Kisah Bunga Mawar

kisah bunga mawar
Aku Sedang Penuh Cinta dan Hasrat

Kisah Bunga Mawar – Dari Kecantikan Sampai Bahasa Rahasia

Benar kata orang tua dulu bahwa  berkawan dengan tukang minyak wangi kita akan tertular wanginya. Gara-gara berkawan dengan Mbak Dani, Mbak Nella, Mbak Ely dan si Peri Kebun, nama yang sudah terkenal sebagai penyuka tanaman, akhirnya saya menyadari panggilan jiwa, harus melakukan sesuatu demi mengayomi kesukaan memandangi bunga-bunga cantik yang sering dipajang di blog mereka. Setidaknya  beberapa pot mawar di halaman cukup lah, bisa membuat saya tampak lebih “nyonyawi” (feminim maksudanya).

Bukan berarti kisah bunga mawar membuat saya sekarang tiap hari mengaduk tanah atau sibuk dengan pupuk . Belum segitunya lah. Menyiram pun lebih banyak dilakukan suami. Tapi  hobi baru ini cukup menyenangkan. Mendatangi pot bunga mawar di bawah pohon jambu dan memeriksa kehadiran putik yang bakal jadi calon mahkota bunga sudah bisa mengangkat mood saya.

Sudah dua minggu ini beberapa pentolan mungil pada ujung tangkai mawar saya mulai berpecahan. Pertama yang berwarna merah. Kemudian di susul putih. Lalu pink. Sementara yang kuning  masih dalam penantian.

Yang agak mengherankan pot berisi mawar putih mengapa kelopaknya mekar dalam semu pink ya? Dan Pink berimprovisasi dengan putih? Memang sih mereka hidup berdampingan. Apakah sudah terjadi penyerbukan silang?

Tapi tak mengapa. Tiap kkelopak yang merekah itu pun sudah cukup memberi saya keriangan yang aneh. Pagi dan sore saya datangi mereka. Sekalipun tak sewangi bunga rose jaman dulu, suka mendekatkan hidung di dekat putik sari. Sekedar menelusur jejak aroma dari kisah bunga mawar yang selama ratusan tahun sudah mempesona orang sebagai simbol cinta.

Sepertinya mawar merupakan salah satu bunga yang paling banyak ceritanya. Ini beberapa yang saya copas dari sini

Ini mawar pink bersemu putih

Kisah Bunga Mawar Terekam Sejarah

  • Pesona magis dari bunga mawar bisa kita telusuri lewat kebiasaan pesohor jaman dulu. Lantai istana Cleopatra selalu  berkarpet kelopak mawar nan lembut ini. Filsuf Konfusius memiliki  600 buku  tentang cara merawat mawar dalam perpustakaannya.
  • Wherefore art thou rose? Shakespeare tak kurang dari 50 kali mengacu pada mawar sepanjang tulisan-tulisannya.
  • Mawar tertua di dunia berusia 1.000 tahun dan sampai saat ini masih terus dikembangkan. Itu lah yang tergores pada dinding Katedral Hildesheim di Jerman.

Putik mawar merah untuk pedekate

  • · Terkisah lah seorang gadis cantik bernama Rhodante semasa kekaisaran Romawi. Kecantikan itu telah menarik banyak pria untuk datang mengejar dan melamarnya tanpa henti. Lelah oleh pengejaran itu, Rhodanthe terpaksa berlindung di kuil temannya Diana. Sayangnya Diana malah iri hati. Ketika para pelamar itu berkerumun di gerbang kuilnya untuk mendekati Rhodanthe tercinta, Diana yang marah merubah Rhodanthe jadi bunga mawar dan para pria kesengsem jadi duri.
  • Menurut Mitologi Yunani mawar mendapatkan namanya dari Dewi Aphrodite.
  • Soal romantisme serahkan pada orang Perancis. Karena mereka lah pertama-tama memberikan mawar sebagai simbol cinta. Pada abad ketujuh belas penjelajah Perancis Samuel deChamplain yang pertama kali membawa mawar ke Amerika Utara untuk dibudidayakan.

