Khasiat Kembang Sepatu

khasiat kembang sepatu
Bunga Sepatu selain cantik juga berkhasiat herbal

Tak hanya cantik, khasiat kembang sepatu ternyata banyak. Benar kata orang bijak bahwa Allah tidak  menciptakan  sesuatu dengan sia-sia. Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) rupanya tak hanya cantik sebagai penghias taman dan halaman tapi juga berkhasiat herbal. Zat yang terkandung dalam kelopak bunganya dapat dipakai sebagai ramuan pengobat Bronkhitis.

Bronkhitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Penyebabnya ada dua : kuman (basil) dan berbagai zat polutan. Yang disebabkan kuman disebut bronkhitis biasa. Sedang bronkhitis alergi dipicu oleh berbagai zat yang menimbulkan reaksi pada tubuh penderita.

Tapi baik bronkhitis biasa maupun bronkhitis alergi keduanya bersifat menular.

Ramuan Kembang Sepatu untuk mengobati bronkhitis

Bahan : Dua kelopak kembang sepatu dan sedikit garam.

Cara Membuat : Cuci kembang sepatu hingga bersih. Masukan kedalam 1 gelas air matang. Remas-remas, tambahkan garam lalu saring. Diminum dua kali sehari dengan dosis dua sendok makan tiap minum.

Semoga bermanfaat 🙂

Apakah ada temans yang tahu khasiat kembang sepatu yang lain? Please share yo 🙂

@eviindrawanto

51 thoughts on “Khasiat Kembang Sepatu

  1. Uni Evi…. Pertama, foto bunga sepatunya sungguh cantik sekali, tekniknya bagus nian.
    Kedua, trimakasih info manfaat obat herbalnya. Salam

    1. Ya khasiat kembang sepatu tetnyata banyak. Kekurang populerannya membuatnya tak luas dipergunakam selain tanaman hias, Fanz

  2. baru tahu khasiatnya banyak nih.. kalau dulu dipakai buat mainan pinokio sama saya. kalau dibuka dalamnya ada bagian putih yang bisa di tempel di hidung.. 🙂 jadi bisa mirip dengan pinokio.

  3. Ibuuu, mama aku juga bilang daunnya bermanfaat untuk ibu hamil yang akan melahirkan
    jadi daunnya diremasremaas dengan air sampai mengeluarkan lendir begitu, disaring, nah airnya ini diminum, katanya bisa membantu proses melahirkan menjadi lancar. entah benar atau tidak,, mama tahunya juga dulu waktu melahirkan aku, nenek rumah sebelah nyuruh mama minum air remasan daun kembang sepatu itu, dan alhamdulillah cuma sebentar proses melahirkannya.

    1. Terima kasih atas tambahan informasinya Miss. Mungkin karena lendirnya kali ya yg dipercaya agar mudah melahirkan. Nenek moyang kita dulu tak mengenal obat2an farmasi, jd memanfaatkan apa yg ada dilingkungan utk merawat kesehatan mereka. Sayang ya tradisi itu hilang sekarang

  4. tapi selalu itu harus ada kadar timbangan’a mba,supaya zat yang dihasilkan benar memberi kesembuhan bukan menambah parah

  5. owww, ternyata bisa ya untuk pengobatan, wah baru tahu banget banget ini, tapi sayangnya di sekitar sini sudah tak pernah ditemui itu bunga sepatu mba, banyaknya tukang sepatu, hmmm 😀

  6. maaf bu Ev,, maksud air matang itu air yang masih panas atau asal matang walaupun udah dingin. yang kedua seberapa banyak garam yang harus di campurkan ke dalam satu gelas air tadi…

    1. Kalau menurut pengertian saya, air matang itu air siap minum Kang Yayan. Gak mesti panas, air mineral suhu ruang mestinya juga bisa. Kalau garam, setoleransi lidahnya kita saja. Habis aku juga gak dikasih tahu berapa banyak sih 🙂

    1. Aku tanya sama dukun disebelah, katanya juga dulu sering dipakai untuk memabasahi dahi sebagai kompres turun panas Mbak Mon 🙂

  7. sudah lama gak pernah lihat bunga sepatu lagi 🙁
    ternyata termasuk pengobatan herbal juga ya Vi
    terimakasih utk info nya 🙂
    salam

  8. Sesuai dengan namanya, dulu saya sering menggunakan bunga sepatu untuk mengkilapkan sepatu kulit.
    Nggak tau itu bener apa salah, tapi saya dan teman2 saya sering meremas2 bunga sepatu, lalu menggosokkannya ke sepatu.
    Hasilnya?
    Mengkilat!!! 😀

    1. Nah bunga sepatu sebagai semir sepatu baru dengar Ni Pakmars. Getah bunganya kan licin ya..Mungkin zat ini yang memberi daya kilap pada sepatu 🙂

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Evi…

    Senang kembali menyatu diri di blog yang penuh infoemasi khasiat herbal.
    Bunga Kembang Sepatu atau di Malaysia di kenali sebagai Bunga Raya memang mempunyai khasiat yang banyak untuk manusia.

