Madu Untuk Kesehatan Kulit

Taken from : showupfitness.com

Madu Untuk Kesehatan Kulit – Perawatan Dari luar dan Dalam

Sedang mencari resep madu untuk kesehatan kulit? Selamat datang di blog saya! Karena madu sangat bisa diandalkan untuk perawatan kecantikan. Apa lagi mereka yang tidak menggunakan perawatan kulit yang terbuah dari bahan kimia sintetis, pilihan kepada madu merupakan langkah tepat. Sebab madu merupakan produk organik,  alami dan tidak melibatkan bahan kimia sintetis.

Sebelumnya madu telah terbukti secara klinis memiliki manfaat gizi. Madu alami mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng“. Lebih lanjut madu mengandung antioksidan yang berpotensi membantu melawan tanda-tanda penuaan dalam tubuh kita.

Berbagai Produk Madu Untuk Kesehatan Kulit

Industri kecantikan menggunakan madu dalam berbagai produk. Untuk merawat kulit madu terdapat dalam lotion, pelembab,  dan sabun mandi. Cairan yang dikumpulkan lebah ini seluruh kandungannya membawa citra sehat.  Maka Madu dalam kosmetik merupakan jawaban dari tuntutan konsumen yang menginginkan kosmetik dan produk perawatan pribadi yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Salah satu sifat madu adalah humektan. Artinya menarik air dan mempertahankan kelembaban. Itu alasan  madu ditambahkan pada produk pelembab, pembersih, krim, shampoo dan kondisioner alami.

Sebetulnya tak perlu selalu mencari produk perawatan tubuh yang mengandung madu di supermarket. Sebab di Indonesia memang belum banyak tersedia. Jalan keluarnya beli saja madu biasa lalu tambahkan beberapa tetes ke dalam botol shampo, pelembab atau sabun cair yang ada di rumah.  Madu juga bisa ditambahkan pada scrub atau masker bikinan sendiri.

Berikut beberapa resep Memanfaatkan Madu untuk Kecantikan

Resep # 1: Agar Rambut Lebih Bersinar

Madu membantu agar rambut terlihat lebih sehat dan bercahaya lewat kemanfaatan sifat pelembabnya.   Campurkan sesendok madu dengan satu liter air hangat. Bilas rambut dengan ramuan tersebut setelah keramas. Biarkan selama satu jam agar kandungannya madu meresap ke tiap helai rambut. Lalu bilas dengan lembut. Lakukan satu kali seminggu.

Resep # 2: Lotion Penghalus Kulit

Lotion penghalus kulit juga memanfaatkan sifat humectant dari madu yakni melembabkan dan menghidrasi kulit sehingga terasa halus dan lembut. Aduk sesendok madu dengan satu sendok teh minyak zaitun organik dan perasan jeruk nipis (jus lemon/jeruk nipis membantu kulit lebih cerah secara alami juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan). Oleskan pada kuit setelah mandi atau kapanpun kulit butuh sedikit dimanjakan. Tunggu 20 menit lalu bilas dengan waslap.

Resep # 3: Scrub Pembersih Wajah

Madu dianggap paling sempurna digunakan sebagai scrub pembersih wajah. Tidak hanya melembabkan sekaligus mengelupas kulit mati juga menyamarkan noda. Haluskan beberapa butir kacang tanah, tambahkan satu sendok perasan jeruk lemon bersama madu. Aduk rata.  Kacang tanah bertindak sebagai agen pengelupasan alami, jus lemon mencerahkan , menyamarkan noda dan mendorong pertumbuhan kulit baru. Madu membuat kulit mulus, kencang dan lembab.

Resep # 5: Rendaman Air Mandi

Ini resep paling sederhana dalam penggunaan madu untuk kesehatan kulit. Tuang secangkir madu organik ke dalam air mandi Anda. Berendam beberapa saat di dalanya. Kalu rutin melakukan, kulit terasa lebih licin dan lembab. Mandi pun terasa lebih indah bersamanya 🙂

Selamat mencoba!

Source

@eviindrawanto

17 thoughts on “Madu Untuk Kesehatan Kulit

  1. Kalau 1s/d 5 kayanya sudah semua, tapi tidak sering. Dan bedanya nomor 5 tidak berendam, namun pakai sabun madu. Jadi sudah komplit. Bukan berarti mau di madu ya Mba. He,,, he,,, he,,,,,

    Salam wisata

  2. penggunaan madu untuk perawatan dari luar ok, dari dalam sip, malah sebagai obat pun sudah tokcer sekali, ia khan mbak evi – the hidden of beauty kali ya…

  3. Wahhh, tipsnya bermanfaat banget Mbak..
    Tapi masalahnya, di pasaran kan banyak banget madu yang palsu dan banyak campurannya. Gimana kalau kasusnya seperti itu Mbak? Adakah tips dan trik memilih madu yang asli?

    1. Untuk saat ini, untuk memastikan asli atau bukan, yang paling pas emang baru lewat labarotorium, Mbak Prit. Selain itu hanya duga-duga, cerita pengalaman yang tak berlaku bagi tiap jenis madu dan mitos 🙂

  4. tiap mau cuti aku pasti nyegat penduduk yang balik dari hutan buat beli madu. tapi aku sendiri malah ga pernah ngonsumsi, semua dibawa pulang buat stok anak-anak di rumah…

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?