Srikandi Moderen dan Senjatanya

Srikandi moderen dan senjatanya. Mengapa kita perlu membahas ini? Karena kekuatan Srikandi terletak pada senjata itu.

Dalam cerita wayang senjata Srikandi disimbolkan sebagai panah dan busur. Bilah runcing dan tajam pada ujung itu akan melesat menuju sasaran bila dilepas dari busurnya. Entah untuk melukai atau melindungi diri, senjata  itu membuat Srikandi gagah dalam gemulai kefeminimannya. Mestinya memang harus begitu. Ide maskulinitas tak melulu berasosiasi pada otot. Maskulinitas yang feminim terutama, sebagai halnya panah Srikandi yang tajam, disandang wanita di kepalanya.

srikandi moderen dan senjatanya

Senjata Srikandi juga simbolisasi dari kebebasan. Dimanapun menancap disana terletak titik dari suatu keputusan.  Menancap pada jantung sendiri akhirnya membelenggu. Menyeh-menyeh dalam penderitaan. Membiarkan  bebas berkeliaran mungkin akan memicu perang bintang. Pada akhirnya si pemilik harus sadar bahwa tidak ada kebebasan yang benar-benar bebas. Kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain.

Mungkin itu lah mengapa senjata Srikandi moderen dan senjatanya itu harus dilengkapi kebijaksanaan. Tanpa kebijaksaan senjata Srikandi fungsinya cuma satu : Merugikan orang lain! Selamat hari Kartini untuk teman-teman semua 🙂

Diikutkan pada Kontes Unggulan : Sehari Menjadi Srikandi

@eviindrawanto

34 thoughts on “Srikandi Moderen dan Senjatanya

  1. setuju banget deh sama senjatanya srikandi yang ini….
    pasti hadil fotonya bagus bagus tuh, senjatanya manteb banget sih

    selamat hari kartini….
    ==============
    Senjata boleh canggih. Tapi kalau belum menguasai tehniknya atau kurang berlatih, hasilnya masih it’s so so Mbak Elsa. Selamat hari Kartini juga untukmu 🙂

  2. Walaupun jaman sudah modern, dan Srikandi menyesuaikan senjatanya dengan pengetahuan dan teknologi yang terakhir, …Srikandi tetaplah seorang wanita yang memiliki sisi-sisi yang tak tercemari maskulinitas he he
    ============
    There is no mssculinity in our DNA Mbak Dani. Sekalipun wanita tampak gagah, di dalamnya mereka tak kuasa menolak kehendak alam bahwa di dalam tetap perempuan. Perempuan dengan berbagai kelebayannya 😉

  3. selamat hari Kartini!

    good luck ya bu buat kontesnya… 🙂
    ============
    Terima kasih Ko Arman 🙂

  4. Mbak, itu ada bapak2 ngelirik, kayaknya pengen di potret sama mbak Evi deh … hehe
    Sukses ya GA-nya.
    ===============
    Haaaa..Merhatiin aja Mbak Dey..Mungkin dia juga heran, lah kok ini emak-emak kebagusan apa dipotret-potret segala

  5. Selamat hari kartini Mbak,
    ikut juga to kontesnya…
    Kok fokusnya ke begron mbak hihi 😀
    ================
    Maklum Un, pake ponsel yang setelannya selalu autofocus..Modal paling keren dalam fotografi hehehe..
    Makasih. Selamat hari Kartini juga untuk Una 🙂

  6. dan Srikandi modern, harus lebih banyak, tidak berfokus pada satu, dua hingga tiga tokoh saja, agar lebih berkembang, dan menambah warna-warni hidup ini
    ============
    Begitu lah Mas Andy..Srikandi moderen hidup dalam kelimpahan. Asal mau dia bisa jadi apa saja 🙂

  7. dan.. hasil bidikan senjata Srikandi modern satu ini… keren2… 🙂
    ============
    Jiaaaahhh..Belum lah Mbak Mechta. Masih banyak yang harus diperbaiki. Anyway thanks ya 🙂

  8. Wah srikandi sekarang bersenjata kamera ya mbak….

    Sukses ya untuk kontesnya
    =============
    Hehehe..Senjatanya banyak Mas Insan..Camera salah satunya. Terima kasih ya 🙂

