Wedang Uwuh = Minuman Sampah yang Berkhasiat

wedang uwuh milik eviSecara harfiah, dalam bahasa Jawa, wedang uwuh itu artinya minuman sampah. Kalau melihat fisik bahannya teman pasti langsung setuju. Racikannya berupa beberapa lembar dedaunan kering dari cengkeh dan daun pala, persis seperti sampah yang belum disapu di halaman. Kemudian di tambah jahe, akar serai, kayu manis, dan rautan kayu secang. Sementara untuk memaniskan digunakan sepotong gula batu.

Saat saya mengunjungi makam raja-raja Mataram di Imogiri Yogyakarta, terlihat  bahwa wedang uwuh jadi semacam ikon di tempat ini. Boleh di bilang kunjungan ke tempat teduh itu kurang klop tanpa mencicipi minuman khasnya. Entah untuk dinikmati di tempat atau di bawa pulang. Yang hendak mencicip di tempat, cari saja warung makan atau warung  pecel turi yang juga ada gorengannya. Yang untuk di bawa pulang tersedia dalam wadah plastik transparan dalam berbagai ukuran.Di jual di kios maupun di emperen.

wedang uwuh
Bahan Wedang Uwuh emang mirip sampah

Khasiat Wedang Uwuh

Selain berkhasiat, rasa dari minuman merah yang datang dari kayu secang ini tidak lah sekelas namanya. Hangat atau dingin, mengalir nikmat ke tenggorongkan. Bagi saya sensasi sehat langsung terasa saat menelannya. Itu berkat asumsi dari berbagai khasiat yang terkandung dalam bahan-bahan pembuatnya.

Jahe, misalnya, bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah). Sudah lama rempah beraroma pedas ini digunakan sebagai pencegahan penyumbatan pembuluh darah, yang jadi pemicu stroke serta mencegah serangan jantung. Belum lagi jahe juga berkhasiat menyembuhkan radang sendi. Saya yang sering mengalami masalah lutut tentu saja tak keberatan minum wedang uwuh dua gelas saat itu.

Kayu secang selain mendatangkan warna merah nan cantik pada minuman ini, juga mengandung antioksidan tinggi. Artinya ini juga bisa digunakan sebagai obat awet muda 🙂

Belum lagi cengkeh yang bisa menghilangkan rasa sakit, kayu manis untuk menambah daya tahan tubuh, akar jahe yang mampu memerangi batuk karena khasiat peluruh dahaknya.

wedang uwuh
Begitu Mendidih langsung merah oleh kayu secang

Sejarahnya yang Panjang

Wedang Uwuh sudah digunakan oleh para prajurit kerajaan Mataram jaman dahulu seperti yang saya tulis pada link sebelum ini . Awalnya mungkin mereka mencari ramuan untuk menghangatkan badan. Maklum dalam melindungi Karaton, prajurit kan harus memiliki stamina prima. Baik saat berperang maupun ketika harus keluar masuk hutan. Mungkin dalam perjalanan tercetus ide untuk mengumpulkan bahan-bahan yang terdapat disekitar untuk digunakan. Jadi deh warisannya resep maupun khasiatnya bisa dinikmati sekarang.

Wedang Uwuh anyone?

51 thoughts on “Wedang Uwuh = Minuman Sampah yang Berkhasiat

  1. Woo..anggap saja ini sampah daur ulang yang berkhasiat 😀
    Rasanya mirip2 wedang jahe ya mbak?
    Btw, warna minumannya cantik ya, kayak sirup strowberry 😀

    1. Sampah daur ulang sekaligus bermanfaat Zippy..Iya warnanya emang cantik banget dan aman lagi karena datang dari bahan alami juga 🙂

  2. Meski penampakan bahan bakunya seperti itu, yang terpenting khasiatnya bikin badan lebih seger. Meski saya belum pernah minum wedhang uwuh, tapi saya paling suka minuman sejenis ini. Bahkan akhir-akhir ini bikin sendiri rebusan daun sirsak. Pernah juga beberapa daun herbal dii sekitar rumah yang bermacam-macam mulai dari jenis jahe sampai akar akaran dan alhamdulillah bikin badan lebih seger

    1. Aku juga begitu Pakies, sekarang demen merubus dedaunan berkhasiat herbal. Pengganti teh dan kopi. Bahkan cukup sering minum rebusan air daun salam yg berakibat tensi darahku malah jadi drop hehehe..jadi dihentikan dan ganti merebus wedang uwuh ..

