Andaliman si Merica Batak

Andaliman
Andaliman

Sebut saya norak atau kurang gaul karena  baru tahu dalam jajaran bumbu dapur Nusantara terdapat Andaliman. Tapi gak salah-salah amat juga sih, saya kan orang Padang sementara Andaliman kebanyakan dipakai dalam masakan Batak.

Pohon Andaliman

Dari bincang-bincang dengan kenalan yang mengenalkan aneka bumbu masak nusantara, saya dipersilahkan mencicipi Andaliman. Jadi tahu bagaimana rasa asli andaliman ini. Agak pedas dan jika ngotot terus mengunyah sepertinya bisa membuat lidah kebal.

Dalam bahasa Batak, Andaliman disebut intir-intir. Orang juga biasa menyebut merica Batak. Digunakan dalam aneka masakan seperti sangsang, na niura, arsik dan lain-lain. Untuk pengetahuan lebih dalam kayaknya mesti bertanya pada Bu Monda Siregar dan  Mbak Nique deh 🙂

Gimana denganmu teman, sudah mengenal Andaliman?

Salam,

 

50 thoughts on “Andaliman si Merica Batak

  1. sudah pasti, engga kenaaallll.. xixi.
    uni lebih beruntung malah ketemu pohonnya sekaligus.
    jadi aku bisa tau. 😀

    1. Keuntungan bawa camera kemanapun kita pergi, begini nih May…Bisa membekukan kenangan yang nanti bisa dibagikan pada blog hahaha…
      Soal foto pohon andaliman, itu boleh minjem..Dengan mengklik foto, akan membawa pada sumber asli gambar 🙂

  2. Aku jugaa ga kenaal Mbaaa..
    TApi perasan ngelihat pohonnya familiar ya..
    jenis masakan nya aneh..
    Aku taunya bumbu2 masakan sunda dan JAwa ajah hihihi..

    1. Pohonnya mirip merica biasa atau juga tanaman kopi ya Cik..Tapi secara fisik, andaliman yang mengering berubah warnanya jadi hitam. Itu mungkin yg membedakan dengan lada putih 🙂

  3. Pernah mendengar namun membaca dan menikmati sharing gambar tanamannya baru sekarang via postingan Uni. Mirip kopi berukuran mungil ya. TFS Uni Evi. Salam

  4. Kalau ada yang tega nyebut Bu Evi norak dan kurang gaul lantaran nda tahu bumbu nusantara ini, apa sebutan untuk saya yang lebih banyak nda tahu lagi dengan aneka macam bumbu dapur, lha wong bisanya cuman rebus air, itu saja selalu keenceran. hehehe….

  5. kayanya enak sekali tuh bu..
    pengen rasanya mencicipi andaliman si merica batak.
    Pengen membuat lidah menjadi kebal..hehehehe

  6. Kalau merica sih ta banget…sering gunain juga kalau masak. Andaliman aseli saya baru tahu sekarang lho..jd saya termasuk kurang gaul dunk? hehehee

  7. Aku juga kenal andaliman setelah bersuamikan orang Batak, mbak… Kalo di rumah biasanya untuk bikin ikan arsik, pake andaliman ini..

  8. Waduh, bumbu yang konvensional saja saya gak hafal lho jeng apalagi yang namanya unik menarik seperti ini. Kalau mrica sih tahu.
    Rasanya jadi pedes ya ?
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Kalau dibanding merica biasa, kurang pedas sih Pakde. Ya gak apa2 lah Pakde gak tahu soal bumbu
      Masa mau saingan sama Bude Ipung?

  9. unii, nggak pernah nyobain…., cuma tau nama dari certa mamaku, karena andaliman ini dipakai untuk bumbu dari Tapanuli Utara sekitarnya, masakan yg disebut dari sana semua,
    masakan kami lebih mirip masakannya uni

    1. Oh tak semua suku2 di Tapanuli menggunakan andaliman ya Mb Mon. Mungkin penggunaanya mengikuti geografis tumbuh pohon ini juga kali ya?

  10. Kelebihan Andaliman dari bumbu lain ialah: Dia haya dikirim Tuhan ke tanah batak saja diseluruh wilah indonesia, bahkan didunia, jadi pedasnya andaliman, menggetir,dan menggigit juga rasa pedasnya tidak mengakibatkan sakit perut seperti bumbu yang lain, Andaliman memang salasatu bumbu yang teristimewa dimata dunia,manusia. Bila memasak Ikan mas, daging Babi dan Anjing dan sebagainya bila tidak menambahkan andaliman sebagai pelengkapnya, rasanya semua kurang pas bila andaliman belum di tambahkan, perlu anda ketahui bila penasaran dengan kelebihan andaliman ini, bisa anda mencoba masakan yang menggunakan andaliman di lapo-lapo terdekat, ada masakan ikan mas dan sebagainya. Sekian pengalaman hidup saya tentang andaliman, dr. Elkan Simamora, cileungsi bogor ) 085219121949.

    1. Terima kasih telah melengkapi informasi tentang andaliman Pak Elkan..Beruntung lah orang Batak, Tuhan menurunkan bumbu spesifik untuk memperkaya rasa bahan makanan masyarakatnya..:)

    2. Andaliman sebenarnya ga hanya ditemui di tanah batak kok, di Cina sendiri khususnya di daerah shicuan juga tumbuh pohon ini, makanya dalam bahasa Inggris disebut sebagai sichuan pepper (lada sichuan) biasanya dalam bentuk ada yang berwarna hitam ada jg yg merah.

      Dalam kuliner Cina, bumbu ini umum ditemukan dalam masakan sichuan seperti ayam kung pao dan tahu mapo. Sayangnya sekarang ini bumbu ini jarang dipakai di dunia kuliner, karena mungkin sulit mendapat bumbunya atau takut akan pada sensasi pertama pedasnya. Sekarangnya masakan sichuan yang awalnya menggunakan andaliman kini diganti dengan cabai, parahnya banyak chef (yg bahkan asli Cina) tidak tahu tentang resep asli dari tahu mapo atau ayam kung pao misalnya.

    3. Andaliman juga dikenal luas di China, India, Jepang, dan Korea. Di China lebih dikenal dengan nama Szechuan Pepper.
      Saya sedang mencari penjual bibit/pohon Andaliman yang siap tanam. Ada yang bisa beri info? Terima kasih.

  11. mau tanya dong, untuk mendapatkan buah andalimannya sendiri dmn yah? khusunya di kota bandung, kalo misalkan harus beli di sumatera, adakah yang bisa saya hubungi?
    sms: 0853 5261 2254

    terima kasih.;..

  12. Saya mau berbagi info… seperti yang dr. Elkan Simamora utarakan bahwa andaliman ini di kirim Tuhan ke tanah batak itu benar adanya, karena szechuan pepper itu hanya mirip andaliman ini karena rasanya dan aromanya agak berbeda dengan andaliman. Dan setahu saya belum ada yg berhasil menanam andaliman ini di daerah lain.

  13. andaliman ini bumbu khasnya masakan batak, harganya mahal sekali mbak bisa sampe 200 ribu lebih soalnya bibi nana orang batak jadi pernah nemenin belanja di pasar kalo dari keluarga tumbuhan andaliman ini masih satu keluarga dengan merica

    1. Iya sepertinya andaliman ini bumbu istimewa sekali ya. Beberapa teman yang dari Batak juga sering memuji-muji bumbu ini untuk berbagai masakan mereka 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?