  9. srikandi gula aren kadang harus bisa beraksi dengan peralatan lain.. tidak melulu bergulat dengan pelepah enau.

    sukses uni..!
    ===========
    Betul May..Mengasah senjata utama dengan senjata-senjata lain. Semoga saja bisa menajam seiring usia ya..Bukannya tambah lemot 🙂

  10. Selamat memeringati Hari Kartini 2013.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan Sehari Menjadi Srikandi
    Nantikan pengumuman hasilnya tanggal 1 Mei 2013
    Salam hangat dari Surabaya
    ==============
    Sama-sama Pakde. Terima kasih kembali 🙂

  11. selain kamera keren, skarang senjata Srikandi ponsel pintar dan laptop ya Mbak. Semoga berjaya di kontes Pakdhe 🙂
    ============
    Dengan seluruh senjata itu Srikandi moderen berkiprah dari mana saja Mas. Membuka pintu bagi peluang-peluang yang tak terbayangkan sebelumnya 😉

  12. Ckckckck … kegiatan Bunda Evi warna-warni sekali … luar biasa.
    Ijin ambil fotonya ya Bun 🙂
    Tks
    ———
    Kegiatannya warna-warni itu juga sbg pembuka kartu Kang bahwa kerjaannya kurang fokus. Hehehe..Makasih ya kang Yayat
    Salam

  13. sebentar … sebentar … pekerjaan Mak Evi sebenarnya ini apa? kok sekarang jadi potografer? wah ….
    ============
    Wah..wah..Pekerjaanku apa ya? Kasih tahu jangan ya? Hehehe..

  14. Senjatanya tidak memnyakitkan kok bun 🙂 good luck ya bun dengan kontesnya
    ==========
    Tergantung niatnya juga sih Mbak Lid. Kalau dipakai untuk menyakiti ya pasti bisa juga 🙂

  15. Selamat hari Kartini bu Evi …
    kalau bu Evi ini seorang Srikandi yang tangguh, terbaca dari tulisan-tulisannya …
    Semoga sukses ngontesnya bu …
    =============
    Terima kasih atas ucapan dan doanya Mas Hindri. Duh berbunga aku disebut sebagai Srikandi yang tangguh. Amin. Semoga begitu ya Mas, dikabulkan Allah hendaknya 🙂

  16. Semoga sukses Mba Evi. Suka dengan analogi panah sebagai senjata srikandi dan kebebasan wanita.
    ==============
    Terima kasih Mas Dani. Aku percaya bahwa senjata hanya tepat berada ditangan orang-orang bebas..Lagi pula tak ada gunanya juga jika orang terkungkung diberi senjata, bukan? Hehehe..

  17. Iya ya mbak, gak ada kebebasan yang bener-bener bebas, karena kita gak hidup sendiri di dunia ini..

    sukses kontesnya ya mbak Evi 🙂

  18. jadi senjatanya bukan lagi pisau dapur dan wajan ya mbak xixi.. selamat hari kartini untuk semua wanita indonesia 🙂
    ==============
    Senjata Srikandi sekarang lebih banyak menggunakan teknologi Mas Papapz..Walau pisau dan wajan masih mendominasi..tapi dalam pengembangan diri Srikandi tak mau ketinggalan dalam menikmati teknologi canggih//:)

  19. Pengetahuan Bu Evi akan latar belakang filosofi tokoh pewayangan Srikandi … relatif mendalam Bu …
    Jadi Bu Evi menterjemahkan ide GA ini dengan baik sekali
    Saya salut Bu …

    Semoga sukses Bu Evi

    Salam saya
    ==============
    Oh Om Nh memuji membuat saya jadi malu. Belum segitunya lah Om..Pengetahuan wayang aku baca cuma dari komik kok A Kosasih kok. Dan itupun sudah lama berlalu. Makasih ya Om, aku harus baca lebih banyak lagi 🙂

  20. kegesitan Srikandi aren dalam olah krida tak terbantahkan lagi, sigap sekaligus gandes luwes. Kereeen Uni Evi.
    ================
    Seperti biasa, Mbak Prih selalu pandai menempatkan orang diatas..Terima kasih ya Mbak..:)

