The Secret dan Rahasia Kotak Pandora

Teman pernah membaca tentang buku The Secret? Atau malah pernah menikmatinya? Menurut penulisnya Rhonda Byrne, ini lah buku yang berkisah tentang rahasia besar umat manusia. Rahasia yang sudah lama diketahui orang-orang sukses di masa lalu dan sudah lama menunggu  untuk diceritakan secara terbuka kepada dunia. Rahasia itu tentang motivasi, transformasi hidup, hukum daya tarik antara pikiran kita dengan alam semesta. Bagaimana sesuatu terjadi dan cara mewujudkan mimpi .

Waktu baru terbit buku ini dapat sambutan hangat luar biasa dari seluruh dunia. Tak ketinggalan juga di Indonesia. Banyak seminar motivasi mengambil tema dari isi buku ini. Nah saya ingat kembali kehebohan The Secret saat beberesan kamar baca yang sudah bak kapal pecah kemarin. The Secret terselip diantara buku anak-anak dan sekarang sudah berdebu.

Mungkin memang ada misteri dalam The Secret yang perlu pemecahan. Yang jelas buku ini pernah sangat mempengaruhi saya. Sebab salah satu rahasia yang dibuka dalam The Secret adalah kekuatan visualisasi alias membayangkan. Jika kita terus menerus membayangkan sesuatu dan melihatnya secara nyata dalam pikiran, maka bayangan tersebut akan terwujud dalam realitas. Bisa dimaklumi dong hingga saat ini saya takut membayangkan hal-hal buruk tentang orang-orang tercinta saya. Amat takut jika visualisasi itu akan mengejewantah dalam kehidupan mereka. Maka tiap kali ada lintas pikiran negatif cepat-cepat dikelibas, menggantinya dengan gambaran positif. Berulang-ulang mengatakan dalam hati bahwa saya membatalkan bayangan tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Jangan sampai deh masuk ke alam bawah sadar saya.

Ohya teman  sering juga mendengar dan tahu tentang Kotak Pandora, bukan?

Dalam mitologi Yunani Pandora adalah wanita pertama di Bumi, diciptakan oleh Hephaestus atas permintaan Zeus. Raja para dewa ini tak rela umat manusia menikmati berkah api yang dicuri oleh Prometheus dan diberikan pada manusia. Api merupakan simbolisasi dari pengetahuan. Bila pengetahuan manusia sama dengan dewa, dimana dunk istimewanya mereka? Biarkan manusia tetap dalam kegelapan karena dengan begitu mereka tetap bergantung kepada dewa. Oleh karena itu Zeus ingin meneteralkan kesaktian api tersebut. Maka Pandora yang cantik dikirimkan kepada Epimetheus, saudara Prometheus, agar dijadikan isteri. Dan Pandora juga dibekali sebuah kotak yang tak boleh dibuka.

Bukan Zeus namanya kalau tidak bersifat seperti semua dewa: Sulit dimengerti! Mengapa Pandora tidak langsung dijadikan istri Prometheus agar efisien? Atau mengapa Pandora diberi sebuah kotak kalau tidak boleh dibuka? Zeus kan sudah tahu bahwa Hera memberi Pandora rasa ingin tahu. Dan Zeus sendiri memberi Padora sifat nekat, nakal dan suka seenaknya.

Singkat cerita, Pandora takluk terhadap rasa ingin tahunya dengan membuka kotak itu. Saat tutupnya terbuka maka keluarlah segala isinya. Ada penderitaan, kesengsaraan dan kemalangan yang akan menyakiti tubuh dan  pikiran manusia. Untungnya  masih ada kebaikan dalam kotak itu walau cuma satu-satunya. Itu adalah Harapan. Sang Harapan inilah yang akan melindungi umat manusia dari semua kemalangan yang berasal dari Kotak Pandora.

Saya berpikir bahwa sebenarnya Zeus memang menginginkan agar Pandora membuka kotak itu. Hanya karena dia Dewa gak mungkin lah mengotori tangan sendiri. Apa kata dunia, masa dewa mengirim segala bentuk ke jahatan kepada umat yang menyembahnya? Lagi pula misi penciptaan Pandora kan memang untuk meneteralkan berkah api yang dicuri dari Gunung Olympus? Penderitaan dan segala bentuk kejahatan membuat rintangan dalam pencapaian manusia menuju pencerahan.

