Khasiat Madu dan Kayu Manis : Bau Nafas

Khasiat Madu dan kayu manis merupakan duo herbal dahsyat. Mereka sudah dimanfaatkan manusia sejak lama. Terutama madu, sering kan membaca bahwa Ratu Cleopatra dari Mesir menggunakannya untuk memperhalus kulit? Seperti saya tulis disini Manfaat Madu dan Kayu Manis , nah beberapa waktu lalu kembali menemukan klaim serupa. Tertulis di belakang label kulit kayu manis organik yang dipajang untuk dijual. Kali ini kita bahas khasiat madu dan kayu manis untuk  memberantas bau nafas atau bau mulut.

khasiat kayu madu dan manis
kulit kayu manis

Tulisan di belakang kayu manis itu berbunyi seperti  ini :

Bau Nafas?

Campur satu sendok teh madu dan bubuk kayu ke dalam air panas. Dengan minum herbal ini dapat membuat nafas segar sepanjang hari. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.

Mempertemukan Khasiat Madu dan Kayu Manis Dalam Memberantas Bau Nafas

Kulit batang kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ini rasanya manis dan pedas. Di dalamnya terkandung berbagai unsur kimiawi bernama Eugenol, Etil Sinamat, Methil Chavicol dll. Keseluruhan zat yang terkandung dalam kayu manis ini bisa dimanfaatkan sebaga unsur antibiotik, anti jamur dan anti bakteri. Bahkan ada yang menggunakannya kayu manis sebagai herbal penyembuh sakit gigi.

khasiat madu dan kayu manis
Arenga Madu Hutan

Khasiat Madu

Madu kaya unsur nutrisi.Cairan yang berasal dari nectar bunga ini mengandung sukrosa dan air. Lebah kemudian menambahkan enzim yang menciptakan senyawa kimia tambahan, merubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Madu lalu dikurangi kadar airnya  sehingga produk yang dihasilkan tidak mudah rusak.

Madu merupakan sumber karbohidrat. Mengandung sekita  80% gula alami yang  sebagian besar terdiri fruktosa dan glukosa. Madu yang baik paling banyak mengandung 18% air. Dengan kata lain semakin sedikit kadar airnya semakin baik kualitas madunya.  Setelah itu disusul sekitar 2% mineral, vitamin, protein dan serbuk sari.

Nah jika kedua bahan ini digabungkan bayangkan manfaatnya untuk tubuh kita. Mengkonsumsi madu dan dan kayu manis tidak hanya sehat bagi nafas tapi juga bagi tubuh secara keseluruhan. Jadi tidak sekedar membasmi bau mulut.

Begitu lah pengetahuan singkat tentang khasiat madu dan kayu manis. Foto madu numpang ya untuk branding  hehehe…

Salam,

43 thoughts on “Khasiat Madu dan Kayu Manis : Bau Nafas

    1. Teh Orin, madu super adalah madu yang kadar airnya sdh memenuhi standar SNI, sedang proporsi madu super yg ditambah bubuk propolis 🙂

        1. Yang paling menonjol dari Propolis adalah kandungan zat antibiotik alaminya Mbak Lid. Makanya suka dipakai untuk mengobati..:)

  1. tapi sayangnya madu yang murni / asli, udah mulai langka. Apa lagi yang jenis lebah hutan, yang menghasilkan madu terbaik, juga susah ditemukan, kecuali di pedalaman hutan atau jurang tebing

  2. saya kok menjadi penasaran maksud kayu manis organik. Kalo madu alhamdulillah konsumsi saya harian, tapi kalo manis, belum pernah kepikiran Bu, soalnya kayu manis jarang-jarang ada di rumah saya sih

    1. Kayu manis organik ini datang dr Kalimantan Pakies. Dari kelompok tani pedalaman. Kerana punya teman saya dihadiahi beberapa batang. Setalah saya gerus tak cicipi…Rasa manisnya samar diujung lidah…:)

  3. kayu manis bisa menghillangkan bau mulut… layak dicoba nih…. kalau minum madu setiap hari. Sekali kali pake kayu manis biar nafasnya wangi..:)

  4. kayu manis organik
    emang ada yang pake pestisida ya, bu..?
    kirain kalo kayu kayuan gitu bebas kimia…

    kalo madu aku sih ga pernah beli madu toko
    tiap mau cuti nongkrong aja di pinggir hutan nyegat orang yang pulang nyari madu
    satu jeliken 2 liter cukup buat stok anak-anak 3 bulan…

    1. Organik bukan hanya soal pestisida Mas Rawins. Kayu manis yang ditanam di tepi jalan, sekalipun tak memakai pestisida tak bisa disebut organik. Karena timbal yang diserapnya merupakan racun baik bagi tanaman itu sendiri maupun kita. Begitu pula soal handling..Pangan organik punya standar sendiri sebelum pantas disebut organik

      Nah paling asyik emang beli madu yang baru di panen..Jelas asli karena belum nyampai di pabrik dan dicampur dengan macam-macam campuran..:)

  5. bener uni.. eugenol bisa untuk analgetik, pereda rasa sakit pada gigi..

    kayu manis dan madu adalah dua bahan yang mempunyai kandungan manfaat yang luar biasa.. #pinginnya yg buat memberantas nafsu makan, apa ya uni..? wkwkkk

  6. bu Ev, bagaimana caranya membedakan madu yg asli dan palsu…..?
    saya suka di tawari madu sama penjual madu keliling (orang baduy), tapi saya belum pernah membelinya….

