betung 🙂

1. Andai waktu bisa kembali..aku mau bertemu kembali seperti ini lagi, nanti.

Mbak Evi…perjalanan kemarin itu luar biasa vuat aku. Kenangan yg mahal harganya..hehe

1. Aku juga kepengen bisa jalan-jalan bareng Mbak Prih. Membahas kebun dan pohon2 yang hidup di atasnya 🙂

2. Mbak Evi…senangnya ketemu teman-teman…
    saya udah jarang kumpul blogger….awalnya masih sering, tapi kesibukan masing-masing menjadi jarang ketemu.
    Saya catat deh, siapa tahu sempat ke Lampung….bisa jalan-jalan ke pasar ikan, ketemu nelayan dll.

3. Seruuuu… banyak kesenangan dan pengalaman baru selama di jalan, dan tentu saja teman-teman baru yang asyik. Ahh jadi rindu Teluk Semaka 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?