  21. dengan senjata di tangan, Srikandi senantiasa siap dan sigap membidik target…..semoga bidikannya di kontes ini tepat menemui sasarannya, mbak
    ====================
    Bidikannya di kontes kurang tepat Mas Yudhi..Gak masuk ke finalis tuh hehehe..Tapi makasih pada harapan baiknya ya 🙂

  22. senjatanya keren mbak, pantas hasilnya juga keren keren 🙂

    Good luck ya mbak
    ===========
    Hahaha..Mbak Ely pandai sangat menyenangkan hati orang. Lah belum ada apa-apanya dengan dirimu. But thanks anyway ya Mbak 🙂

  23. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Pertamanya ingin mengucapkan Hari Kartini buat mbak dan semua srikandi Indonesia modern yang kian mantap perjuangannya untuk kemajuan dan pembangunan insan di Indonesia. Wah… saya mulanya ingatkan apa yang dimaksudkan dengan senjata dan panahnya.

    Mantap sekali analoginya, mbak. Dunia moden sekarang tentu aneh jika wanitanya bersenjata pedang, busur panah, pisau atau tombak. Maka, sifat serikandi itu hendaklah disalurkan melalui kecerdikan akal dan kesopanan tingkah yang tentunya menjadi ciri kewanitaan yang menampakkan keayuan dan kehebatannya.

    Semoga sukses mbak dalam lombanya. Mendukung dari jauh.
    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 😀

    =======================
    Waalaikumsalam Mbak Fatimah 🙂
    Terima kasih atas ucapannya..Hari Kartini untuk perempuan Indonesia emang sedikit istimewa..:)
    Ya Mbak, aku termasuk yang percaya bahwa senjata utama wanita terletak di dalam kepalanya..Yang pandai memanfaatkannya biasanya memenangkan banyak petarungan 🙂

    Salam manis dari Serpong Mbak Fatimah 🙂

  24. Memang tak ada kebebasan yang benar2 bebas.
    Suka sama pilihan kata2 kak Evi. Dalaaaam.
    Moga menang ya kak 🙂
    ============
    Terima kasih ya Niar..:)

  25. Senjata Srikandi masa kini kian canggih, bukan hanya berwujud ‘Arenga’ semata, namun lebih tercermin pada ‘passion’ , dedikasi dan totalitas sang empunya ‘Arenga’.
    Uni Evi : Selamat Hari Kartini. Selamat menebar rahmat. Salam TDA.
    =================
    Kemajuan peradaban membuat Srikandi bebas memilih senjata yang paling cocok untuknya ya Bams. Terima kasih atas ucapannya 🙂

  26. Keren mbak ulasannya tentang Srikandi, apalagi liat foto mbak Evi dengan senjata Srikandi Masa Kini : Kamera dan Pena 🙂
    ————–
    Hahaha..Camera dan keyboard terus blog Mbak..

  27. Keren mbak Srikandi Masa Kininya….pengen belajar fotografi…hasilnya jepretannya seperti diposting Karimun Jawa itu ya 🙂 …
    Komen saya tempo hari ilang sendiri 🙂
    ———–
    Wah ada yg hilang komennya Mbak Dwi. PAdahal komen yg sdh ter-approve otomatis gak saya moderasi lagi. Maaf ya Mbak Dwi..Dan yah enaknnya hidup jaman sekarang adalah kita bisa mengembangkan diri bersama minat yg disukai 🙂

  28. apapun yg kita punya, kalo digunakan dg cara yg tdk bijaksana tentu hasilnya tdk akan baik
    ———-
    Setiap senjata selalu berfungsi ganda, baik dan tak baik. TErgantung perangai dan niat tuan diblakangnya saja Mbak Jiah 🙂

  29. mudah mudahan muncul srikandi srikandi yang lain… 🙂
    ———-
    Amin. MUdah2an ya Mas Roy

  30. Wanita2 sekarang di era modern dan emansipasi ini harus mampu memposisikan diri dengan baik dan bijak. semoga kita mampu tuk melakukannya ya..
    Nice post dan salam kenal 🙂

Comments are closed.