Manfaat Tanaman Garut

manfaat tanaman garut
Umbi dan tanaman garut

Walau tak seterkenal terigu namun manfaat Tanaman Garut sangat banyak. Tanaman garut disebut juga irut, arus atau jelarut (maranta arundinacea). Tapi ada yang mencurigai namanya berasal dari persamaan bunyi dari arrowroot karena rimpang atau isi tanaman ini lancip mirip anak panah.

Cara Membuat Tepung Garut

Manfaat tanaman garut sehari-hari enak di dimakan seperti halnya singkong atau ubi jalar. Namun untuk pemanfaatan yang lebih luas, seperti untuk memenuhi kebutuhan industri makanan, rimpang garut dijadikan tepung terlebih dulu. Caranya sbb :

  • 1. Cuci bersih rimpang yang akan digunakan
  • 2. Rajang rimpang atau digiling lalu tambahkan air agar berbentuk seperti bubur
  • 3. Saring untuk memisahkan tepung dengan ampas
  • 4. Endapkan beberapa saat, angkat, keringkan dengan di jemur
  • 5. Tepung garut siap digunakan untuk aneka keperluan

Untuk membuat roti, kue dan mie sekarang sebagian besar menggunakan tepung berbasis gandum. Namun jauh sebelum itu, masyarakat di Jawa Barat seperti Ciamis, Tasikmalaya, Sumedang Garut, Cianjur dan Bogor sudah tahu manfaat tanaman garut dan menggunakan tepungnya. Untuk membuat bubur, cenil, jenang (dodol), kue dadar, kue semprit, cendol, centik manis dan lain-lain.Yang paling menarik tentang manfaat tanaman garut adalah tepungnya tidak mengandung gluten (protein yang terdapat pada gundum dan tak cocok bagi anak-anak autis dan hyperaktif).

Maka seperti saya tulis pada tepung garut untuk anak-anak berkebutuhan khusus, tepung ini dikembangkan untuk membuat penganan yang aman bagi anak-anak yang alergi terhadap gluten.

manfaat tanaman garut
Cookies dari tepung garut untuk anak-anak berkebutuhan khusus

Tanaman Garut Potensial Untuk dikembangkan

Dari penelitian kandungan gizi yang dilakukan oleh Departemen Pertanian, tepung garut sedang diarahkan sebagai subtitusi tepung gandum. Saat ini sudah banyak digunakan untuk membuat cake, roti dan mie. Dan tepung garut juga mempunyai khasiat herbal seperti dalam mengobati sakit maag.Β  Tepung garut juga punya peluangΒ  digunakan dalam industri skala besar karena bisa dimanfaatkan industri perekat, kosmetik, tekstil dan kertas.

Indonesia kaya tanah air beta. Setuju yah teman?

Sumber : Departeman Pertanian RI

47 thoughts on “Manfaat Tanaman Garut

    1. Ganyong dan garut dua entitas berbeda deh Mas Hindri, walau dua2nya tanaman berumbi dan enak dimakan walau cuma di rebus πŸ™‚

  1. eh.. tampaknya pernah lihat juga umbi garut ini, mbak … kalau di daerah Jawa apa ya, nama khasnya? *hm..mungkin Bu Prih tahu niih* πŸ™‚

    1. Kayaknya Garut banyak menyebar deh Mbak Mechta..Aku baru menyadari pernah melihat tanaman ini waktu kanak-kanak setelah melihat pohon dan isinya sekaligus..Tapi dulu sih aku menyebutnya pohon terigu..:)

    1. Aku mencicipi cookies Mbak Monda. Rasanya emang tak selegit terigu, tapi renyahnya mencengkeram lidah, yang membuat kita pengen nambah lagi. Sekalipun cookies tersebut untuk anak berkebutuhan khusus, tak masalah juga bila kita nikmati untuk teman minum teh..:)

    1. Aku kurang pandai mengungkap rasa enak dengan kata-kata Mbak Myr..Yang rebusannya seperti makan talas tapi rasanya kurang lengket di banding talas..Rasa ubi juga enggak..Kesimpulan kayaknya mesti dicoba sendiri deh mbak Myr πŸ™‚

