Bunga Kecubung

Bunga Kecubung – Si Cantik yang Beracun

Pengemar komik silat Indonesia pasti pernah membaca bahwa salah  satu racun mematikan disebut kecubung.  Terutama kecubung biru. Racun tanaman ini digunakan  pendekar aliran hitam dengan mengoleskan pada pedang mereka. Korban yang kena tebas senjata beracun ini akan mati perlahan dalam penderitaan. Setidaknya begitu lah perkenalan pertama saya dengan kecubung, tanaman mengandung zat membayakan kesehatan tubuh!

bunga kecubung

bunga kecubung

Bunga Kecubung yang cantik

Tapi siapa sangka kecubung ternyata berbunga cantik. Bentuknya seperti lonceng, menggantung, melambai tersentuh angin saat berjumpa dengannya kemarin. Dengan warna putih bersih, kelopaknya yang lembut, dengan  guratan melengkung di tepi membuat  siapapun bisa jatuh cinta kepadanya. Ironisnya,menurut literatur tanaman obat, yang warna putih ini lah jenis kecubung paling beracun.

kecubung merah jambu

image

Bunga kecubung bersemu merah jambu pernah saya lihat  di Puncak Cisarua beberapa waktu lalu. Kemarin pun bertemu gara-gara memperhatikan seorang ibu-ibu serius banget memotretnya. Setelah ibu itu pergi saya pun mendekat, ikutan memotret.

Ada lagi kecubung bersemu ke kuningan. Terheran mengapa tanaman beracun ini perlu diberi bunga begitu cantik. Mungkin itu penyebab sekalipun beracun orang masih suka memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

bunga kecubung kuning

Bunga kecubung memiliki khasiat pengobatan. Dalam ramuan obat cina untuk penderita diabetes, daun kecubung acap digunakan. Tapi karena kandungan zatnya sangat keras tidak dianjurkan digunakan sembarangan.

Salam dari Evi.
Posted from WordPress for Android

43 thoughts on “Bunga Kecubung

  1. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again…sambil lirik kiri kanan nyari ketupat….salam 🙂

  2. Bunganya cantik, ya..

    Herannya, biarpun sudah banyak yang tahu kecubung itu beracun, dulu ada saja berita orang keracunan gara-gara ngerujak kecubung -_-

    1. Mereka menggunakan efek biusnya ya,Mas. Itu sebab mengapa kecubung merupakan salah satu pohon dengan imaji negatif seperti ganja 🙂

  3. Bunganya cantik sekali, ternyata beracun. Mbak Evi, bungan kecubung ini ko mirip bunga terompet ya?. Disini juga ada bunga-nya besar-besar, nah apakah bunga kecubung ukurannya juga besar?

    1. Batu kecubung itu cantik sekali ya Pak Mars..Warna ungu mengkilat dan transparan, mirip warna bunga. Saya suka melihatnya 🙂

    1. Kayaknya ulat yg makan gak ikutan mabok deh Mbak Lid, makanya dia suka juga terhadap daun kecubung ini.

      Terima kasih. Maaf lahir batin juga ya 🙂

  4. Makanya gak boleh ketipu dengan tampilan yang cantik ya mbak…takutnya beracun juga kayak si kecubung..hehehehe

  5. Jadi inget waktu penelitian di bromo mbak

    Air bunga kecubung juga bisa digunakan untuk mengobati sakit mata atau mata merah mbak

  6. Saya pernah dengar mengenai efek kecubung yang beracun ini …
    dibalik bentuk rupa yang indah …
    terkandung pula racun yang merepotkan …

    🙂

    Salam saya Bu Evi

  7. kalo di kampung, kecubung dipake untuk obat asma. dibikin seperti tembakau lalu dirokok. yang bikin mematikan sebenarnya karena overdosis. kecubung itu ampuh tapi reaksinya lambat. orang kadang ga sabar makanya nambah lagi nambah lagi.
    kelebihan kecubung, karena reaksinya lambat, kasiatnya juga awet ga gampang ilang. makanya yang mendhem kecubung suka dianggap orang gila orang bisa seminggu belum sembuh efek lambatnya reaksi tadi…

    1. Oooo..Begitu..Jadi kalau mabok kecubung, bakalan lama hilangnya ya, Mas. Pantasan dipakai para pendekar jaman dulu untuk menyiksa musuh-musuh mereka 🙂

  8. Koleksi foto aneka kecubungnya komplit nih Uni Evi. Yang warna pink sangat jarang lihat. Selalu ada manfaat dibalik takaran yang tepat ya. Salam

  9. grumbulan kecubung yang mengantung memang selalu menarik perhatian, uni..

    cantik, beracun, namun dibutuhkan juga..
    aihh, karakternya kayak kita2 ini ya un.. #ngakak jungkir balik.

  10. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Cantik dan indah sekali bungan kecubung ini. Pertama kali saya melihat secara “hidup” bunga dan pokoknya di foto mbak Evi.

    Kalau bunga palsunya saya miliki sebagai bunga hiasan dengan warna kuning dan putih. Tidak tahu pula saya, adanya bunga jenis beracun seperti ini ya. Cantik tetapi punya ironis tersendiri yang bisa membawa tragis.

    Informasi yang bermanfaat untuk saya berhati-hati kalau akan bertemu bunga kecubung yang cantik ini. Ternyata bukan sembarangan bunga. seperti kita juga mbak, bukan sebarangan wanita tentunya. 😉

    Salam manis buat mbak Evi dari Sarikei, Sarawak. 😀

    1. Waalaikumsalam, Mbak Fatimah
      Ya saya juga pernah melihat bunga kecubung plastik. Mungkin karena bentuknya yg cantik orang melupakan bahwa dia beracun ya, Mbak 🙂
      Salam manis juga dari Serpong 🙂

  11. Wah penggemar cerita silat juga rupanya sampai tahu racun kecubung biru segala 😀
    Tapi terus terang aku baru tahu lho Mbak kalau bunga seperti itu ternyata bunga kecubung dan warnanya juga macam-macam.

  12. Jadi ingat anak tetangga yang pernah menceritakan bunga ini yang sering dipakai untuk perbuatan negatif teman-temannya Mba.

    Salam wisata

    1. Rupanya banyak juga anak muda memanfaatkan kecubung untuk tindakan negatif ya Pak Indra. Pantas aja imej kecubung jadi kurang bagus..

    1. Waalaikumsalam.
      Kecubung merah itu aku juga gak tahu Mbak. Yang pink ini aku temukan di halaman sebuah hotel di Puncak..

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?