Melati Matamori

melati matomori
Melati Matomori mahkota bunganya berwarna ungu dan putih

Melati Matamori – Wanginya yang membius

Kalau kita menyebut bunga melati secara umum refrensinya adalah bunga perdu berwarna putih (jasminum sambac). Di Indonesia digunakan untuk berbagai keperluan seperti upacara keagamaan, pernikahan sampai kematian. Pemanfaatan dalam ekonomi pun beragam, selain sebagai tanaman hias, mahkota bunganya disuling untuk bahan baku parfume.

melati matomori

Suatu siang saat menghadiri Flona 2013, angin membawa aroma melati ke tempat saya berdiri. Karena tidak menemukan pohonnya saat itu saya bertanya dari mana gerangan asal aroma tersebut. Rupanya berjarak dua booth dari penjual bunga dimana saya berdiri terdapat sebatang melati matamori.

Mahkota bunga melati matamori berwarna ungu diselingi warna putih. Ini mungkin hasil persilangan sebab dalam satu ranting warnanya bisa berbeda. Tapi bentuk kelopak, daun dan batang kurang lebih sama dengan melati putih, tanaman perdu dengan banyak ranting yang juga dinobatkan sebagai “Puspa Bangsa” itu.

Apakah teman sudah mengenal melati matomari sebelumnya?

59 thoughts on “Melati Matamori

          1. iya mbak, termasuk tanaman hias dan memang di perjual belikan oleh para pedagang bunga di sini.
            Cara memperbanyaknya (yang saya liat) bisa di stek.

  1. Saya belum mengenal bunga ini walaupun di Surabaya atau Jombang mungkin ada ya jeng.
    Jika baunya wangi tentu banyak juga yang menanamnya
    Saya punya melati biasa
    Kalau ada melati ungu dan putih tentu lebih bagus untuk variasi taman
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Saya yakin pasti ada juga di Jatim, Pakde..Cuma belum bersirobok dengan Pakde saja bunga ini. Salam hangat Pakde..

  2. Saya sangat suka bunga melati mba 😀
    Wah itu ada ungunya, cantiknyaaaaa….kalo ada bibitnya boleh dong minta mba hihihi

    1. Sama kita Mbak Anny, aku suka segala wewangian yang muncul dari kelopak bunga. Sayangnya kemarin aku gak beli melati ini, gak ada ruang lagi buat menaruhnya Mbak 🙂

  3. uni sudah beberapa hari gak keliatan.. ternyata sibuk mencium wangi melati matamori. 😀

    di rumah hanya ada melati biasa, belum pernah lihat di manapun.
    ntar klo ke jkt minta beliin sama kak monda.. 😛

    1. Yah sedang gak mood menulis dan buka blog May, makanya berhibernasi sebentar..

      Apa kabar dirimu..Insya Allah sehat dan baik ya 🙂

  4. Sepertinya pohon melati ini sudah tua ya Mba, dilihat dari batangnya sudah tebal dan tua. Keren juga ya Mba, warnanya jadi ada dua warna.

    Salam wisata

    1. Flona yg tiap tahun diadakan di lapangan Banteng ini, emang tempat yg tepat untuk mencari tanaman2 unik Mbak Mechta 🙂

  5. Saya belum pernah lihat melati putih ungu ini Bu.
    Taunya ya yang putih.
    Melati coklat juga pernah lihat. Itu adalah melati yang diambil istri saya dari riasan pengantin. Jika sudah beberapa hari warnanya akan jadi coklat 😀

  6. Mbak Evi, aku paling suka aroma melati! 🙂 Tapi kalo yang satu ini, baru juga dengar namanya dari artikelmu ini lho! Ada yang berwarna ungu pula. pasti cantik dan berkesan mistis ya? Hihi. Wanginya sama dg melati putih juga kah? Penasaran deh!

    1. Aroma melati itu gak akan lekang oleh jaman. Aku suka banget kalau dari jauh mencium sembriwing bunga melati 🙂

    1. Terima kasih atas tambahan infonya Mbak Prih. Aku sudah baca ke sana. Tapi disana mereka tidak menyebut-nyebut soal aroma. Apakah ini benaran tanaman yang sama atau beda ya?

  7. hmm. aku malah baru tahu bunga Brunselfia ini namanya Melati Metamori, Mbak Evi.. Soalnya namanya di kampungku nggak cantik banget …Kembang Tengkorak.. (kasihan banget ya namanya…). Tapi di tukang tanaman ada juga yang menyebutnya dengan Melati Ungu hanay karena warnanya dan bentuknya mirip bunga melati. Nama Melati metamori kayanya jauh lebih cantik dan mudah diingat ya..

    1. Matamori jangan-jangan cuma penemuan dari yg jual tanaman Mbak Dani hahaha..Kreatif ya yg menamai..kesannya langsung connect dengan aromanya..:)

  8. Ini namanya melati costa, bunganya memang bisa berubah warna dalam 3 hari, hari pertama brrwarna putih, hari berikutnya biru muda atau keunguan, hari ketiga ungu sempurna, kemudian layu berwarna coklat

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?