Benarkah Simping Pulau Terkecil di Dunia

eviindrawanto.com – Benarkah Simping Pulau Terkecil di dunia? Teman-teman pasti setuju bahwa Indonesia yang luas ini sangat kaya objek wisatanya. Dari wisata budaya, alam dan bahari semua tersedia. Kalau saja dijelajahi satu persatu mungkin rentang umur kita tidak akan mencukupi. Ceritanya setalah nonton Parade Tatung saya dibawa melihat  Pulau Simping. Unik karena  diklaim sebagai pulau terkecil di dunia. Terletak di perairan Teluk Mak Jantu di kawasan Wisata Pantai Sinka Park Island dan masuk Kecamatan Singkawang Selatan, Kabupaten Singkawang. Dengan mobil kecepatan sedang jarak tempuh sekitar tiga jam dari Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.

benarkah simping pulau terkecil di dunia
Jembatan penghubung Kalimantan-Pulau Simping

Selain klaim sebagai Pulau  terkecil di dunia keunikan yang lain adalah jembatan ini.  Menurut isu telah diakui oleh PBB — padahal tidak. Bahkan isu tersebut  tertulis juga diatas  papan  hijau di mulut dermaga menuju pulau. Entah siapa yang berbuat keisengan yang pasti dari 17.508 jumlah pulau di Indonesia, Simping dinilai memang termini ukurannya. Luasnya cuma sekitar satu hektar.

Keunikan lain dari Simping yang dulu bernama Pulau Kelapa Dua — karena ada dua batang kelapa yang tumbuh di sana —  kita tak memerlukan perahu penyeberangan. Pemerintah telah membangun jembatan penghubung dari Sinka Park Island. Sambil menyeberang kita bisa menikmati pemandangan sambil menonton  penduduk setempat memancing. Hari cerah dan udara yang menguap membawa aroma laut dari Teluk Mak Jantu.

pulau simping
Pulau Simping dari Pantai Sinka Park Island

Saya tidak tahu akan sampai kapan Simping akan bertahan dalam peta pariwisata Kalimantan Barat. Sebab tak terlihat perlindungan sama sekali agar tanah dan pasirnya tak terus menerus tergerus ombak. Sekarang pun yang tinggal cuma batu dan pasir. Gersang benar tampaknya.  Untung ada batang kelapa dan bakau yang memberi sedikit keteduhan. Lumayan sebagai pelindung umat yang akan beribadah di klenteng mungil yang terletak di sebelah Timur. Walau tetap saja air pantainya berwarna kecoklatan  itu memberi kesan tidak sejahtera.

Simping dan Teluk Mak Jantunya jadi ide cerpen saya Tunggu Aku di Teluk Mak Jantu. Kisah cinta terlarang yang di mulai dari Klenteng Pulau Simping.  Settingan yang membuat saya juara GA di blog seorang kawan .

simping

pulau simping
Klenteng kecil itu

Jadi benarkan Simping pulau terkecil di dunia? Tidak kawan! Kalau teman-teman riset di internet bahwa pulau terkecil di dunia bernama Bishop Rock yang terletak antara Britania Raya dan Laut Pasifik. Satu-satunya bangunan di sana hanya mercusuar.

Pernah mendengar Pulau Simping sebelumnya temans?

@eviindrawanto

41 thoughts on “Benarkah Simping Pulau Terkecil di Dunia

    1. Oh simping buat makan mie ayam itu ya Mbak Lid..Hahaha..aku baru keingatan sekarang. Iya mungkin karena bentuknya sama2 rapuh maka diberi sama kali ya..

  1. Saya baru tau kalo Pulau Simping itu pulau terkecil didunia, tapi air lautnya agak kotor ya mbak.

  2. seperti biasa, jawabnya belum tauuuuu… xixixi.

    pemandangannya spt di carocok uni.. ada jembatan penghubung ke pulau.
    aku menunggu untuk mengantarkanmu ke sana, un.. 😛

    1. Iya carocok May, aku pernah melihat foto2nya Daim, kakak kelasku di Unan dulu..Kayaknya berbeda sedikit dari Simping. Disana airnya bersih ya..Dan aku menunggu kesempatan itu bilakah datang May..Insya Allah suatu saat kita jalan bareng menjelajah ranah bundo ya..

    1. Tahun 2013 Un, sekitar bulan Juli atau libur panjang anak sekolah, datang lah ke Singkawang..Itu saatnya melihat keramaian budaya di sana 🙂

  3. Sejujurnya, baru sekali ini mbak denger soal pulau Simping…hehehe… Aku inget sama cerpen mbak Evi itu, jadi ternyata settingnya di sini to.. 😀

    1. Setelah ada jembatannya, keterasingan pulau ini memang berkurang..Uniknya kayaknya juga disana Mas Yadi 🙂

  4. Belum pernah mendengan hal ini mbak..terima kasih banyak informasinya, melihat gambarnya jadi membayangkan, pasti pulau ini indah banget mbak yach…pinggiran pulaunya ngak diisi pembatas untuk mencegah gerusan ombak mbak yach

  5. kalau luasnya hanya satu hektar..lama kelamaan habislah pulau ini digerus ombak kalau tidak segera dibuatkan pondasi sekeliling pulau itu… 🙂

  6. Rupanya pulaunya dekat pantai ya..jadi memungkinkan untuk dibuatkan jalur jalan kayu..
    Pulaunya bagus dan lucu ya Mbak Evi. Saking kecilnya, jumlah pohonnya bisa dihitung he he

    1. Sepertinya simping dulu bagian daratan singkawang Mb Dani, sempalan begitu. Lama2 air laut naik jadi tenggelam jalannya. Iya pohonya bisa dihitung dng jari hehe…

  7. Keren ya pulaunya, pemandangannya juga mantap 😀
    Tapi itu warna airnya keruh ya? Kok kayak coklat2 gitu 😀
    Jadi pengen kesana, tapi sayangnya kejauhan 😀

  8. Alhamdulillah, jadi tambah pengetahuan nih.
    Jujur saja, awalnya saya ya tidak tahu kalau ada Pulau Simping. Trima kasih Mbak Evi, infonya mampu menambah khasanah pengetahuan.

    Eh, mumpung lebaran, mohon maaf lahir dan batin bila ada salah dan khilaf saya, ya Mbak…

    Salam selalu.

  9. Sepuluh jari tersusun rapi, bunga melati pengharum hati, comen terkirim pengganti diri, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN di hari yang suci nan fitri ini saya selaku admin bisonl.info mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H, MINAL AIDIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN bagi yang merayakan hari kemenangan

  10. He3 jangan-jangan gambar yang terakhir itu Uni Evi yang sedang memancing… ?
    Btw saya ingat dengan pulau di kampung kita namanya pulau sikuai, saya pernah ke sana uni. Kira-kira tahun 90-an, jadi hampir 22 tahun yang lalu. Cuma uniknya kalau di sikuai ada bukitnya dan asyik kalau berada di puncaknya di waktu malam hari…… 🙂

    1. Sikuai emang romantis ya Pak Ded..Sayangnya disana relatif lebih sepi..Saya baru sekali berkunjung ke sana dan itu juga sudah lama..Waktu itu sepi sekali..walau cantik kesannya gimana gitu, bikin kita kesepian disana…

Comments are closed.