Bisnis adalah Transaksi

ARENGA%2520PALM%2520SUGAR1 Bisnis adalah Transaksi

Palm Sugar kegiatan memberi nilai tambah sebelum ke pasar

Bisnis adalah transaksi. Sekalipun banyak definisinya ini hanya perkara tukar-tambah. Maksudnya kegiatan memberi nilai tambah untuk pelanggan, kemudian pelanggan membelinya kepada kita. Jadi  roh dari semua bisnis sama yaitu transaksi.

Bisnis adalah transaksi  ini bisa di lihat pada  sistem kerja 3 tahap seperti dibawah ini :

Diawali kegiatan membeli, memberi nilai tambah atau proses produksi yang diakhiri penjualan.

1. Kegiatan membeli. Disini unik. Kita tak bisa jadi tuan 100% karena melibatkan orang lain yaitu penjual. Kita punya harga, mereka juga. Jadi peribahasa pelanggan adalah raja tidak seluruhnya benar. Karena setiap pihak punya alasan tepat mengapa datang dengan harga tertentu. Hanya keputusan akhir yang tetap berada dalam tangan kita, apakah jadi membeli atau tidak.

2. Proses produksi. Ini yang paling mudah dilakukan. Ibarat menjadi induk dari mata rantai produksi, saya adalah tuan yang memiliki kemerdekaaan penuh untuk berbuat. Saya bisa melakukan apa saja  untuk melahirkan segala varian dari produk yang akan dijual.  Yang di butuhkan hanya sebongkah imajinai,  ditransfer kepada orang lain seperti staf  untuk kemudian mengkristal melahirkan apapun produk yang kita inginkan. Kontrol seluruhnya berada ditangan si pemilik bisnis.

3. Menjual. Dan yang paling sulit dari semuanya adalah kegiatan menjual. Itulah sebab mengapa marketing digarap sangat serius. Percuma memproduksi kalau tak bisa dijual. Jadi dengan marketing tools kita melancarkan berbagai trik agar produk terjual. Produk yang terjual mengembalikan modal dan membuat keuntungan.

Dalam kegiatan menjual, kontrol seluruhnya di pegang orang lain. Apa lagi dalam ekonomi persaingan bebas, kita tak punya wewenang secuilpun  untuk mengendalikan situasinya. Pelanggan memikirkan  keuntungan  mereka sebelum membeli. Jadi yang bisa kita lakukan hanya membujuk agar mereka mau membeli. Itu lah proses awal kelahiran ilmu marketing.

Jadi sekarang tampak jelas bahwa sebenarnya bisnis adalah transaksi.

–Evi

About Evi Saja

Terimakasih atas kunjungan dan komentar sahabat sekalian :)
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge