Cerita Menarik Dari Palm Sugar si Pemanis Sehat

Saat tulisan ini tayang peserta Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat sudah 36 orang. Masih ada waktu 4 hari lagi. Dan biasanya mendekati batas penutupan lomba peserta akan meningkat. Amin.

Palm sugar si pemanis sehat
Palm Sugar si Pemanis Sehat

Yang ingin saya beri catatan dalam tulisan ini adalah semua tulisan yang masuk sudah saya baca. Dan busyeeettt…Tak satupun tulisan yang tak menarik. Pengalaman peserta dengan palm sugar si pemanis sehat itu real semua alias tak terlihat kesan dibuat-buat. Ada latar budaya makan dan ikatan emosi di dalamnya. Itu takan terjadi kalau saja si gula coklat ini tak pernah bersentuhan dengan si penulis atau gula aren bukan produk asli Indonesia.

Walau lomba masih berlangsung saya sudah amazing duluan. Bangga pada diri sendiri telah memilih tema Pemanis Sehat bagi si palm sugar ini. Paling bangga pada teman-teman. Tulisan mereka telah membongkar  kesadaran kita bahwa Indonesia punya sumber pemanis alami yang dibutuhkan masa depan. Saat kita makin makmur, saat pemanis dalam makanan jadi masalah, saat kita mencari pemanis yang aman bagi kesehatan, saat itu lah gula aren jadi pilihan.

Tuntutan Konsumen yang Makin Cerdas

Meningkatnya kecerdasan masyarakat meningkat pula kesadaran dalam merawat kesehatan. Konsumen akan mencari tahu lebih banyak mengenai produk yang mereka beli. Kalau lah palm sugar atau gula aren diklaim sebagai pemanis sehat seberapa jauh klaim itu bisa dibuktikan?

Peningkatan permintaan akan produk sehat juga akan merubah peta bisnis gula aren. Kalau dulu dinas-dinas pemerintahan yang membina para petani palm sugar menyarankan penggunaan pengawet kimia sintetis dan berbagai campuran agar gula tampak menarik, ke depannya hal itu tak bisa dilakukan lagi. Pasar menuntut gula aren asli atau organik yang bebas dari berbagai zat kimia sintetis berbahaya. Kalau mereka ngotot sama saja dengan mematikan bisnis rakyat. Konsumen berubah pemerintah juga harus!

Dan saya bangga bahwa jiwa dari tiap tulisan yang sudah masuk menyadari masalah ini.

Terima kasih teman-teman.

” Ikutan Menulis Tentang Pemanis Sehat Yuuuuk…”

23 thoughts on “Cerita Menarik Dari Palm Sugar si Pemanis Sehat

  1. Ondeh.. tinggal beberapa hari lagi ya Uni?
    Semoga si ide segera datang, dan saya pun bisa ikut meramaikan kampanye pemanis sehat ini nih.. 🙂

  2. InsyaAllah akan semakin banyak mba evi yang ikutan. Saya sendiri ada coba gula palem tapi belom punya pengalaman yang sungguh dalams eperti teman-teman yang lain, jadi ikut saja menikmati tulisan peserta. 🙂

  3. suka sama gula aren uni,
    lagi dalam perenungan merangkainya jadi kata-kata #banyak alasan.
    Mudahan GA-nya rame dan sukses,
    Aamiin.

    1. Karena produsen banyak yang “gak beres”, hanya kita sebagai konsumen yang mampu menyaring produk yang cocok untuk kita, Mbak Myr 🙂

  4. Ikutan bangga sama Uni Evi yang telah memperkenalkan produk asli dari alam Indonesia, produk sehat.
    Semoga selalu sukses Uni… 🙂

  5. Ikutan bangga sama Uni Evi yang telah memperkenalkan produk asli dari alam Indonesia, produk sehat.
    Semoga selalu sukses Uni… 🙂

    1. Belum seberapa sih Pakded..Masih banyak nian PR-nya. Tapi langkah besar harus dimulai dari kecil ya? Amin..Terima kasih atas doanya Pakded 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?