Grafik, Rumus dan Angka

bunga+seruni+pink Grafik, Rumus dan AngkaSaat sekolah dulu tidak tahu pasti dibelahan otak mana saya sering beropersi. Yang jelas membayangkan gunung dan pantai atau tempat-tempat menarik lain jauh lebih asyik ketimbang berhadapan dengan grafik, rumus dan angka-angka. Jadi bisa dimaklumi  kalau dapat 10 atau 9 dalam matematika, saya lebih suka menyimpan kebahagiaan dalam hati. Habis takut membuat orang lain berdosa dengan komentar “ ada malaikat lewat kasih contekan tuh…”

Manusia terus berubah dan saya mau berubah. Tahun-tahun terakhir timbul kesadaran baru, bagus juga meluangkan sedikit waktu  memberdayakan sel-sel otak yang selama ini tak terlatih melihat grafik, rumus dan angka. Lagi pula memang harus dilakukan. Diberi kercayaan oleh Allah sebagai gantungan periuk nasi beberapa keluarga mau atau tidak harus akrab dengan ketiga konsep matematika tersebut. Apa jadinya nasib kami jika saya abai terus pada angka, misalnya lupa angka kewajiban pada suplier atau atau abai terhadap angka piutang pelanggan. Wah bisa rumit urus rumit urusan!

Ketahui lah bahwa memahami dunia grafik, rumus dan angka  tidak semudah menggesek kartu kredit atau memasukan chip plastik kedalam ATM. Perjuangan harus dimulai dari titik dimana saya hendak berakhir. Jika saya mau omset 10 digit artinya  harus kerja sepuluh kali lebih keras dari sekarang. Mengerahkan segala sumber daya. Serba ribet dan membuat dahi berdenyut-denyut. Tapi perjuangan terberat adalah melawan keinginan untuk menyerah. Setan penggoda senang banget dengan kata-kata ini, ” Sudah lah gak usah ngoyo, harta gak di bawa mati. Semua ada yang ngatur…”

Namanya juga setan ya, terserah dia mau ngomong atau tidak mau ngomong apa. Dan dia tak mengatakan bahwa Allah hanya akan memberi jika kita berusaha mendapatkan.

firework Grafik, Rumus dan Angka

Ada kalimat bijak yang melekat dalam hati saya, mintalah maka akan diberi. Dan karena Allah tak langsung melemparkan rejeki dari langit, tapi lewat tangan orang lain, artinya saya harus melakukan sesuatu sesuai logika si empunya tangan. Mereka mau gula semut dengan kadar air, butiran dan bahkan warna tertentu saya harus bisa memberikan. Atau syarat-syarat lain yang bikin kepala seperti dibenturin ke tembok, yah mesti di lakoni. Seberapa banyak usaha saya dalam memenuhi permintaan pelanggan, sebanyak itu pula Allah akan memberikan rejeki-Nya.

Dan alhamdullilah ternyata memahmi grafik, rumus dan angka-angka tidak seseram anggapan saya semua. Minimal mereka tidak sekeras tembok yang membenturkan kepala saya. Sebuah grafik misalnya, tampak jauh lebih cantik dan mengundang untuk dieksplorasi kalau itu sejalan dengan perbaikan arus kas.

Jika angka-angka merupakan hasil investasi dan kurvanya terus menanjak, lantas adrenalin siapa yang mau membeku? Atau berhenti mempelajarinya?

Grafik, rumus dan angka-angka merupakan bahasa universal. Jika mengalami kesulitan seperti saya coba tautkan dengan kesehatan finansial. Terutama teman yang mau membuat perubahan, ayu deh kita belajar statistik hehehe..

 

About Evi Saja

Terimakasih atas kunjungan dan komentar sahabat sekalian :)
Bookmark the permalink.

45 Comments

  1. Oho ,…. angka membengkak, grafik menanjak, rumus barupun berseliweran untuk semakin mengorbitkan gula semut. Semakin melaju dalam karya Uni Evi, memberi diri bagi pelanggan dan perajin gula semut. Salam
    prih recently posted..Pesona Buah MentawaMy Profile

  2. kata orang bijak, “art is as precise as mathematics..”
    dua-duanya sudah ada dlm diri uni.. sempurna!

  3. Dunia usaha memang tak bisa dipisahkan dengan grafik, tabel dan angka, mbak. :-)

  4. iyo bu
    jalan rejeki memang pakenya aritmatika
    makane tak bela belain jauh dari keluarga dan kayaknya kudu diikuti
    Rawins recently posted..Jadwal KacauMy Profile

  5. hidup ini penuh dengan angka2 ya bun, harus pakai rumus juga supaya bisa sukses :)
    Lidya recently posted..32 BulanMy Profile

    • Kalau kita fokus, kayaknya hidup ini cuma terdiri angka-angka deh Mbak Lid..Mulai dari bangun sampai tidur lagi, kita diputari angka-angka. Bangun menurut jam tertentu. Kerja disiang hari, berdasar urut-urut atau acakan, ada jumlahnya..Menunggu akhir bulan, ada hitungan hari yg mesti kita lewati. Bahkan kelak jika kita wafat kita belum terbebas dari angka. Sebab ada anak cucu yg menghitung sdh berapa tahun kita wafat..Pokoknya kalau diteruskan..kita ituh cuma rumusan matematika doang…

