Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Tubuh

bumbu dapur untuk kesehatan tubuh Bumbu dapur untuk Kesehatan? Begitu lah. Karena bumbu dapur Indonesia didominasi berbagai rempah dan herbal berkhasiat tinggi. Jadi selain digunakan sebagai bumbu masak  bisa dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berkreasi dengan bumbu dapur sangat lah mudah. Bahannya mudah di dapat. Dibeli di pasar atau ditanam sendiri di pekarangan rumah. Pun kalau kita memasak untuk keluarga sehari-hari, bumbu pastinya tersedia setiap saat.  Dengan kata lain kita tidak akan  kesulitan menjadikan bumbu dapur untuk kesehatan. Salah satu cara menjadikannya sebagai  minuman penyegar sehari-hari.

Minuman Penyegar dari Bumbu Dapur Campur-Campur

Saya menemukan artikel menarik seputar manfaat kapulaga dan jahe. Yaitu  untuk kesehatan sendi dan mempertahankan kepadatan tulang. Sementara khasiat daun pandan berguna untuk menenangkan syaraf. Maklum terlalu lama menikmati aerobik membuat lutut saya sudah mulai protes. Mereka suka ngilu atau  berbunyi-bunyi. Terutama kalau membuat gerakan berputar  mendadak. Duh kok kayak tulang ayam kesannya.

Jadi setelah wedang uwuh, sebagai Miss Rebus, saya terinspirasi merebus semua bahan bumbu dapur diatas. Gunanya sebagai minuman pengganti teh. Saya rebus biji  kapulaga, jahe merah, daun pandan plus gula aren sebagai penyedap rasa.Mudah-mudahan  khasiatnya berujung pada kesehatan sendi.

Belum menemukan nama untuk minuman bumbu dapur ini. Menaimai dengan singkatan nama bahan juga boleh. Tapi sayang belum menemukan singkatan menarik antara kapulaga atau kapol, jahe, pandan dan gula aren.

Resep Minuman dari Bumbu Dapur :

  •  Ambil 6-8 butir kapulaga/kapol
  • Sepotong jahe merah/emprit (sebesar ibu jari)
  • Rebus dengan 4 gelas air.
  • Setelah airnya tinggal  kurang lebih 2 gelas, masukan 2 lembar daun pandan.
  • Tunggu 3 menit agar aroma pandan keluar.
  • Angkat dan dinginkan dalam mangkuk keramik.
  • Tearkhir tuang Arenga Organic Palm Sugar (gula semut aren) untuk menikmatkan dan menyamarkan rasa getir dari biji kapulaga.
Teh daun salam
Teh daun salam

Teh Daun Salam

Berikutnya saya juga membuat teh daun salam. Rebusan daun salam ini sangat bagus untuk merawat penyakit diabetes, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Resepnya :

  • Ambil lima lembar daun salam segar.
  • Rebus dengan dua gelas air.
  • Didihkan sampai tinggal setengahnya.
  • Angkat dan dinginkan.

Teh daun salam tidak memerlukan gula aren karena rasanya sudah enak. Setelah beberapa lama warnanya pun berubah jadi merah jambu. Tampak lebih menarik

Ada yang tertarik untuk mencoba temans?

@eviindrawanto

48 thoughts on “Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Beberapa bumbu dapur yang saya tau bagus untuk kesehatan adalah; jahe, kunyit, kemiri, daun salam. Kalo diracik dengan baik pasti akan menambah cita rasa menjadi lebih enak. Tapi kalo yg pahit-pahit mending tambah penawar seperti gula, madu, atau asam 🙂

    1. MAx, yang pahit dilidah tak kadang bagus bagi kesehatan tubuh. Untungnya kita menemukan gula ya? Kita bohongi sejenak lidah kita 🙂

  2. Thanks infonya mbak…
    Kan sendiku even gak olahraga pun selalu bunyi bunyi, hihihi 😀
    Banyak minum jae ma kapulogo ya berarti 😀

    1. Kalau Una lututnya berbunyi mungkin masih dalam perkembangan tulang hehehe..tapi minum kapulago plus jahe untuk having fun baus banget ketimbang minuman bersoda Un 🙂

  3. Eh… pengen nyoba teh daun salamnya mbak? bener tidak perlu di tambah gula ?
    oya, saat ini bawang merah & putih malah jadi bumbu dapur yg bikin migren mbak.. hehe…

    1. Iya gak usah dikasih gula Mbak Mechta. Rasa sepet dan aromanya sdh menghibur hidung, jd lidah tak perlu dirangsang dengan pemanis 🙂