  3. Aku sering minum kok gak merah berarti gak ada kayu secangnya ya Bu? @.@
    Sekarang udah ada yang celup wedang uwuh hehe tapi lebih gimana nek nggodong dewe ya Bu…

  4. kalau di makassar..minuman sejenis ini dinamakan sara’ba….,
    dan jahe memang sangat berkhasiat, selain seperti yang sudah disebutkan di sini…juga bisa menambah stamina..terutama saat mengatasi rasa capek …salam 🙂

  5. Mba, kok warnanya yang ini merah ya? apa yang bikin menjadi merah?
    kalau saya soalnya pernah lihat bentuknya teh..
    jadi warna dan rasaya juga sama kaya teh..
    wajib coba nih yang baru..

    1. Kalau soal rasa sih gak ada mirip2nya dengan teh..tapi cara membuat dan penyajian emang mirip Teh Tina. Warna merahnya datang dari kayu secang..

  6. Wedang secang pernah nyoba mbak…. hangat & warnanya cantik ya.. hehe… Klo di Pekalongan juga ada yg namanya Wedang Alang-alang mbak… iya, dari alang2 itu lho… Enak di sruput anget2 tapi harus sedia lepekan / piring kecil buat menyingkirkan alang2nya.. hehe…

    1. Di pasar sini juga ada yg menjual akar alang-alang Mbak Mechta..Tapi belum kepikiran saja ikut membeli. Setelah membaca pengalaman Mbak Mechta nanti aku beli ah..Konon katanya ini bagus untuk panas dalam ya Mbak 🙂

  7. udah jadi ciri khas imogiri memang
    kalo kesana emang kurang sreg kalo minum yang lain
    padahal tengah hari yang panas
    haha

    1. Wedang Uwuh emang tak mengenal musim untuk di minum. Even kalau diminum dalam udara hangat, kandungan hangat jahe dan cengkehnya tak membuat kita kegerahan..Malah nafas langsung terasa lapang Mas Rawins..:)

  8. kelihatannya kayak sampah tapi berkhasiat banget ya…. sayang belum pernah coba.. diingat ingat kalau sampai ke sana mau coba…

    1. Ceritanya seperti kata peribahasa Mbak Lid, sekali mendayung dua tiga pulau terlampau..Minuman penyegar mirip teh tapi multi khasiat..:)

  9. Aku abru denger and baru tahu. . .kikuk dengernya..tapi pasti khasiatnya luarbiaso seperti yang di tulis.salam kenal mba evi. ..

    1. Beruntung kita hidup di Indonesia ya Mbak Irma, disekeliling tumbuh aneka tumbuhan yang bisa digunakan untuk menyehatkan tubuh 🙂

  10. bagus sekali rempah-rempah warisan budaya nenek moyang, ayo kembangkan terus. Para ahli peneliti makanan harap terus berkarya di dalam penelitiannya. Semoga berkembang maju makanan Nusantara.

    1. Amin. Semoga warisan nenek moyang kita terus dilestarikan antar generasi..Moda2 juga di masa depan sudah memiliki nilai tambah tanpa mengurangi khasiatnya..:)

  11. Menarik banget kelihatannya ‘minuman sampah’ ini Mbak Evi.. Saya belum pernah mencobanya. Tapi kalau yang merah saja cuma pake kayu secang pernah.. Suka.

