Kinca Gula Merah

Kinca Gula Merah Sehat  – Mengawal dan Meneruskan Tradisi

Kuliner Indonesia akrab dengan kinca gula merah. Sebagai saus kue tradisional seperti apem, serabi, ketan, es cendol, es cincau, dan bubur sumsum. Terbuat dari gula merah, gula pasir, santan, dan daun pandan. Saya kira hampir semua orang setuju bahwa kinca gula merah ini rasanya legit dan lezat.

Mempertahankan tradisi beserta kearifan nenek moyang satu soal. Memperhatikan aspek perkembangan jaman soal yang lain. Bagaimana pun cintanya kita terhadap kuliner tradisional, jika jaman menuntut perubahan, kita harus berubah. Kalau tidak warisan itu akan tenggelamkan dalam perubahaban. Tradisi makan kinca gula merah, misalnya, akan ditinggalkan jika kontennya tak bergeser. Kehadiran santan dan gula pasir membuat kinca gula merah dipandang tidak sehat.

Dari sanalah Arenga masuk. Mempertahankan tradisi budaya  tapi juga responsif terhadap perkembangan jaman. Setelah sukses dengan gula aren cair original dan pandan, Arenga mengembangkan dua produk baru : Liquid Palm Sugar durian dan nangka.

kinca gula merah

Kinca Gula Merah Durian

kinca gula merah nangka

Kinca Gula Merah Nangka

Bahan bakunya adalah gula aren organik yang dimasak bersama durian dan nangka asli. Dua jenis buah tropis yang aromanya sudah akrab dengan penciuman Indonesia. Saya sengaja tak menuliskan gula aren  “rasa” durian atau “rasa” nangka di depan namanya. Karena saya yakin penambahan kata “rasa” akan mengarahkan orang pada pikiran flavor sintetis yang sudah umum digunakan dalam makanan. Arenga Liquid Palm Sugar Durian dan Nangka menggunakan gula aren dan buah asli. Itu lah mengapa mereka dikalim sebagai kinca gula merah sehat.

Apa lagi klaim dari Kinca Gula Merah Sehat?

Klaim sehat yang lain dari kinca gula merah Arenga : Tidak menambahkan gula pasir atau santan. Jadi semuanya murni gula aren dan buah asli.

Penggunaan Kinca Gula Merah

Saya sudah menyebutkan penggunaan dalam berbagai makanan tradisional di atas. Namun Arenga Liquid Sugar Durian dan Nangka dapat diaplikasikan lebih luas. Selain untuk selai  makan roti, mereka aduhai sebagai pemanis es kelapa muda. Atau sebagai sirup. Tuangkan dua sendok makan gula cair durian atau nangka ke dalam gelas. Tambah kan air dan batu es. Aduk..Slurruppp..

Sebetulnya masih banyak penggunaan gula aren cair  durian dan nangka ini. Saya tulis di lain kesempatan.

Kinca gula merah sehat, anyone?

@eviindrawanto

24 thoughts on “Kinca Gula Merah

    1. Iya Mas, kalau ada kata “rasa” di depan nama kecenderungan umum adalah rasa sintetis. Lah esen gula aren saja ada yg buat kok sekarang 🙂

  1. Kinca gula merah di campur durian dan nangka. Hm…… mantap. Perpaduan rasa aroma yang mengundang selera.

    Salam wisata

    1. Nah itu kita emang suka malas mencarikan suatu benda nama. Makanya segala jenis air mineral botolan kita namai Aqua hehehe..Seperti kinca kita namai air gula merah saja..:)

  2. oooh..ini maksudnya gula cair yang buat nemenin jajanan pasar macam serabi, dan sebagaianya itu ya Mbak Evi. Di Bali juga banyak digunakan secara traditional. Tapi saya baru tahu itu namanya Kinca. Biasanya disebut “Gula Ganting” he he.. beda nama ya? Tapi bendanya itu-itu juga. Wah.. Kinca dari Arenga ini pasti enak, sudah siap pakai.Apalagi ada yang dimasak dengan Nangka.

  3. Ini yang kemarin di IG ya mbak…
    Aku juga suka gula cair, gula merah… tapi sekarang udah jarang makan. Sudah mulai di-hitskan ya sekarang, lebih bagus kemasannya dan lebih higienis…. Mau juga sih. Kata temanku untuk campuran teh juga enak.

    1. Betul Mbak Zizy..Pengunaan gula aren cair yg dibotolkan seperti ini emang sangat praktis. Pemakaiannya bisa lebih luas 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?