  4. rumahku deket imogiri tapi jarang banget minum wedang uwuh
    yang sering cuma teh poci pake gula batu dikasih jahe mentah yang digeprek…

      1. banyak yang jual
        ga tau tuh kenapa ibue sukanya teh jahe
        aku sendiri ga pernah rewel dengan apa yang terhidang di meja

        cuma soal selera kali
        susah didebat kalo yang satu ini mah.. hehe…

  5. air jahe pake gula aren, aku suka.. campuran asam jawa dan gula aren juga nikmat.. tapi klo yg pait2 masih belum tega nyobainnya, un.. 😀

    1. Jangan terpaku pada rasa pahit. Karena pahit hadir untuk menandai kemanisan..hahaha..setidaknya begitu pesan ustadku May…Ayuh mulai sekarang terima pahit sebagai anggota keluarga rasa…

  6. Inilah kita bangganya punya Indonesia semua rempah-rempah tersedia bebas ditanah kita ini,mulai dari jahe,kunyit,lengkuas,kencur dan lainnya jika diramu akan menjadi sebuah minuman ataupun makanan yang menyehatkan tubuh secara alami.

    1. TAk bisa mengatakan tak setuju Mas Abed, karena demikian lah kenyataan. ALam kita kaya..cuma seperti anak orang kaya manja, kita mengacuhkan dan tak mau membuka mata dan bekerja. MAunya tinggal beres, cepat jadi. JAdi deh sekarang semua serba diimpor..konyol kan?

    1. Kayaknya nenek moyang kita emang sdh lama menggunakan teh daun salam Pak Hari. Kita teruskan saja kearifan mereka 🙂

  7. Wah… wajib dicoba nih… biar badan selalu fit.
    Terima kasih Uni sdh berbagi resep minuman sehat.
    Selamat weekend… 😀

    1. Jahe merah itu bentuknya seperti jehe emprit atau jahe yg kecil2 itu Mbak Noni. Cuma ada merah2 pada ujung dan badan jahe kalau dikupas kulit arinya

  8. Wah saya nggak berkomentar banyak nih, soalnya langsung saya minta ijin copas karena saya penggemar jenis minuman tradisional semacam ini. Terima kasih Bu atas tulisan bermanfaatnya dan mohon maaf baru mampir karena hampir 2 minggu saya banyak di luar rumah

      1. Ya Pak, dipasang anti copas…Sebel soalnya, artikel saya di blog yg gratis itu di kopas orang dengan semena-mena. Yang ini nanti aku kirim kopasnya ke email Pakies ya..Makasih atas apresiasinya Pak…

  9. mau coba yang kapulaga juga ah Mbak.. Lututku juga sudah sering sakit sakit nihMbak Evi.. Thanks sharingnya ya..

  10. Teh daun salamnya enak Uni, TOGA tanaman obat keluarga yang tersedia di setiap dapur keluarga ya. Trim Uni Evi sharing berharganya.
    Saat anak2 kecil bila masuk angin hanya dibaluri parutan brambang plus minyak kelapa.
    Salam sehat

    1. Iya Mbak Prih. Sebetulnya dapur kita menyimpan potensi untuk merawat kesehatan. Kalau dulu anak2 cukup dibaluri tumbukan mawang merah plus minyak kelapa saat demam. Sekarang kayaknya butuh antibiotik ya hehehe..Entah ini kemajuan atau kemunduran ya Mbak?

    1. Hehehe..Sekarang aku dapat sebutan Miss Rebus, Mas. Pokoknya sekarang bumbu apa saja tak rebus sebagai pengganti teh.Ini cara gampang dalam memanfaatkan semua khasiat rempah dan herbal yg ada disekeliling kita

  11. Nah kalau teh daun salam ini…memang kesukaan saya mbak…sering dibuatin..kalau lagi gimana gitu..selama hari senin mbak

    1. Papa Cintya yg istimewa selalu dapat jamuan teh daun salam dari istri tercinta. Nikmat apa lagi yg perlu kita dustakan, Bli hehehehe..
      Selamat hari Senin dan selamat berkarya Bli. Energi semangat alam semesta senantiasa bersamamu 🙂

  12. Wah, mbak…suami saya yang suka rebus-rebusan tradisional seperti ini. kalau saya, kayaknya lebih memilih teh tawar panas saja deh…hehe, saya pernah buat beras kencur sendiri lo mbak, saking pengennya suami dibikinin.
    resepnya?
    Klik di google…hehe
    😀

    1. Aku juga rajin bikin rebus2an begini karena gampang membuatnya Mbak Irma. KAlau susah kayak beras kencur bakalan tamat duluan deh kisahnya, alias gak jadi bikin hehehe

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?