    1. Lumayan nabah koleksi wedang godogku lah Mbak Dani..Karena sekarang aku rajin menggodok rempah apa saja untuk di minum sehari-hari, wedang uwuh memberi improvisasi rasa..Tapi agar lebih sehat, gula batu biasanya tidak saya pakai..Lebih suka pada rasa bawaan dari masing2 rempah itu 🙂

  12. [email protected] berkata:

    Indonesia kaya akan sumber daya yg bisa diolah jadi apa saja ya 🙂

    1. Betul sekali, negeri tropis yang menumbuhkan jutaan jenis tanaman bisa dimanfaatkan demi kesejahteraan penduduknya..:)

  13. ini bagian dari perkeliruan, kalau minuman soda buatan luar negri di ekspos sedemikian rupa sehingga, tapi minuman para raja jaman dulu malah dikasih namanyapun dengan wedang sampah….usul kementri kelautan yu, supaya nama minuman ini diganti…hehehe

  14. Ping-balik: Tamba pingin | Lalang Ungu
  15. Saya pernah coba beberapa merk wedang uwuh yang ditawarkan di pasaran maupun di online shop, dari beberapa merk tersebut yang paling saya sukai dan yang rasanya paling enak menurut saya sih Wedang Uwuh Angkringan Jogja …

    Soal harga sih menurut saya sesuai dengan rasanya….
    Kata orang ada Rasa ada harga….
    Hampir tiap malam saya mengkonsumsi wedang uwuh angkringan jogja ini untuk menjaga kesehatan…
    Hasilnya tiap hari fit siap tempur bro…
    Saya biasa beli di toko oleh-oleh seputaran Jogja.

  16. Maaf mbak, bapak mohon ijin numpang lapak…

    “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ”

    Minuman ramuan tradisional terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    “ Wedang Uwuh ” merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan “ Wedang Uwuh ” dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ” makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Varian Produk “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ”

    1. Racikan / Original
    Bahan-bahan ramuan “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ” yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
    • Kemasan Plastik (Mini size) Netto 40 gram, direbus dapat untuk 3 gelas
    • Kemasan Tas (Bigsize Spesial) Netto 65 gram, direbus dapat untuk 5 – 6 gelas

    2. Instan
    Bahan-bahan ramuan “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ” yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    • Kemasan Tas Netto 50 gram untuk 4 gelas.

    3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
    Bahan-bahan ramuan “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ” yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    • Kemasan Tas Netto 50 gram, dapat untuk 4gelas

    4. Celup
    Bahan-bahan ramuan “ Wedang Uwuh Angkringan Jogja ” yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
    • Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3 gelas.

    Profil Angkringan Jogja

    Produsen “Wedang Uwuh“ bermerk dagang ”Angkringan Jogja” minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari bahan 100% rempah-rempah alami.

    Jenis Produk “Wedang Uwuh” dikemas dengan Kantung Kertas Klasik berupa Sachet & Tas : Instan, Racikan, & Celup.

    Pembelian & Pemesanan Produk

    Untuk pemesanan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir di seluruh Indonesia hubungi :
    – +6281392977979 ( Telkomsel )
    – +6285642335089 ( Indosat )
    – +6281904131899 ( XL )
    – +622747849189. ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    [email protected]

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta

  17. saya baru tahu kalo jahe bisa digunain sebagai zat anti pengumpalan darah
    =================
    Begitu lah kiranya Mas Rinem 🙂

  18. Wedang Uwuh Mangi asli Yogyakarta dengan rasa khas tanpa perasa buatan dan tanpa bahan kimia 100% herbal, dikemas dalam bentuk celup harga paling terjangkau.

    mulai dari harga 5rb rupiah per box (1 box isi 15 kantong celup).

    bagi yang berkunjung ke kota Yogyakarta wedang uwuh Mangi bisa didapatkan di Mirota Batik Malioboro & Jl Kaliurang, serta di berbagai toko oleh2 khas Yogyakarta.

    Pemesanan via marketing office Mangi hub. [email protected] atau kontak ke 0838 6797 3939

  19. Minuman unik khas jogja ini rasanya agak pedes tetapi menghangatkan & menyehatkan (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk..

    Terimakasih.. 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?