Terus hubungannya dengan buku The Secret apa, Neng?

Sebuah imajinasi  meretas dalam kepala saya saat membaca buku itu. Alur cerita kotak Pandora tidak mesti  seperti yang telah kita baca.  Kotak Pandora bisa saja lebih tua dari mitologi Yunani, sejaman dengan “Dengung Besar” yang dipercaya sebagai awal dari alam semesta. Titik ketika waktu bermula. Kawan pasti tahu tentang teori Big Bang. Nah itu yang saya maksud dengan Dengung Besar.

“ Dengung Besar” persis seperti kotak Pandora yang menumpahkan segala isinya. Materi – inmateri gerayangan dan meluncur mengisi setiap celah di ruang semesta. Ruang yang terus saja memuai mengikuti dorongan sang waktu ini membuat  materi berevolusi menjadi massa. Mereka bisa dihitung volume dan isinya. Sementara dunia inmateri menyimpan semua hukum dan aturan. Namanya hukum alam semesta, tentang inmateri itu sendiri maupun tentang materi.

Hukum alam semesta itu sekarang yang sedang kita alami. Berada dalam ruangan besar, transparan, hiruk pikuk dalam keheningannya. Ibarat mata rantai setiap hukum saling terhubung namun tidak semua konektornya terlihat. Dia menunggu untuk ditemukan. Penemuan baru terkoneksi dengan penemuan lama yang membawa sebuah pengertian baru terhadap umat manusia. Bob Proctor dalam The Secret mengartikulasikannya dengan tepat; „ Hukum2 alam dari semesta itu begitu tepat, sehingga kita bahkan tidak mengalami kesulitan membangun pesawat ruang angkasa, kita dapat mengirim manusia ke bulan, dan kita dapat menghitung pendaratannya dengan ketepatan seperdetik.“

Itulah mengapa saya berusaha memenej pikiran, menghalau  segala pikiran buruk  sepanjang punya padanan kebaikan disisi lain.  Paradigmanya, bayangan yang immateri itu akan mencari koneksi jadi materi alias terwujud dalam realitas. Awalnya pikiran lalu realita. Kepercayaan seperti ini mungkin salah. Tapi tak menutup kemungkinan betul sebab benda-benda canggih yang kita lihat sekarang awalnya berada dalam pikiran seseorang 🙂

Selain kitab suci dalam agamamu, buku apa yang pernah mempengaruhi cara berpikirmu teman?

Salam,

45 thoughts on “The Secret dan Rahasia Kotak Pandora

  1. Terkadang kita mempercayai kekuatan pikiran dan diniati dengan beneran, hasilnya pasti bisa sesuai yang diingkan 😀

    1. Kekuatan pikiran dan kehendak kadang emang luar bisa Mbak Niar..Maka orang bijak selalu memperingatkan agar kita selalu berhati-hati dengan pikiran kita 🙂

  2. Dulu, ketika saya berpikir yg jahat, maka jadilah jahat. Ketika saya berpikir baik, jadilah baik. Sebuah mobil ketika saya nyeberang di zebracross, seharusnya dia mengurangi kecepatannya. Ini tidak. Dengan rasa kesal saya pelototin supir itu walaupun tidak melihat, tetapi saya yakin saya sedang melototin supir itu. Dan apa yg terjadi? Bemper mobil itu copot, dan dia lindasi sendiri yg tentu saja tidak terlindas … hingga berhenti tepat di depan saya. Lalu, saya pun berlalu …
    Dan banyak contoh lainnya. Akhirnya saya mencari buku2 terkait fenomena itu. Akirnya ketemulah buku itu. Dan sepertinya nyambung.
    Tetapi saya menjadi berpikir lagi, kalau segala sesuatu bisa dicipta melalui pikiran, lalu untuk apalagi kita berdoa kepada sang pencipta? Menurut saya buku ini akan menjadi pedang bermata dua!
    AKhirnya saya hindari.

    1. Walau tak mempercayai isi seluruh buku The Secret, pada bagian2 tertentu mereka ada benarnya ya Mas Har. Seumpama jika kita berpikiran jahat maka kita akan jahat. Tapi kalau kita berpikiran baik yah mana mungkin bisa jadi jahat. ..