    Jika menghadapi pusing(pening) kepala, Ambil beberapa daunnya, ramas sehingga keluar lendir dan campurkan sedikit air. Lalu dilumur di atas kepala, ramas dan tutup dengan towel sehingga kepala rasa segar dan panas di kepala juga akan hilang segera.

    Bunga raya ini sudah menjadi bunga kebangsaan bagi Malaysia. Bunga ini sangat mudah tumbuh hanya dengan menanam batang tuanya di atas tanah begitu sahaja. Di Malaysia, kebanyakkan rumah menanam bunga ini untuk kegunaan herbal.

    Untuk info lebih lanjut tentang bunga raya atau kembang sepatu ini, silakan lihat ke mari, mbak,

    http://ms.wikipedia.org/wiki/Bunga_Raya

    Mudahan beroleh manfaat yang berguna. Selain untuk herbal, bunga raya juga dijadikan bunga hiasan kerana kepelbagaian jenis dan spesisi yang sangat menarik dan cantik sebagai hiasan taman. Di Malaysia, malah diwujudkan Taman-taman bunga Raya sebagai satu dari usaha perlancongan/wisata negara.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 😀

    1. Mbak Siti terima kasih atas tambahan info-nya..Jadi kaya nih artikel satu ini. Mudah2an banyak orang memanfaatkannya nanti ya..
      Bunga ini kalau mekar, apa lagi warna-warni dari putih, kuning gading, pink dan ungu, emang cantik sekali Mbak. Beruntung Malaysia menjadikannya sebagai bunga kebangsaan..:)

      Ohya nama bunga raya, mengingatkan saya pada penamaan bunga ini di suku Minangkabau : Bungo Rayo..Mungkin karena akar budayanya sama kali ya Mbak, nama mirip2, cuma ganti a dengan o saja 🙂

  10. kalau dulu ketika saya disengat lebah, pertama kali yang dilakukan Mom adalah mengusapkan remasan bunga sepatu ini bunda…
    entah apa kandungan yang terdapat dalam bunga ini, saya belum check, tetapi memberikan efek yang lumayan untuk meredakan nyeri akibat sengatan..

    1. Dari informasi yang aku dapat dari internet, daun, bunga dan akar kembang sepatu mengandung zat flavonoida. Pada daun terkandung saponin, dan polifenol, sementara bunganya ada polifenol dan akar mengandung tanin dan saponin.Mungkin salah satu atau beberapa zat tersebut yang mengurani efek keracunan dari sengatan lebah Tina 🙂

  11. dulu sering liat sekarang udah jarang – dulu juga sempet bingung kenapa dibilang kembang sepatu apa karena biasa buat ngelap sepatu ya hehee

    ternyata bisa buat obat toch 😀

    1. Tanaman perdu ini biasanya banyak tumbuh liar, nyelip di pagar-pagar dan tanam-taman Mbak Eko. Mungkin karena lahan hijau semakin berkurang maka lahan tumbuh tanaman itu jada tak ada, maka jadi langka deh kita melihatnya 🙂

  12. ooohh…..ternyata kembang sepatu itu bisa untuk bronchitis ya…?
    baru tau….
    selain bunganya indah ternyata berkhasiat juga….

  13. sewaktu saya masih kecil, daunnya sering saya buat mainan minyak2an bunda, karena begitu diremas dalam air maka airnya tersebut akan menjadi licin seperti minyak.., tapi ada yg bilang minyak2an seperti yg saya buat ketika saya masih kecil ini bermanfaat untuk mencegah pembentukan uban dan menghitamkan rambut..

    1. Daun kembang sepatu emang berlendir kalau di remas dng air. Jadi khasiatnya mencegah uban ya? Dulu saya juga mengoleskan pada rambut. Katanya unruk lbh menghitamkan rambut 🙂

Terima kasih sudah berkunjung. Apa kesan teman setelah membaca pos di atas?