  2. Sewaktu kecil di kampung, saya justru seringkali membakar tanaman ini untuk dikonsumsi dengan teman-teman, rasanya enak dan gurih. Dan saat ini, di tempat saya garut dimanfaatkan dalam pembuatan kue kering yang dikenal dengan semprit garut. Rasaanya gurih dan renyah dan disukai para pini sepuh karena gampang dikunyah

  3. di tempat saya banyak terdapat tanaman ini, baru tahu kalau namanya garut dan ternyata banyak manfaatnya pula πŸ™‚

  4. Di tempat saya disebutnya ‘kerut’. Dulu banyak di pekarangan dekat rumah. Sering hanya direbus dan dimakan begitu saja, atau dari tepung kerut dibikin jenang kerut. Hmm….jd kangen ibu… πŸ™‚

  5. memang tanaman Garut tak seterkenal bupatinya! hehehe… ini komentar ngga nyambung.
    Tapi saya baru tau lho ada tanaman namanya Garut. Nice post!

    1. Memang bentuknya bergerigi dan bermata seperti lengkuas Bro..Cuma warnanya saja yang lebih putih ketimbang bumbu masak lengkluas..

  6. Wah, belum pernah tanaman yang seperti ini. Kirain jenis rempah.
    Saya pernah lihat di tv ada beberapa pemda yang mencanangkan hari tanpa nasi untuk memacu diversifikasi bahan pangan.. Tanaman garut ini punya potensi, nih…
    😎

    1. Iya garut emang diunggulkan sebagai diversifikasi pangan. Tapi kalau untuk menggantikan nasi masih terlalu jauh..Kalau sehari tanpa nasi masih masuk akal πŸ™‚

  7. jadi inget waktu kecil
    suka nyabutin irut di pinggir sungai buat direbus sambil mandiin ternak
    ada juga yang nyebut sebagai sagu
    mungkin karena tepungnya kali ya..?

  8. Sejak rimpang rebus hingga produk turunan olahannya enak bergizi. Setuju tanah air kita kaya, mari gali dan kembangkan potensi alam yang ada seraya menjaga kelestariannya. Selamat berkarya, trim Uni Evi tuk sharingnya.

  9. Ketika saya kecil dulu ada tetangga yang menggunakan garut untuk membuat lem sebagai bahan perekat pada kertas bekas untuk mkembuat patung. Hasilnya bagus banget…

  10. Saya kenal akrab tanaman ini, karena dulu pernah berkecimpung di dunia garut menggarut. Empingnya juga enak, tak perlu kuatir dengan asam urat seperti pada emping melinjo. Ini termasuk yang digadang-gadang sebagai sumber pangan alternatif. Sayangnya program pemerintah dalam hal ini tidak berkelanjutan.

  11. ternyata selain enak, garut juga punya khasiat yang bagus untuk kesehatan, bisa dimanfaatkan dalam berbagai industri pula. memang keren tuh si Garut. he..he..

  12. Saya suka sekali dengan garut. Biasanya saya rebus dengan sedikit bumbu (garam dan bawang), kemudian dipotong membentuk lingkaran2, dipenyet, lalu dijemur. Setelah kering saya goreng. Jadilah keripik garut yang nikmat dan gurih.

  13. itu tanaman garutnya persih yang ada di samping rumahku emank kalau garut tuh kayaknya di pakai di jepang untuk membuat mie yah mungkin kalee

  14. Aku pernah lihat tanaman ini dan pernah mencoba memakan umbinya. Rasanya enak juga. Sayang jarang nemunya ya Mbak Evi..

    1. Habis emang gak dibudi daya secara luas sih Mbak Dani. Sumber daya alam kita banyak banget jenisnya, jadi suka mengabaikan hal2 penting πŸ™‚

  15. Ooo namanya tanaman garut ya Un, beberapa tahun yang lalu tetangga saya (sekarang sudah pindah) banyak menanam pohon ini, sya pikir tadinya adalah tanaman kunyit, tapi kok ga wangi seperti kunyit ya ? saya sering bertanya-tanya.
    Sekarang baru ketahun namanya Tanaman Garut dan bisa berfungsi sebagai pengganti tepung. Hebattt… !!! Terima kasih Un… πŸ™‚

  16. Kalo baca blognya Mba Evi sekaligus itu ada kalanya kaya buka ensiklopedia. Hehehe. Ini saya baru tahu yang namanya tanaman garut, belom lagi manfaatnya untuk diolah. Makasih ya Mba Evi.. πŸ™‚

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?