      Pikiran memang bisa menciptakan sesuatu. Tapi pikiran tak bisa menciptakan segalanya. Ada perbedaan amat besar disana..Yah kalau pikiran bisa menciptakan semua dunia pasti akan kacau balau ya Mas..Tiba2 orang iseng bisa menjungkirkan kereta yg sedang berjalan atau pesawat yg bisa mengudara..Ih amit2 kalau sampai begitu…

      Dan Tuhan Allah mau diletakan dimana? Siapa yang menciptakan Siapa kalau gitu 🙂

      1. Bukan mau mempermasalahkan Keyakinan apa Agama sih.. itu masing2 ya… cuman kenapa musti khawatir kalo ternyata memang bisa begitu? kenapa khawatir Tuhan bakal dimana? bagaimana kalo kehendak2 kita yang terjadi juga kehendak Tuhan? tiap agama memilli istilah untuk manusia2 yang mampu lepas dan bahkan sekenanya ‘membengkokkan’ realita , kita pasti pernah tau istilah Avatara, Budhha, Messiah, Nabi, dll… percaya ngga, mereka sampai pada tahap itu? dan semua manusia sebenarnya punya potensi yang sama… HIngga seluruh alam ini bisa kita kendalikan dan singkap juga Tuhan tetap Tuhan, dan selalu ada ruang untuk beliau…^^

  3. Aku blom pernah baca the Secret tante, pas lg heboh2nya dulu entah kenapa malah jd ga kepengen baca hihihihi

    Tan, maafkan baru berkunjung lg ya…walopun telat, mohon maaf lahir dan batin *sungkem*

    🙂

    1. Mungkin sesuatu dari dalam melarang untuk membaca Teh Orin..Sebab saat dibawa masuk ke ranah keimanan, buku ini banyak menuai kontroversi..

      Thanks ya Teh..Selamat lebaran dan maaf lahir batin 🙂

  4. saya malah baru baca The Secret baru-baru ini, tapi sebelumnya udah sering baca tentang hukum tarik-menarik di internet. Sebelumnya diperingatkan sama teman jangan banyak baca-baca tentang Law of Attraction, nanti bisa syirik, tapi akhirnya saya penasaran juga dan baca The Secret ini. Akhirnya? saya mengambil sisi positifnya aja, seperti selalu merasa bahagia saat ini juga, jangan berpikiran negatif, visualisasi, dll.. tapi di bagian akhir yg ada kata-kata seperti “Anda adalah pencipta semesta”, “Anda makhluk abadi”, dan lain sebagainya, saya buang dan tetap mengikuti apa yg diajarkan agama. Oh ya, selama membaca The Secret, dalam pikiran saya mengganti kata “semesta” menjadi “Tuhan”, jadi ketika saya membaca “tidak ada yang mustahil bagi semesta” itu berarti “tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, karena Tuhan Maha Berkehendak”, “semesta memiliki sumber yang tidak terbatas” menjadi “Tuhan memiliki sumber yang tidak terbatas”, dan lain sebagainya.. 😀

    1. Saya juga seperti itu dalam memaknai buku ini Pak..Mengganti alam semesta jadi Tuhan Allah yang saya sembah..Buku seperti ini contoh klasik dari pemakaian senjata. Mau dipakai membunuh atau melindungi diri sendiri tergantung pada tujuan dan niatnya. Jika ada yg postif kita ambil manfaatnya. Jika negatif apalagi ditolak hati nurani yah kita abaikan saja 🙂

  5. Saya juga belum pernah baca Mba Evi, cuma lihat acara Oprah yang membahas. Menurut saya, visualisasi dan saling ketertarikan itu benar adanya. Kalo kembali ke agama, Tuhan ga akan mengabulkan doa umatnya yang gak percaya kan? Hehehe.. Diambil sisi positifnya aja. Jadi bikin kita selalu berpikiran optimis. 🙂

  6. intinya mungkin hanya tentang keseimbangan
    dunia terlalu gelap atau terlalu terang sama sama bisa menghancurkan
    analoginya sama dengan pemahaman semua orang yang pasti akan mengamini pepatah kebenaran selalu menang atas kejahatan
    namun kenapa masih saja ada orang yang mau berbuat jahat kalo endingnya pasti kalah. padahal manusia selalu punya keinginan untuk jadi pemenang.
    zeus, allah, hyang widiwase, yahweh dan apapun namanya tak akan membiarkan dunia ini berat sebelah. harmoni alam harus terjaga…