    1. Keaslian suatu madu sangat sukar dibuktikan kecuali dengan test laboratorium Kang Yaan. Kalau dari mata, rasa dan penciuman manusia, hanya yang terbiasa akrab dengan madu sehari-hari yang bisa mengenali perbedaan asli dengan yang bukan. Itu pun mereka harus terbiasa dengan madu asli lebih dulu. Apa lagi kalau madu hutan, tambah sukar lagi mengenali keasliannya. Karena madu ini berasal dari bermacam bunga.Disamping lingkungan bunga dan lebah juga mempengaruhi kulitas madu..Tapi untuk ancar-ancar, untuk madu asli yang kadar airnya masih tinggi, biasanya berbusa Kang. Busa itu terbentuk karena ada proses fermentasi. Madu palsu juga ada yang berbusa, tapi biasanya dari busa yang dibuat dari telur. Jadi karena dari telur gampang dikenali lewat penciuman..Agak-agak amis gitu..

  7. Saya sering sih minum madu
    Di rumah juga ada bubuk kayu manis
    Ntar dicoba di rumah

    Saya pernah baca juga madu+kayu manis sebagai obat kesuburan Bu
    Tapi diolesi digusi..

    1. Saya juga pernah mendengar begitu Mbak Esti, madu dan kayu manis sebagai penyubur kandungan. Tapi kalau diolesi di gusi baru tahu. Kirain diminum glek hehehehe…

  8. Hmmm jadi bisa menghilangkan bau nafas ya. Baru tahu …
    Waah madunya, baru liat kemasannya … keren, apalagi isinya 🙂
    Oya selamat ya kak sudah menang di GAnya mbak Erry 🙂

    1. Terima kasih Niar. Label dan kemasannya dirancang sendiri, bedua-duaan dengan suami, sambil ketawa dan kadang berantem hehehe…

  9. Sambil menulis komen saya langsung minta sama istri dan langsung coba kayumanis nya Uni, terima kasih sudah dapat ilmu yang bermanfaat.
    Kalau madu selalu tersedia setiap hari di rumah, karena saya dan anak-anak selalu meminum sesendok madu setiap hari,tapi kalau madu dicampur serbuk kayumanis nanti akan saya coba.
    Terim aksih Uni 🙂

  10. Madu memang banyak khasiatnya mbak, selain menyegarkan nafas bisa juga untuk obat alami bagi penderita sakit maag. Madu juga mengandung gula alami yang secara teori aman bagi penderita Diabetes karena sifatnya yang lambat menaikkan gula darah.

    Kendalanya, mencari madu asli susah-susah gampang. Dan harganya pun cenderung mahal untuk yang benar-benar asli. Kalau saya sih biasanya makan madu Langnese dari bunga Akasia made in Germany 😀

    1. Betul Mas..Karena khasiatnya sudah terkenal sejak lama banyak pedagang yang melakukan jalan pintas, mencampur madu dengan berbagai bahan agar volumenya naik..Madu luar negeri itu semoga tidak ya…

  11. kayu manis, dr namanya pernah tahu nich mbak….
    Ohhhh iiya Radio kayu manis… Kayu manis, klo nggak salah ya mbak, ntu yg bisa ngebul ngeluarin asap ya?

  12. Ahaaaa….trima kasih informasinya mbak Evi, ternyata itu ya salah satu cara buat menghilangkan bau nafas atau bau mulut…
    Madunya ikutan mejeng?
    Nggak apa-apa dong 😉

    1. Terima kasih kembali Mbak Irma…Konon emang begitu katanya Mbak..Banyak juga kok artikel lain di internet yang membahasa masalah ini 🙂

  13. kalau madu sering dengar sih. tapi kalau kayu manis baru kali ini saya dengar..
    boleh deh dicoba tipsnya..
    Terima Kasih ya 😀

  14. Kalau madu saya memang sudah lama tahu mengenai kasiatnya, tapi kalau kayu manis ini, saya baru tahu jika kasiatnya sangat banyak juga. Dan pada beberapa artikel lain yang saya jelajahi, mengatakan jika kayu manis ini juga bisa untuk diabetes dan kencing manis. Pengetahuan saya jadi bertambah nih. Thanks ya

  15. benar sekali memang madu itu punya banyak sekali manfaatnya,
    namun sayang sekarang banyak ditemukan madu palsu 🙁

    1. Karena kaya khasiat dan semua orang mempercayainya membuat permintaan madu meningkat terus dari tahun ke tahun. Ini yang membuka peluang madu dipalsukan..Yah semoga saja ada solusi atau pengetahuan dari para konsumen untuk mengetahui mana madu asli dan mana yang palsu..

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?