Pohon Aren dan Manfaatnya

pohon aren dan manfaatnyaPohon Aren dan Manfaatnya – Sebuah Cerita

Jika engkau memandang ke dalam sebuah biji maka akan terlihat hutan belantara di dalamnya. Lupa siapa yang menulis kata mutiara ini, yang jelas tiap memandangi butir biji aren saya selalu ingat pada kalimat tersebut.

Sahabat mau saya dongengi tentang pohon aren dan manfaatnya? Well, begini ceritanya :

Suatu hari seekor musang menyantap kolang-kaling masak dari pohonya. Daging buah ranum diserap sebagai makanan bergizi tapi bijinya yang keras keluar bersama kotoran. Nah bijiyang tak bisa dicerna itulah lah yang di buang disembarang tempat di kawasan habitat musang. Biasanya di hutan dan gunung-gunung. Melalui proses alam, kena panas dan hujan, tak lama biji yang telah terfermentasi  mulai berkecambah. Ini bibit yang dipercaya petani aren Indonesia sebagai yang terbaik untuk menumbuhkan hutan enau mereka.

Seberapa cepat tumbuhnya tergantung kondisi iklim dan kesuburan tanah. Yang jelas pohon aren tak membutuhkan perawatan khusus. Bibit aren dianggap cukup baik bila umur 8-10 tahun sudah bisa di panen. Entah diambil ijuknya, akarnya, daunnya, lidinya, niranya dan lain sebagainya. Memang begitu lah karakteristik tumbuahn arenga pinnata ini, tiap bagian punya nilai ekonomi,. Tergantung pada si pemilik pohon  bagian mana yang paling mudah dijual di lingkungan mereka.

Pohon aren dan manfaatnya secara ekonomi

pohon aren dan manfaatnyaIjuknya untuk membuat berbagai keperluan rumah tangga sampai bangunan. Pucuk daun muda jaman dulu untuk melinting rokok. Buah mudanya dipetik untuk membuat kolang-kaling. Atau ditebang untuk mengampil sari tepung di dalam batang. Ah jangan ditebang! Kalau dilakukan sama seperti  menyembelih angsa bertelur emas dalam dongengnya HC. Andersens.

Tapi yang paling terkenal dari semua pemanfaat pohon aren adalah melalui niranya. Entah untuk dibuat minuman memabukan alias tuak, dibuat cuka atau gula tergantung pada seberapa tinggi nilai ekonomi yang didapat para pemiliknya. Ada yang membuat tuak karena lebih mudah dijual. Dibuat cuka karena ada yang pesan. Tapi kalau saya senang banget jika mereka semua membuat gula :).

Sebagai Konservasi

Pohon aren dan manfaatnya akan diperlukan anak-anak masa depan. Pemanasan bumi akan memicu berbagai bencana alam seperti banjir dan kebakaran hutan. Tanaman aren  akarnya panjang dan bercabang banyak. Mereka menusuk dan mencengkeram ke dalam tanah. Karena itu sangat baik digunakan sebagai pencegah erosi.

@eviindrawanto
Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

15 thoughts on “Pohon Aren dan Manfaatnya

  1. Ya..ya..ya..bener mbak…sebelah rumah saya kan tebing…bapak menanam pohon ini 4 pohon..saat itu ngak kepikiran sebagai menahan erosi, saya malah ngetapel buahnya hihihihihi..trims mbak artikelnya saya copas yach

  2. selain pemanfaatan nira, jaman kecil dulu suka bikin perosotasn pake pelepahnya. cari lokasi yang tanahnya miring trus bikin rel dari pelepah nira disambung-sambung sampe puluhan meter panjangnya

    kegunaan lain, jadi rumah kuntilanak, bu. anak kecil jaman dulu ga berani lewat pohon aren kalo malem, hehe

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi… Baru saya lihat pohon aren ini. Kayaknya seperti pokok sagu kalau di Sarawak kerana bisa diambil tepung dari batangnya. Tetapi tidak banyak manfaatnya seperti pokok aren ini. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 😀

  4. Baru tau soal pohon ini bisa mencegah erosi juga mbak..sayang keknya makin ke sini makin sedikit aja pohon aren ini ya mbak

  5. Aduh mbak, kayak asal mula kopi luwak juga ya, bibit pohon aren ini bermula…berasal dari kotoran musang yang lalu berkecambah menjadi bibit…
    Kalo kolang-kalingnya saya suka banget, mbak Evi. Apalagi kalo udah dimasukin kulkas…duh, bisa lupa tetangga deh kayaknya 😀

  6. Wah hebat juga pohon aren ini bisa mencegah erosi. Apakah pohon aren ini juga menyerap banyak air seperti sepupunya, si kelapa sawit, Mbak?

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?