Menanam Terubuk

Terubuk dalam pot

Karena tak ada lahan, kami menanam terubukΒ  dalam pot. Setelah hampir dua bulan sudah tumbuh sebesar ini. Pengalaman makan sayur terubuk bakar seperti yang saya ceritakan disini, sangat berkesan, makanya pengen punya batang terubuk sendiri. Kalau tumbuhnya ajek begini, insya Allah dua bulan lagi kami bisa panen terubuk sendiri.

Menurut cerita terubuk sekarang termasuk tanaman langka. Untuk kebutuhan sayur besan saja kadang orang kesulitan mendapatnya.Memang di pasar jarang kelihatan sayur terubuk

Itu yang agak aneh menurut saya. Menanam terubuk tampaknya tak begitu sulit. Dalam pot seperti punya saya dia terlihat sejahtera. Apa lagi saat dikampung dimana saya disuguhi terubuk bakar, pohon terubuk terlihat dengan mudah. Di tebing, di pematang sawah atau di belakang rumah. Artinya terubuk bisa tumbuh tanpa perlu perawatan khusus. Hanya perlu kecukupan air.Mengapa sekarang terubuk jadi langka sebagai sumber sayur ya?

Salam,

 

54 thoughts on “Menanam Terubuk

    1. bukan tebuh sih Fier, tapi masih kerabat tebu. Kalau tebu manis dengan banyak air..Kalau terubuk aku sdh coba, gak begitu banyak airnya dan juga tak begitu manis..

  1. mungkin masalah lahan yang mulai habis itu, uni..
    makanya terubuk tersebut menghilang.

    aku barusan tanya mama apakah beliau tau tentang terubuk,
    hehhe, tyt bagi beliau terubuk adalah nama sejenis ikan.
    mungkin ada nama lain tanaman ini dalam khasanah kuliner minang

    1. Mungkin persoalannya emang lahan May..Sebab tanaman terubuk ini rimbun sekali..Sdh gitu mayang bunga yang bisa dimakan itu cuma satu dalam tiap batang dan bisa dipetik cuma satu kali. Singkat cerita gak ekonomis mengembangkan terubuk sebagai tanaman komersial. Tapi yang punya lahan dan tidak bermaksud mencari keuntungan banyak dari terubuk, untuk kebutuhan sendiri dan kerabat, bisa melesatarikannya…

      Ngomong2 maco tarabuak, duh itu ikan kan buat ganti terasi di kampung kita ya May. Lado maco tarubauk, jo pado, atau tunjang, njleeebbbb..

  2. Apresiasi Uni Evi, bertanam dalam pot, apalagi tanam terubuk yang kian langka. Banyak ragam sayuran spesifik lokal terubuk di lereng, pucuk pakis di hutan maupun genjer di rawa. Selamat menunggu panenan ya Uni. Salam

    1. Sebenarnya sayuran lokal itu banyak banget yang bisa kita jadikan sbg sumber keaneka ragaman pangan Mbak Prih. Tapi siapa ya yg mau melakukannya jika keuntungan tak banyak dari sini..

      Aku tuh kepengen punya lahan yang menanam sayur, herbal atau buah yg sekarang mulai punah. Cuma Allah belum kasih rejeki untuk beli tanahnya hehehe

  3. Menanam itu memang tidak terlalu sulit, anak kecil juga bisa….tapi yang sulit adalah merawat tanaman tersebut…hehe… Mari kita mulai menanam dan memanfaatkan lahan yg ada dengan sedikit kreatifitas kita dan yg tidak kalah penyting yaitu “merawatnya”. Seperti terubuk itu yg ditanam di pot, padahal mungkin aslinya itu sering ditanam dikebun.