Mawar Berduri punya tetangga

  • The Red Rose Society didirikan pada tahun 1999, menyediakan tempat yang unik untuk dikunjungi maupun bergabung bagi semua pecinta mawar dari seluruh dunia!
  • Baru-baru ini, arkeolog menemukan sisa-sisa fosil mawar liar lebih dari 40 juta tahun. Mereka benar-benar awet muda.
  • Orang-orang Yunani kuno menggunakan mawar untuk asesoris pada berbagai acara perayaan. Menghiasi diri dengan karangan dan memercikan tubuh dengan minyak mawar yang wangi.
  • Mawar merah pertama yang terlihat di Eropa adalah ‘Slater Crimson China,’ diperkenalkan tahun 1792 yang di datangkan dari China. Mawar ini sebelumnya tumbuh liar di pegunungan. Segera saja mawar cantik itu digunakan dan budidaya secara luas.

Maukah kah mencintaiku?

  • Istri Napoleon Bonaparte,  Josephine begitu memuja mawar, ia menumbuhkan sekitar 250 varietas.
  • Rose adalah bunga cinta. Ini diciptakan oleh Chloris, dewi bunga Yunano, tapi dari tubuh tak bernyawa nimfa yang ia temukan satu hari dalam hutan. Dia meminta bantuan Aphrodite, sang dewi cinta yang memberinya kecantikannya. Dionysus, dewa anggur, menambahkan nektar untuk memberinya aroma manis. Dia juga diberi tiga rahmat yang membuatnya punya pesona, kecerahan dan sukacita. Lalu Zephyr, Angin Barat, meniup awan sehingga Apollo, dewa matahari menyinarinya dan membuat bunganya mekar. Dan Rose telah lahir dan segera dinobatkan sebagai Ratu Bunga “Dikutip dari Pickles, Sheila The Bahasa Bunga (New York: Harmony Books, 1989)…
  • Tablet tanah liat yang digali dari  kuil Ur di Irak berbicara tentang pengiriman air mawar yang ditujukan untuk Sultan Bagdad. Sultan menggunakan tidak kurang dari 30.000 botol air mawar setahun, untuk membuat kamar berbau harum dalam haremnya yang luas.

Pink rose. Kalau ini pinjam dari kebun orang lain

  • Seorang Jenderal bernama Saladin mengirim kafilah unta sarat dengan air mawar melalui kekaisarannya untuk membersihkan masjid setelah tentara salib mendudukinya.
  • Sampai awal abad ke-19 kelopak mawar kering diyakini memiliki kekuatan misterius. Napoleon memberi anak buahnya kantong kelopak mawar yang dididihkan dalam anggur putih, untuk menyembuhkan keracunan timbal dari luka tembak. Bahkan saat ini, air mawar masih digunakan untuk menyegarkan tangan sebelum pesta, perayaan dan salam. Digunakan mulai dari Timur Tengah sampai ke India utara.
  • Ada bahasa mawar yang khusus diciptakan sebagai sarana komunikasi rahasia antara kekasih yang tidak diizinkan mengungkapkan cinta satu sama lain secara terbuka di harem Timur Tengah. Pada pertengahan abad ke-18 Lady Mary Wortley Montagu, istri duta besar Inggris di Konstantinopel, menggambarkan hal itu dalam surat-suratnya, yang diterbitkan setelah kematiannya. Surat-surat ini terinspirasi banyak buku tentang bahasa bunga, masing-masing menggambarkan pesan rahasia yang tersembunyi di setiap bunga. Sebuah putik mawar merah ungkapan dari keinginan awal alias pedekate. Mawar putih terbuka meminta jawaban dari “Maukah kau mencintaiku?”. Sementara mawar merah terbuka berarti “aku sedang penuh cinta dan hasrat”, sedangkan mawar kuning terbuka bertanya “Apa kau tidak mencintaiku lagi?”

Begitu lah sekelumit kisah bunga mawar yang menarik. Suka kah dirimu pada mawar, teman?

@eviindrawanto

36 thoughts on “Kisah Bunga Mawar

  1. Harumnya mawar Uni Evi menguar menyenggol indera penciuman saya loh.
    Khas Uni Evi si cantik mawar berduri mengundang kembara pikir antar zaman.
    gradasi warna pink-putihnya cantiik sekali Uni. Salam mawar

    1. Makasih Kang Yayat. Tapi belum pernah berhasil bikin foto tajam seperti dirimu. Aku terlalu malas otak-atik technical camera disamping masih malas juga belajar tehnik foto yang baik 🙂

  2. whuiiih… tjantiknyaaa…! mawar memang sll memukau dgn pesona warna dan wanginya. Uni sudah berhasil menjadi si tangan dingin, nih.. 😛

    1. Belum sampai bertangan dingin sih, May. Belinya kan juga sudah setengah jadi. Aku pilih dari titik-titik yang kelihatan tanda-tanda bakal jadi bunga..Gak tahu nih kelanjutannya. Tapi aku sih sudah siap dengan humus hehehe..

