Kuliner Bandar Lampung Nasi Uduk Aris

Kuliner Bandar  Lampung  Nasi Uduk Aris termasuk yang harus dicoba  jika teman-teman berada di kota Sang Bumi Ruwa Jurai ini. Memang nasi gurih ini bukan masakan asli Propinsi Lampung, ia dikenal sebagai masakan Betawi. Namun Nasi Uduk yang mengambil nama dari pemiliknya, Aris, seorang Bapak usia 40-an, telah menyumbang denyut pada peta kuliner Bandar Lampung. Pasalnya tiap pagi,  pada jam sarapan, tempat ini selalu ramai. Terutama hari libur. Yang datang bukan saja wisatawan lokal seperti saya tapi juga  mereka yang selesai olah raga, bergerombolan chit-chat sesama mereka. Disamping ada pula penduduk Bandar Lampung khusus berkunjung karena Nasi Uduk Aris dikenal enak.

kuliner bandar lampung nasi uduk aris
Satu Set perlengkapan Nasi Uduk Aris

Keunikan Kuliner Bandar Lampung Nasi Uduk Aris

Seperti juga di Betawi menikmati Kuliner Bandar Lampung Nasi Uduk Aris di lengkapi  dengan semur. Masakan berkuah dan manis  ini umumnya berisi daging sapi, telur, kentang, tempe atau tahu. Di Tempat Aris, semur  hanya berisi daging sapi dan tahu. Yang unik potongan dagingnya besar-besar. Agak menyeramkan bagi saya. Untungnya kala disajikan daging diremukan terlebih dulu sehingga saya tak merasa begitu liar saat memangsanya.

Tempe di goreng tipis-tipis dan garing. Ini keistimewaan yang lain. Menurut Aris, tempe itu hanya dibumbui garam, tapi percaya deh rasanya gurih sampai gigitan terakhir. Makanya kalau makan Kuliner Bandar Lampung Nasi Uduk Aris saya perlu berhati-hati. Harus memperkiran laju kenaikan asam urat sebab tidak puas kalau belum mengganyang minimal lima iris. Kriuuk..nyammy…

Untung daging semurnya diremukan lebih dulu

Sambal Rampai

Rampai sebutan orang Lampung untuk tomat kecil-kecil berwarna merah. Di tempat lain namanya tomat ceri atau cherry. Rasanya sedikit asam. Itu lah mengapa rampai ini cocok banget dibuat sambal.

Nasi Uduk Aris dinikmati dengan sambal rampai. Mungkin kontennya cuma cabe merah, tanpa rawit, jadi tak begitu pedas. Saat dituangkan keatas nasi uduk yang wangi itu, rasa asam dan manis yang seiimbang membuat selera kian terangsang. Satu piring yang tadi rasanya kebanyakan tahu-tahu sudah ludas di depan mata!

Lokasi

Nasi Uduk Aris terletak di Jalan Pattimura – Teluk Betung – Bandar Lampung. Di depannya ada Puskesmas. Bangunan warung sederhana itu dilengkapi papan nama berwarna merah namun sudah kusam. Tapi tulisan Nasi Uduk Aris masih terbaca

Siapa yang suka nasi uduk?

39 thoughts on “Kuliner Bandar Lampung Nasi Uduk Aris

  1. ih, mba Evi inih siang siang bikin ngiler ajaaaaa…

    biasanya beli nasi uduk buat sarapan, tapi cuman dikasih telor dadar, timun ama kerupuk doang tuh mbaaaaa…hihihi..

  2. Jauh amat mba, kirain jualan di sekitaran Jakarta, kagak punya temen atau saudara yang tinggal disana, jd kalau mau kesana, masa tujuan’a nasi uduk aja 🙁

    1. Mahal di ongkos kalau tujuan ke Lampung cuma nasi uduk Aris doang Mas Andy..Yah kalau Aris masih jualan, pas sedang berada di Bandar Lampung saja deh kesananya Mas 🙂

  3. Unii, nasi uduk plus semur bikin ngacaii.. 😛

    di bukik belum populer nasi uduk sebagai sarapan, malah adanya malam di tukang pecel lele. smoga nasi uduk Aris bikin cabang di bukik.. xixi.

    1. Padahal sambelnya itu yg bikin nasi uduk Aris beda Mbak Mechta ..Tapi apa boleh buat ya jika perut tak mengijinkan..:)

  4. kombinasi nasi uduk dengan semur …. belum pernah nyoba Uni, biasanya keringan atau malah dengan opor kental pada nasi liwet. Dicatat nigh Uni, nasi uduk Aris. Salam

    1. Opor kental nasi Liwet, waduh ingat Nasi Liwetnya Bu Wongso Lemu yg di Solo itu Mbak Prih..Gurih yang bikin ingat terus hehehe..

    1. Sambel rampai ini bisa dibikin sendiri kayaknya Mbak Myr..Tomat ceri kan banyak di jual di pasar dan supermarket. Kalau nasi uduk tinggal nyari resep di internet hehehe..

  5. Mba Eviiiiiii. Saya ngiler kangen nasi uduk di Lampuuuung. Ada beberapa Mba. di Jalan deket pasar bambu kuning dulu ada uduk Toha yang juga terkenal banget. Huuuuu. ngileeer

    1. Iya mungkin karena dekat dengan Betawi kali yah..Di Lampung ini kok banyak banget yg jual nasi uduk Mas Dani…:)

    1. That’s why tiap rumah makan mengisi halaman parkirnya yang terdepan dan yang paling terlihat dari jalan terlebih dahulu. Even biar gak ada yang datang, mobil bos atau karyawan disuruh parkir di depan hehehe..

  6. Kuliner dari Bandar Lampung menggoda sekali Mas.Memang kuliner setiap daerah mempunyai cita rasa yang berbeda.Tapi katanya makanan kuliner di setiap daerah makanya enak-enak kuncinya adalah bahan rempah-rempah yang diracik menjadi rasa yang luar biasa 🙂

    1. Sepertinya begitu Mas Abed, yg membedakan karakter kuliner tiap daerah adalah pohon atau tanaman yg tumbuh disekitar tempat itu. Cuma sekarang kita sudah begitu mobile, lintas budaya dan perjalanan..Apa yg di tanam di satu daerah juga di tanam di daerah lain. Apa lagi pasar, sekarang sudah seragam dalam hal jenis barang yg dijual. Jadinya ciri karakteristik daerahnya sudah tak tampak lagi..Ah tak mengapalah, kan masih milik Indonesia ya..

  7. belum pernah nyoba nich. kapan ya ke Lampung? he..
    Saudara saya katanya punya Omah Soto Kudus di Lampung, tapi tdk tahu persis alamatnya.

  8. saya sangat ingin bisa menginjakkan kaki-ku di Lampung, entah kapan ya,
    padahal istriku asli Lampung, maybe Lebaran nanti…sambil mencoba kuliner nasi uduk ARis…insya ALLAH ,
    salam hangat selalu dari Makassar 🙂

    1. Lebaran di Lampung mah seru Pak Hari..Mulai dari Bakauheni sampai di pedalamannya meriah …Hehehe..namanya juga di Indonesia ya..

    1. Hahaha iya Mas Yopie. Cuman sekarang Nasi Uduk Aris sudah pindah ke Jalan Mayor Salim Batubara, Kupang Atas. Desember kemarin saya tahunya 🙂

  9. Saya tertarik dengan informasi mengenai wisata kuliner diatas. Indonesia memang Negeri yang memiliki banyak daerah yang memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dibaca untuk menambah pengetahuan mengenai wisata kuliner di lndonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai wisata kuliner yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?