    1. Iya Pak..Menanam gak sulit, yang sulit menjaga dan merawatnya sehingga jadi tanaman yang siap di panen..Saya juga mulai nanam tomat di pot, terdorong trauma melihat kebun tomat yg disemprot pestisida habis2 tiap hari..Hasilnya belum menjanjikan karena masih kecil2 tanamannya..Yang saya harapkan disini hanyalah keterbiasaan, agar syaraf2 saya terbiasa bekerja untuk menumbuhkan bahan makanan sendiri. Sedapat yg bisa dikerjakan sendiri..Gak muluk2 πŸ™‚

    1. Kata yang ngajarin gitu sih Kang Yan. Tapi yang cerita berdasarkan pengalaman nanam di kebun. Entah kaau dipot butuh waktu beberapa lama..Maklum tanahnya kan terbatas..Saya juga gak mau kasih pupuk selain humus.Biar jadi terubuk organik.Mungkin perlu lebih banyak kesabaran untuk merawatnya ya…

    1. Sebetulnya ini salah tanam Mbak Lid..Mestinya per-buku..Lihat deh tunasnya tumbuh dibuku atas..Kita mau pancung yg tunas atas itu, tapi potnya belum ada hehehe..

  4. waktu lihat fotonya tak kira tebu mbak, sekilas mirip ternyata nggak ya
    malah baru tahu ada sayuran bernama terubuk, rasanya belum pernah coba mbak πŸ™‚

    1. Memang sih terubuk awalnya terkenal dalam masakan Betawi bernama sayur besan Mbak El..Mungkin karena yg bisa digunakan sedikit orang gak tertarik untuk membudidayakannya, yang bikin tanaman ini jadi gak populer Mbak…

    2. Sama dengan Mba Ely, awalnya saya kira tebu juga Mba Evi.
      Jadi penasaran bagaimana rasa sayuran terubuk bakar.

      Kalomau benih/batang terubuknya ke mana ya Mba Evi carinya?

  5. Inilah yang seharusnya dilakukan oleh kebanyakan kita, menghijaukan lingkungan. Walo nggak punya lahan, dengan menggunakan pot ato polybag kita sudah bisa berbuat untuk kebaikan alam. Apalagi untuk tanaman-tanaman yang mulai langka keberadaannya. Tentang Terubuk, saya sendiri masih bingung membedakan antara jenis tebu dengan illalang dan rumput gajah yang berbatang besar.

    1. Saya juga begitu Pakies, bingun membedakannya..Kalau dari tebu relatif mudah di bedakan..Ohya kalau dari rumput gajah lingkar batang terubuk lebih besar. Tapi gak tahu juga kalau nanti di tes saya bisa gak ya membedakan ke-tiga tanaman ini..Kecuali dibolehkan mencet pucuknya..Pucuk terubuk berisi seperti telur karena ada mayang di dalamnya..:)

  6. Mbak…nama lain terubuk itu apa ya? jadi pengen tahu…jangan2 sudah pernah dengar tapi dengan nama lain… dan satu lagi pertanyaan, nanti yg dipanen itu bagian mananya? hehe..maaf ya mbak..saya awam banget soal terubuk itu.. πŸ™‚

    1. Selain tebu endog aku gak tahu nama lainnnya Mbak Mechta. Bagian yg dipanen adalah mayang/bunga yg belum keluar. Letaknya dipucuk, terbungkus kelobot. Kalau sdh keluar gak enak dimakan krn sdh keras πŸ™‚

  7. Mbak Eviiii…saya dataaang…
    Saya belum pernah makan sayur terubuk, jadi nggak bisa ngebayngin juga gimana rasanya sayur ini. Tapi beberapa waktu lalu, saya pernah lihat tayangan di TV yang men-shoot orang-orang di Sumatera Utara sedang makan sayur ini…duh, jadi penasaran dengan rasanya deh!
    πŸ˜€

    1. Mbak Irma kemana saja menghilang? Nice to meet you again hehehe…
      Nanti kalau ketemu mesti dicoba tuh Mbak. Apalagi dirimu sering berpindah tempat tinggalnya, gampang itu ketemunya πŸ™‚

  8. Baru tau Un, pohon dan daun terubuk yang enak dimakan untuk dijadikan sayur apalgi dibakar. Untung saya baca postingan Uni, kalau ga seumur-umur ga bakalan tau sayur yang namanya terubuk πŸ™‚

    1. Terubuk itu seperti labu siam juga Pak Ded, bisa digunakan untuk berbagai masakan.. Di lodeh, ditumis, direbus saja atau dibakar..enak..Rasanya krinyis-krinyis..gitu ..:)

  9. Uni Evi, Kalo dikampung saya di Krui, Kab. Pesisir Barat, Lampung. Namanya Tebu Telui,,,,,, Biasanya disayur santan….. Masih Banyak Di kampung saya Uni.

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?