MANFAAT LIDAH BUAYA untuk PENGOBATAN

aloe vera 304x400 MANFAAT LIDAH BUAYA untuk PENGOBATAN

Lidah buaya kaya manfaat

Sudah banyak kajian ilmiah tentang manfaat lidah buaya untuk pengobatan. Dulu walau sudah ribuan tahun digunakan sebagai penyubur rambut, lidah buaya (aloe vera) tetap dipandang sebelah mata. Melalui kajian ilmiah tumbuhan yang mirip pohon kaktus ini khasiatnya banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain bahan kosmetik,  sekarang lidah buaya sudah  dimasukan ke dalam kelompok tanaman obat. Zat yang terkandung dalam daunnya bisa difungsikan sebagai anti-inflamasi, anti jamur, anti bakteri maunpun regenerasi sel. Penderita diabetes juga dapat menggunakan tumbuhan yang bisa hidup subur sekalipun di pot ini sebagai penurun kadar gula darah. Lidah buaya juga digunakan untuk mengontrol tekanan darah, menstimuli kekebalan tubuh disamping juga digunakan sebagai obat pendamping bagi perawatan HIV.

Bagian-bagian Lidah Buaya yang dimanfaatkan sebagai obat

1. Eksudat : Saat daun lidah buaya diiris dari batangnya tak lama kemudian akan meleleh keluar semacam getah kental berwarna kuning, rasanya pahit. Cairan yang berasal dari bagian pelepah daun ini mengandung aloin sebagai bahan aktif laksatif /pencahar.

2. Gel : Bagian paling menonjol dari lidah buaya adalah cairan lendir yang keluar saat kulit daun dikupas. Disinilah berkumpul semua zat nutrisi yang meliputi asam amino, enzim, mineral dan vitamin.

Beberapa Contoh Penggunaan

Obat Luar : Lidah buaya digunakan sebagai pengobatan luar yang meliputi penyubur rambut, mencegah rambut rontok, luka bakar atau tersiram air panas, bisul, luka tersayat, dan kutu air. Pemakaian secara umum dengan menempelkan daging lidah buaya segar ke area yang akan dirawat.Kecuali untuk luka tersayat, tambahkan sedikit bawang putih yang sudah dilumatkan.

Obat Dalam : Untuk mengobati wasir, batuk rejan, menurunkan kolesterol, menghentikan kencing kapur pada penderita Gonorhoe, menghilangkan rasa sakit saat menstrusi, obat cacing, susah buang air kecil, dan kencing manis (diabetes)

Contoh resep untuk diminum:

1. Sembelit:

Campurkan 1/2 batang daun lidah buaya yang sudah dikupas dengan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Minum tiga kali sehari.

2. Diabetes :

Potong-potong satu pelepah isi daging lidah buaya segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum tiga kali sehari, setengah gelas sesudah makan.

Selamat mencoba

Bahan bacaan : Khasiat dan manfaat lidah buaya by Irni Furnawati, SP

Foto minjem dari sini

 

About Evi Saja

Terimakasih atas kunjungan dan komentar sahabat sekalian :)
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge