Warna Coklat Gula Aren

Warna coklat gula aren tidak berasal dari pewarna sintetis. Coklat kemerahan dan kadang cenderung gelap itu dibawa dari alam. Tidak ada modifikasi apa lagi menambah pewarna buatan.

Bahan pembuatnya yakni nira aren memang berwarna bening. Warna coklat gula aren terjadi selama proses pemasakan. Saat kandunngan air menguap ke udara  terjadi reaksi kimia dari asam amino, protein, gula pereduksi, mineral dan beberapa enzim lain.Pelan-pelan warna nira berubah dari bening menjadi putih susu lalu mencoklat kekuningan, kemerahan sampai menjadi gelap.

warna coklat gula aren
Proses pencoklatan saat memasak gula aren

Selama poses pemanasan ini nira yang sudah berubah jadi sirup gula aren juga melepaskan aroma sedap ke udara.Kadang ada petani yang iseng, menceburkan sepotong singkong mentah yang sudah dikupas ke dalamnya. Rasanya enak sekali! Apa lagi bila teman santapnya adalah secangkir kopi gula aren. Selangit deh!

@eviindrawanto
Arenga Palm Sugar 
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

46 thoughts on “Warna Coklat Gula Aren

  1. Tetangga saya di kampung mengolah gula merah dari kelapa. Dan sewaktu kecil saya sering bantu-bantu ngolah karena seneng sekali dengan aroma harum gula dan nggak jarang sambil membawa singkong dan kadang kelapa muda kita masukkan ke dalamnya dan rasanya sangat enak

    1. Aroma manisnya kalau ketemu dengan patian singkong kayaknya klop banget Pakies..Dan nenek moyang kita mengetahuinya secara insting hehehe..

  2. singkong mentah dimasukan dalam air nira yang sedang menjadi karamel…
    whuiihh terbayang2 harumnya.

    jadi ingat setiap memasuki ramadhan, gulo anau kembali jadi barang mewah.
    mahalll… 😛

  3. Di daerah simbah saya, juga banyak yang bikin gula aren kayak gini Mbak..kalo ksana cemilanya singkong yg di masukin ke air nira…wowww…legiittt dan haruuummm!!!
    #jadi ngilerrrr ssshhhhhh !

    1. Kayaknya masak singkong dengan diceburin ke dalam gula yg sedang mendidih umum ya..Paling enek kalau singkongnya baru dibangkit dari tanah..Setelah dikupas, seger-seger begitu langsung deh dimasukan ke dalam gula..Berasa banget sedang makan singkong Mbak hehehe…

  4. kemarin lihat di TV juga ada acara dan cara membuat gula aren ini…. tapi melihat fotonya ini jadi tertarik nyobain kopi pake gula aren ya…

  5. kalo warnanya cerah malah meragukan bu
    payah sekarang banyak yang dicampurin obat kimia biar ga item
    alasannya karena permintaan pasar
    berarti pembeli sekarang emang lebih suka diracuni ya..?

    1. Tidak merah sih Mas..Kuning kecoklatan dengan tone hangat, itu yg saya maksud dengan kemerahan..
      Tapi memang pemakaian zat kimia pada gula aren atau gula tebu yg diaku sebagai gula aren sekarang emang sudah sangat meresahkan. Saya prihatin sangat dengan hal ini. Jadi kalau mau cari gula aren asli kayaknya mesti cari Arenga deh Mas hahaha..

  6. wiih… jadi penasara pengen melihat proses perubahan warna itu mbak… saat pemasakan berapa lama waktu yg dibutuhkan sejak bening berubah coklat kehitaman itu, mbak ?

    1. Satu jam diatas api warnanya juga sudah berubah Mbak Mechta. Tapi untuk jadi gula aren, kira-kira 3-4 Jam. Tergantung treatment dari perajin juga sih 🙂

  7. di daerah saya banyak petani yang mengolah gula aren, tapi sekarang produksinya semakin berkurang, ternyata banyak yang dijual dalam kondisi masih nira, tidak perlu repot mengolah dan harganya lebih tinggi, tapi sayangnya itu dijadikan bahan untuk membuat miras….

    1. Iya nira aren salah satunya emang dibikin minuman beralkohol. Menjual nira juga lebih mudah, gak pakai repot. Apa lagi kalau harganya lebih mahal dibanding dijadikan gula. Jadi deh desa itu jadi sumber penghasil minuman keras hehehee..

  8. Gula aren dulu sewaktu kecil sering saya ‘gado’, hoho. Rasanya seperti cokelat. Dan menggunakannya pada kue2 tradisional seakan tidak bisa tergantikan karena keunikan rasanya… Hmmm, kalau berbicara gula aren atau gula jawa jadi teringat klepon., kue favorite ^^

    1. Waktu saya kanak2, gula aren dibungkusin kecil2 dan dijual sebagai permen. Dibanding permen sekarang, permen gula aren kayaknya lebih baik deh 🙂

  9. Kalau ditempat saya ada pengolahan gula merah Bun, setiap sore baunya wangi, tak jarang pula saya membeli untuk saya bawa mudik ke Jember, kan lumayan harganya sedikit miring 🙂

  10. Sebuah warna dan rasa yang dapat menyegarkan kondisi badan Mba. Apalagi bila di seduh dengan jahe. Hm…….. pasti enak tenan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. Gula aren dan jahe itu sudah berjodoh sejak jaman kuno Pak Indra..Mengusir masuk angin dan meringankan gejala pilek 🙂

  11. Iya uni, kok jadi membayangkan singkong rebus yang ditambahkan gula aren atau gula jawa terus dimakan dengan parutan kelapa.
    Ngileeerrr 🙂
    ============
    Makanan nenek moyang bermuatan sejarah panjang di lidah kita Pakded hehehe..

  12. Gula aren memang lebih sedap ya mba? 😀

    Dan itu singkong dan gula aren itu memang enak sekali. Apalagi kalau gulanya dibuat mengental. Duuuh.. tetiba saya lapar..
    😀
    ===============
    Singkong dengan gula aren itu juga bisa digunakan untuk mengganjal lapar Mbak Rini hehehe…

  13. walah mbak,,minta singkong nya yang dah di masukkin gula aren tersebut dongg,,rasanya uenakkk banget,,saya dah lama gak makan.hehehe

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?