  6. kalau grafik, rumus dan angkanya berbanding lurus dengan kas jadi lebih bersemangat memperlajarinya ya bu… semoga usahanya semakin maju …
    Wong cilik recently posted..Rak geserMy Profile

  7. kerjaan uni setiap hari urusannya sama angka-angka mba Evi, tapi aku suka, suka juga sama pemandangan2 indah. dari seluruh isi tulisan kalimat ini yang paling uni suka : mintalah maka akan diberi :)
    terimakasih mba Evi :)

  8. statistik emang belajarnya ada yg gampang ada yg susah ya mbak evi? saya termasuk kurang ngerti sm statistik…. ayo mbak evie ajarin statistik, saya jadi penyimak yg baik aja dech :P
    aqomadin recently posted..Pertandingan Imbang Antara City Vs MadridMy Profile

  9. saya belajar statistik beneran nanti semester 3 bun..
    tapi grafik-grafik sederhana sudah..
    waktu itu ada poster yang berbunyi ” kalau manusia kita mintai setiap hari, lama-lama dia akan benci dengan kita, tetapi jika Allah yang kita mintai dia akan semakin sayang..
    Tina Latief recently posted..Masih menggunakan correction pen?My Profile

  10. waduh kalau saya malah hari hari tuh sama statistik.. rasanya kalau melihat angka, mereka seperti berbicara dengan diriku… hehehe aneh ya…
    applausr recently posted..Senang Sekarang Susah Kemudian….My Profile

  11. angka2nya tersenyum manis terus sama uni ya…
    plus bisa jalan2 pula , foto2 dan isi blog,
    sambil menyelam minum air ya un…, alhamdulillah

    • Iya Mb Mon, alhamdulillah. Dengan membantu suami bisnis banyak yg bisa saya lakukan, sejak punya kamera sendiri tak pernah kehabisan ide utk ngebon

  12. sekarang sedang akrab dengan statistik, agar cepat lulus
    narno recently posted..Sekedar InterupsiMy Profile

  13. Kurasa Mbak Evi ini memiliki keseimabangan yang sempurna antara otak yang Kiri dan Kanan. Sekarang kan hanya masalah fokusnya saja, Mbak.
    Kalau fokusnya soal grafik, angka dan rumus.. ya aku sih yakin, pasti bagian itu yang akan terdongkrak, melejit dengan cepat,Mbak. Apalagi apa yang Mbak Evi lakukan, bukan saja untuk kepentingan diri sendiri, namun juga untuk banyak keberlangsungan hidup orang lain – yakin seyakin-yakinnya, pasti jalannya akan dimudahkan.
    Semoga sukses selalu ya, Mbak Evi..
    Ni Made Sri Andani recently posted..Kisah Petualangan: Menggelandang Ke Maldives I.My Profile

  14. semoga sukses selalu, mbak Evi… dan sungguh foto2 penghias tulisannya nya always keren2.. :)
    Mechta recently posted..Hujan kali ini…My Profile

  15. Sepakat, walau untuk urusan statistik agak membuat sedikit puyeng Mba. He…x9

    Sukse selalu
    Salam Wisata
    Ejawantah Wisata recently posted..TANJUNG BENOA TEMPAT WISATA WATERSPOT DAN WISATA OBSERVASI BUDIDAYA PENYU WISATA BALIMy Profile

  16. Dunia memang perlu keseimbangan, cuma kadang tidak semua hal bisa dihitung dengan ilmu statistik.
    giewahyudi recently posted..Main ke Gelar Museum Nusantara 2012 di JCCMy Profile

  17. Saya hanya akrab dengan angka klaim biaya rawat pasien, yang jamkesmas atau jamkesda, Bu. Gak pake grafik2an segala :D
    kakaakin recently posted..Buah ManggaMy Profile

  18. Menggunakan statistik untuk penyemangat mencapai tujuan. Mantab deh Mbak Vi.. :-)

  19. He3 statistik bagi saya adalah ilmu yang mempelajari hal2 yang rumit dengan htiungan dan rumus2 yang rumit juga :)
    ded recently posted..PERSIAPANMy Profile

  20. Wehehehehihihi…
    Aku yo mumet liat rumus rumus, tapi kudu perlu ya…
    Anw, semoga makin laris dan sukses ya mbak…
    Tebak Ini Siapa recently posted..How Do You Define "Creative"?My Profile

  21. Saya lebih suka menghafal Napoleon mati dimana daripada mempelajri dalil Pythagoras mbak.
    eee..ndilalahnya saya kok ya sekolah di STM, full rumus dan angka2 deh..terus berlanjut di Akabri ketemu lagi, di Suslapa dan di Seskoad. Bahkan ketika sekolah di India ketemu penghitungan munisi dan mules. Ampyuuun deh
    Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik recently posted..Daftar 10 Hal Yang Membuat Dian Sastrowardoyo BahagiaMy Profile

  22. sukaaa Mba dengan kalimat kita harus memulai dari titik akhir yang ingin kita capai. Terimakasih Mba Evi.. :)
    Dani recently posted..Weekly Photo Challenge: GreenMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge