BlogCamp: The Blog of Leadership

BlogCamp: The Blog of Leadership

BlogCamp: The Blog of Leadership

Saya sedang mengantuk di tengah pekerjaan sore saat seorang kurir mengetuk pintu rumah. Dia tersenyum sambil mengasungkan bawaan, ” Kiriman dari Surabaya, Bu”. Melihat kertas bungkusnya langsung senang. Ooh itu pasti buku dari Pakde Cholik, sang pemilik BlogCamp dengan tagline Bersahabat Tanpa Sekat itu . Karena Mas Kurir biasa mengirim ke rumah, kami sudah saling mengenal.  ” Buku lagi, Bu?”, tanyanya sambil tersenyum.  ” Iya Mas, alhamdulillah. Ada tulisan saya lho di dalam..”

Hahaha..Buku gratis, kurir kepo dan ibu rumah tangga yang lebay, cocok nian ketemu dalam sore yang membosankan.

Jadi ceritanya Pakde Cholik berinsiatif membukukan tulisan teman-teman Blogger yang ikut hajatan milad BlogCamp ke-3 tahun 2012 lalu. Judulnya BlogCamp : The Blog of Leadership. Dikomandoi oleh Om Trainer yang terkenal juga sebagai OM Nh18.

Teman-teman pernah makan gado-gado yang crunches dan gurih, bukan? Kira-kira seperti itu lah rasa dari beragam tulisan dalam buku ini. Maklum menggunakan gaya menulis bebas. Gak ada aturan harus begini-harus begitu. Apa lagi yang menulis berjiwa muda, terdorong cinta pada Pakde, bebas mengalirkan semua opini tentang  BlogCamp. Tak ketinggalan ada juga testimoni dari dokter gigi cantik Bukitting, agak misterius namun mengagumi kecepatan pertumbuhan BlogCamp.

Pengayaniaan Terhadap Pakde

Saya ingat beberapa hari sebelum hari ulang tahun BlogCamp yang jatuh pada tanggal 18 Juli 2012, ada seorang tersangka yang mengajak seluruh Blogger untuk melakukan penganiyaan terhadap Pakde. Dia bergerilya dari inbox ke inbox untuk melakukan gerakan sabotase terhadap persiapan yang dilakukan Pakde dalam memperingati hari lahir BlogCamp. Jadi apapun yang ditulis Pakde dicuekin. Entah itu status di facebook atau di tulisan di blog.

Gerakan bawah tanah itu rupanya disambut hangat oleh para blogger. Entah hari apa gitu, Pakde dibiarkan ngoceh-ngoceh sendiri, ketawa sendiri, nangis sendiri atau mlintir-mlintir kumis sendiri. Sementara dalam Group diskusi tertutup di Facebook banyak yang tertawa terpipis-pipis tiap kali Pakde update status.

Gerakan Menulis Serentak

Nah pas hari H, seluruh gerilyawan keluar dari persembunyian. Secara serentak mereka mengeluarkan tulisan tentang BlogCamp. Yang lucu, sehari sebelumnya pimpinan gerilyawan melakukan kesalahan. Tulisan yang seharusnya ngendon di draft sampai tanggal 18, eh mungkin karena banyak dosa terhadap Pakde, kok ya salah mencet tombol. Seharusnya Save doi pencet Publish. Dan dengan polosnya Pak Mars bertanya, ” Lah di feed saya tadi ada tulisan, kok begitu saya samperin tulisannya hilang, ya?”

Siapa kah tersangka itu saudara-saudara. Uncle Lozz! Iya blogger Jember yang tak sebarapa ganteng itu dan  juri GA pertama saya..:)

Nah seluruh artikel yang terdapat dalam buku BlogCamp: The Blog of Leadearship ini merupakan kumpulan cerita dari kejutan ulang tahun BlogCamp yang ke-3.