    1. Yah harmoni alam, diantara yg positif harus ada yg negatif ya Mas Eko..Kebaikan harus dinetralkan dengan kejahatan..Tertawa harus diimbangi air mata..Yeah dirimu pagi ini sangat mencerahkan aku Mas..Terima kasih…:)

  7. saya gak baca buku the secret tapi nonton dvd nya. dan menurut saya sih ada benernya lho. emang dari awalnya kekuatan pikiran kita akhirnya bisa jadi motivasi dan tekad untuk mewujudkannya kan…

    1. Saya juga percaya yang beginian Ko Arman..Mengusahakan selalu berpikir yg bermanfaat saja, yang saya mau hal itu akan terwujud dalam hidup saya..Bagian kemanusian yang lain, berpikir buruk dan negatif tak pakai sebagai polisi saja, yah sesekali juga untuk buka katub biar gak mampet di jalan akunya hehehe..

  8. bunda juga sangat percaya dgn kekuatan pikiran kita yg bisa merealisasikan keinginan kita hingga bs terwujud nyata

    contoh yg paling bunda rasakan saat ini adalah, ketika bunda mempelajari ttg mind power utk mensugesti penghilang rasa sakit yg bunda alami efek dr kanker ……..
    karena bunda tdk kuat utk minum morphin yg diresepkan, satu2nya cara dgn memvisualisasikan rasa nyaman bagi tubuh dan pikiran utk melawan kanker ini
    dan , alhamdulillah………bunda merasakan hasil yg lumayan bermanfaat…
    salam

    1. Alhamdulillah mind power pada Bunda bekerja. Ikut senang Bun..Semoga Allah menambahkan berkatnya dengan meningkatkan kemampuan ini untuk Bunda dari hari ke hari ya..Amin…Pokoknya doa terbaik aku deh untuk Bunda 🙂

  9. Itu buku aku pernah lihat sampulnya doang, mau beli kok aku fikir terlalu berat isinya ya Uni 🙂

    Aku suka baca, tapi kalau ditanya buku apa yang berpengaruh dalam fikiranku, aku jadi mikir lagi nih Uni 🙂

    1. Membaca buku itu ibarat makan Bakso Mb Keke, kita akan pilih menurut racikan yg paling sesuai dng lidah kita.. Dan untuk setiap pembaca buku, satu atau dua kali pasti pernah bertemu yg akan mempengaruhi cara berpikir kita 🙂

  10. saya mempercayai buku the secret ini sudah dibaca 3 kali… tp menurut saya ini bukan cuma sekedar pemikiran tapi sebuah keimanan dan rasa bersyukur.

    tanpa iman dan rasa bersyukur secretnya tidak bisa jalan… hehehehe…

    Mestakung (alam semesta mendukung) begitu konsepnya.. betul ya.. hehehehe

  11. Saya juga dulu termasuk pengagum buku The Secret ini, mbak…sampe bolak-balik saya baca kalo ada kalimat yang saya suka. Entahlah, sekarang buku itu kok jadi biasa-biasa, tergantikan oleh buku lain yang sama-sama bisa memotivasi 🙂

    Mbak Evi, selamat lebaran ya, mohon maaf lahir dan batin…trima ksih juga buat cerita kotak pandoranya, hehe, saya malah baru tau lo 😀

    1. Asyek ketemu teman pembaca the secret. Yg paling aku suka dr buku tsb memang kutipan2nya Mb Ir..Mereka menulisnya dng bahasa jiwa hehe..

      Terima kasih Mbak Ir..Selamat hari raya idul fitri 🙂

  12. Saya pernah belajar tentang “materialisasi” yaitu membayangkan sesuatu agar terwujud. Misalnya ketika kita minta uang kita bayangkan uang itu masuk ke saku kita grojok..grojok..grojok”
    Jika kita ingin umroh, misalnya, selain berdoa dengan khusu’ dan penuh harap katanya juga dibarengi dengan materialisasi dengan membayangkan kita berada di sana, sholat, thawaf dsb.

    wallohu alam bishawab

    Salam

    1. Hasil belajar itu gimana Pakde? Tp menurutku affirmasi dan segala macam hrs disertei aksi. Setelah itu bolehlah berharap lebih agar dikabulkan oleh sang pencipta. Makasi atas sharingnya Pakde 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?