    1. Makasih Mbak Nella..Belum sebagus mawar yang tumbuh di berandamu..Tapi emang lumayan lah sekarang jadi bisa motret bunga sendiri 🙂

  3. Tak disangka kisah Mawar itu beragam macam …

    Dan celakanya …
    nama mawar itu populer untuk menyamarkan nama di media massa. Apa salah si Mawar sehingga di konotasikan seperti itu …??? (sebagai korban dan sebagaiannya)

    Salam saya Bu Evi

    1. Ini mungkin karena yang bersangkutan adalah korban pelecehan, dan mawar menggambarkan bunga yang sedang mekar dengan indahnya, dijaga dengan baik dan gampang rontoh ketika tersentuh

    2. Iya apa salah mawar coba, Mawar disuruh menggantikan Jon Doe..Mungkin disini gak lazim menggunakan nama Doe kali, Om, jadi lah Mawar yang dikorbankan 🙂

    1. Iyah itu dia Mbak Idah..Untung si Rodhante cuma satu, jadi wanita diseluruh dunia tak perlu iri kepadanya..:)
      Mawar kuning cantik tapi digunakan untuk mengungkap ketidak berdayaan yah..Mestinya pakai mawar hitam hehehe..

    1. Wow begitu berkesan ya Pak Samsuni sehingga puisi mawar masih disimpan sampai sekarang. Apa personifikasi si Mawar masih ada juga sampai sekarang?

  4. Cantik-cantik mawarnya Bu
    Saya suka sekali dengan mawar, tapi kalau mau menanam kok agak ragu2, karena saya sering bepergian, kasian kalau mati 🙂

  5. entah kenapa sy dulu gak suka bunga mawar. Padahal rumah kakek-nenek halamannya ditanami mawar lokal. Tp sy benci liatnya.

    Eh, giliran sy nikah malah sy pengen dekorasinya di dominasi sm mawar dan lily. Sy malah gak mau ada melati menghias kepala sy. Maunya mawar.

    Mawar emang misteri buat sy hihi

    1. Oh ini baru pertama kaoi mendengar Mbak Myr, yang tadinya gak suka mawar malah saat nikahan gak mau bunga lain selain mawar. Benar2 misteri hehehehe..

  6. mba, seriusan itu koleksi pribadi?
    wiiiiii…. klo ditempatku cuma punya bunga mawar yg wangi warna pink ngejreng.. lainnya ga pada hidup 🙁

    1. Mbak Hilsya, yang bukan koleksi pribadi ada tandanya, dipinjam dari kebun lain atau milik tetangga..
      Lumayan lah masih punya mawar mbak Hil, masih ada yg bisa dipandangi 🙂

  7. Jaman masih di desa, bunga mawar warna-warni menjadi pemandangan sehari-hari. Karena desa saya di lereng gunung, maka bunga mawar itu tumbuh dengan suburnya bahkan sampai dijual segala.
    Setelah tinggal di kota yang panas, bunga mawar menjadi sesuatu yang susah didapat. Bunganya cepet layu dan pohonnya kurus.
    Tumbuhnya juga lelet banget.

  8. bunganya cantik cantik mbak, keren deh fotonya 🙂

    terima kaish byk ya mbak link blog saya ada di postingan ini 🙂

    .. dann terima kasih byk sekarang saya nggak harus ngetik data data lagi kalau mau berkomentar di sini 😛

  9. Wow, kisah dan sejarahnya bunga mawar yang lengkap sekali. Walau saya suka berkebun, sayangnya mawar bukan tanaman favorit, ada beberapa dikebun kami hanya karena setiap kebun kata orang harus ada mawar.

    Yang saya tahu memang warna bunga mawar bisa sedikit berubah karena keadaan cuaca.
    Kalau perubahan bunganya drastis sekali, mungkin tumbuh dahan dibawah batas grafting (stek).Banyak tanaman mawar yang bunganya bagus tapi akarnya kurang kuat jadi distek (grafted) diatas batang jenis mawar lain yang mungkin bunganya kurang bagus tapi akarnya kuat. Kalau ada batang baru tumbuh dibawah batas stek harus dipotong, selain karena bunganya akan drastis berbeda, juga bisa tumbuh terlalu cepat mengalahkan jenis mawar diatasnya.

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?