@eviindrawanto

43 thoughts on “BlogCamp: The Blog of Leadership

  1. wkwkk ternyata sepandai2nya uncle Lozz mengatur rencana, ternyata salah pencet juga. 😛

    senang ya uni.. tulisan kita dijadikan buku sam pakde.
    kapan lagiii amay ini punya kesempatan nampang.. 😛

    1. Iya May, waktu itu dia tobat2 minta maaf. Iya senang banget ya, akhirnya nama kita di print juga dalam sebuah buku. Walau keroyokan…Makasih banget pada Pakde soal ini…

  2. Perhelatan penulisan massal ini bukan saya yang mengkomandoi Bu …
    Saya hanya ikut berpartisipasi saja … hehehe

    Tetapi kok ya Alhamdulillah Pak De berkenan untuk mengambil judul tulisan saya sebagai judul buku kali ini …

    Saya yang belum pernah sama sekali menulis buku … (antologi sekalipun) merasa senang ada tulisan saya dibukukan

    Salam saya Bu Evi

    1. Dengan judul tulisannya jadi judul buku, tetap saja ceitanya jadi komando kan, Om?

      Yah, Insya Allah buku ini sebagai tangga awal dalam mengembangkan kepenulisan kita ya, Om. Amin

  3. Saya rasa buku itu menarik karena ditulis oleh banyak orang dengan latar belakang berbeda. Pengen deh memiliki buku itu. Bagaimana cara mendapatkannya?

  4. Saya secara pribadi banyak belajar dari semangat Pak Dhe dari mulai awal merintis blognya Mba, hingga melhirkan blog-blog yang baru dengan ide-ide kreative beliau yang selalu saja membuat dan memancing kreative para penulis blog dari rekan-rekan untuk dapat mengasah gaya penulisannya secara inovasi.

    Dan buku itu merupakan sebiah museum karya besar dari kreativitas gabungan yang penuh dengan warna yang memberikan semangat di kalangan masyarakat luas, bahwa dengan website blog kita dapat berkreatifitas dan bersilaturahmi dan berkarya.

    Salam wisata

    1. Betul Pak Indra, Pakde itu gak pernah mati kreativitasnya. Ladang blognya terus bertumbuh..Energi beliau susah ditandingi hehehe..

  5. ternyata kang lozz akbar jadi tim suksesnya pakde dalam ultah blog camp yah senangnya dapet bukunya yang dikirim dari pakde mbak evi heheheh

  6. saya ga diajak ikutan waktu itu, hiks. Pasti si satpam yg tak seberapa ganteng itu lupa ma saya 🙂

  7. Haha.. sampai sekarang saya ingat betul bagaimana dulu teman-teman secara diam-diam ngerjain Pakde, Seandainya tau kalau akan dibukukan saya bakalan nulis lebih panjang Mbak hihi

  8. Ahaaaa…iya mbak Evi, jadi inget pas kita kasih kejutan buat Pakde itu…rasanya kok kayak baru kemarin ya!
    😉

  9. Gerakan serentak nulis buat pakdhe, kan saya ikutan..ya meski hanya sederhana.

    Kira-kira kut masuk dalam buku gak ya…#kepo

  10. senangnya buku dari pakde cholik sudah sampai. Ane cuma ngiler doang lihatnya. Semoga proyek penerbitan buku warung blogger nanti dikirimin juga. Ngarep.com sob hehehe

  11. hihihii, masih suka senyum2 kalo inget kejadian itu. Saya yang seharian ngga ol di FB, sampai di telp sama Nchie suruh buka inbox. Oalah, ternyata .. 😀

  12. Wah..ngakak mendengar ceritanya. Rupanya seru banget ya Mbak Evi..Sayang aku tidak terlibat dalam proses penganiayaan itu he he..
    Nggak kebayang bagaimana reaksi Pak De terhadap perbuatan yang tidak berperikebloggeran itu, sebelum kejutan yang sangat menyenangkan. Tapi saya duga Pak De kan die hard juga ya Mbak Evi..

  13. Ngikik baca tulisan kak Evi ini. Mosok sih blogger Jember itu tak seberapa ganteng?
    Trus kata “penganiayaan” kebolak-balik tuh kak hihihi.

    Yg paling saya suka bagian: kurir kepo, buku gratis, dan ibu rumahtangga lebay hihihi.

    Pakdhe dan BlogCamp memang ngangeni ya …. 😀

  14. hag hag hag… kumendang bintang toedjoe bisa juga ya disabotase, kebayang makin kriting tuh kumisnya pas dicuekin blogger sak kampong… xixixi…

    tapi abis itu mbikin pakde sumringah karena kejutan yang istimewa… salut buat penggagasnya 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?