Kegunaan Gula Semut

Kegunaan Gula Semut – Alternatif Pengganti Gula Biasa

Harus diakui bahwa gula semut (palm sugar) belum seterkenal gula pasir atau gula putih. Tak heran masih banyak masyarakat minta penjelasan, apa sih gula semut dan apa pula kegunaannya?

kegunaan gula semut

Tak kenal maka tak sayang. Kurang terkenal bukan berarti gula semut dilupakan. Walau kegunaan gula semut saat ini terbatas, saya optimis, seiring naiknya tingkat kesadaran kita tehadap kesehatan, gula semut akan menanjak popularitasnya. Apa lagi jika arah pasarnya dipertajam, pemanis yang berasal dari nira tanaman aren ini bukan tak mungkin digunakan orang sebagai pemanis sehat.

Berbagai Kegunaan Gula Semut

Tanda-tanda ke arah itu sudah terlihat. Saat ini kegunaan gula semut sebagai pemanis kopi sudah lumrah. Tidak percaya? Coba deh sentuhkan pengalaman lidah dengan legitnya gula semut dalam kopi tubruk, kopi creamer bahkan ke dalam secangkir cappuccino. Apa lagi jika dikawani panganan kecil rasa tawar mau pun asin. Sungguh aroma kopi yang menyeruak diantara kue membuat sore berubah ceria.

kegunaan gula semut
Gula semut dalam kemasan
  • Begitu pula jika sahabat penyuka eksplorasi rasa, coba kombinasikan rasa pahit dari teh hitam atau liang tea dengan gula semut. Tak ada yang menandingi kesegaran es liang teh dengan gula semut aren di tengah siang yang terik .
  • Nuansa tradisinya dari aroma karamelnya sanggup merangsang kenangan kita terhadap kulinari nenek moyang. Taburkan gula semut pada irisan timun suri atau potongan alpukat, bo’ong aja kalau gak ketagihan.
  • Kegunaan gula semut lainnya adalah sebagai penguat rasa disamping meningkatkan khasiat dari  minuman herbal. Tradisi Indonesia sudah lama memasukan gula semut aren ke dalam seduhan kunyit asam, temulawak, wedang jahe dan lain-lain. Saat itu masih dalam bentuk gula cetak atau gula batok. Minuman herbal semacam itu berguna meningkatkan kebugaran tubuh. Fungsi gulanya akan melompati hambatan emosi untuk minum jamu yang pahit.
  • Sudah pada tahu belum bahwa gula semut digunakan dalam industri rokok? Iya perusahaan rokok menggunakan gula semut aren guna menaburkan rasa manis yang khas terhadap tembakau yang akan dilinting jadi sebatang rokok. Saya juga belum lama tahunya.
  • Perusahaan roti ( bakery), kue- kue, kecap, sirup, makanan bayi bukan hanya memanfaatkan rasa manis dari gula semut. Tapi  juga warna coklat dan kehitamannya yang khas. Terutama  untuk makanan bayi digunakan sebagai pewarna alami untuk memperkuat tampilan fisik.

Jadi begitulah kegunaan gula semut. Banyak sekali ya temans?

Arenga Indonesia
Jl. Sutera Gardenia 5/22, Alam Sutera
Serpong – Tangerang
http://arengaindonesia.com
@eviindrawanto

25 thoughts on “Kegunaan Gula Semut

    1. Hehehe..Yah saya akan terus menulis tentang gula semut agar lebih banyak lagi orang mengenalnya. Thanks ya, Jeng Lid 🙂

  1. Wah.. aku sih ngefans banget sama gula semut Mbak Evi. Paling suka kalau makan roti diolesin mentega dan ditaburin gula semut di atasnya… hm..nyam nyam..

  2. Gula semut itu eunak banget, dan bisa sebagai pelengkap rasa kalau buat makan roti, dan minum wedang jahe yang di campur dengan kopi Mba. Jadi segar badan.

    Salam wisata

  3. dua tahun atau tiga tahun lalu, dokter mengharuskan saya mengkonsumsi gula aren, awalnya gimana gitu rasanya. Lama-kelamaan enak juga bahkan lebih enak dibandingkan dengan gula tebu dan terpenting memang khasiatnya lebih enak terhadap kesehatan tubuh saya

  4. Terus terang saya lebih suka minum dawet atau es yang pakai gula merah. Rasanya lebih asyik. jaman dulu kopi di kampung kan juga pakai gula merah jeng.
    Terima kasih infonya
    Kemasannya bagus

    Salam hangat dari Surabaya

  5. Membaca pemaparan Bu Evi mengenai gula semut ini …
    pengen juga saya merasakan kenikmatan minum teh dengan menggunakan gula semut

    Salam saya Bu Evi

  6. Membaca postingannya Mbk Evi kembali membuat rasa tahu saya meluas.

    Saya belum pernah tau gula semut merah. Karena umumnya gula semut berwarna putih seperti yang kita tahu asalnya dari Tebu.

    Sementara gula merah jawa juga umum di lingkungan saya Mbk.

    Terimakasih untuk informasinya Mbk.

    Salam persahabatan dari Jember.

  7. Belum pernah nyobain gula semut
    Tapi kalo ngopi pake gula jawa sering nemu kalo pas keluyuran ke pedesaan. Suguhannya kopi pahit plus sepiring gula. Sebelum nyruput kopinya, kunyah dulu gulanya…

  8. Rasa alaminya itu .. enak sekali. Sy paling suka ngemil gula semut kak hehehe. KAlo ditaruh di kopi, memang enak. ALhamdulillah sudah sempat merasakannya 🙂

  9. Banyak banget. mbak!
    Sepertinya saya bisa ngebayangin rasa gula aren instan di minuman kaleng, tapi kalo nyobain rasa asli seperti yang mbak tulis ini belum pernah, mbak…ehm, menarik juga nih buat dicoba 🙂

  10. palm sugar dan brown sugar beda kan ya mbak ?
    Kalau gak salah palm sugar adalah gula aren, sedangkan brown sugar bersala dari gula kelapa/jawa ?
    bgmn cara mendapatkan palm sugar ?

  11. mau tolong tanya mengkonsumsi gula semut bagaimana pengaruhnya bagi orng yg punya penyakit diabetes, terimakasih

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?